Comscore Tracker

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!

Seperti apa ya perayaannya?

Siapa sih yang nggak tahu semarak perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia? Pastinya kita semua sudah hafal banget sama pernak-pernik Lebaran di Indonesia. Tak hanya di negara kita, perayaan Lebaran negara-negara muslim di dunia juga tak kalah semarak. Penasaran, kan seperti apa perayaan yang mereka lakukan? Yuk simak bagaimana negara-negara tersebut merayakan lebaran!

1. Indonesia.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!indonetwork.co.id

Perayaan lebaran diramaikan dengan budaya membeli baju baru untuk lebaran, bingkisan makanan untuk keluarga yang dikunjungi, takbiran keliling, hingga mudik. Budaya silaturahim dengan sanak saudara, teman, dan tetangga juga menambah keriuhan Lebaran. Berbagai kudapan disajikan untuk para tamu. Kue nastar dan putri salju jadi menu wajib saat Lebaran. Selama lebaran, Indonesia juga mendapatkan libur lebaran yang cukup panjang untuk berkumpul bersama keluarga.

2. Arab Saudi.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!www.radio.gov.pk

Lebaran di Arab Saudi dirayakan dengan menyediakan banyak makanan untuk keluarga dan beramah tamah. Hal itu adalah tradisi yang utama di Arab. Bahkan orang-orang di jalan yang gak saling kenal pun, akan berhenti dan saling menyapa untuk merayakan hari raya.

Baca juga: Ingin Jadi Jutawan Saat Lebaran? Coba 11 Ide Bisnis Ramadan Ini

3. Mesir.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!www.kaleva.fi

Selain makanan ringan atau  snack sebelum sholat Ied, orang-orang di Mesir merayakan lebaran dengan mengunjungi keluarga di hari pertama lebaran. Di Mesir ada tiga hari khusus untuk merayakan lebaran. Setelah hari pertama berkumpul dengan keluarga, orang-orang akan berlibur seperti ke taman atau ke pantai.

4. Turki.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!radiomarsho.com

Setiap lebaran tiba, orang-orang di Turki akan mendapat libur khusus hari raya lebaran selama tiga hari. Pada hari lebaran, orang-orang di Turki wajib mengucapkan mutlu bayramlar (Happy Bayram-Hari Raya Idul Fitri) yang merupakan tradisi di Turki. Kemudian, dilanjutkan saling bermaaf-maafan dengan mencium tangan kanan.

5. Pakistan.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!thenewstribe.com

Orang-orang Pakistan akan merayakan Lebaran dengan memakai baju saat ingin pergi sholat Ied. Kemudian orang-orang akan menyumbang untuk warga yang tidak mampu. Mereka juga akan membagi uang pada anak-anak yang disebut Eidi.

6. Afganistan.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!afghansocietyofhalifax.ca

Perayaan lebaran di Afganistan juga hampir sama dengan Indonesia yaitu setelah sholat Ied, orang-orang akan berkumpul dan saling mengucapkan hari raya lebaran. Anak-anak juga akan datang dari rumah ke rumah. Mereka akan mendapatkan hadiah dan uang dari orang-orang yang lebih tua.

7. Bangladesh.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!www.ibtimes.com

Lebaran di Banglades hampir sama dengan Indonesia. Bedanya, para perempuan di Banglades sudah terbiasa menghias tangannya dengan henna di saat lebaran tiba. Mereka akan merayakan lebaran dengan makan-makan bersama keluarga dan teman-teman.

8. India.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!newsworldindia.in

Sama seperti di Banglades, para wanita di India juga akan merayakan lebaran dengan memakai henna. Kemudian mereka akan pergi belanja pada malam sebelum lebaran. Para anggota keluarga akan saling membagikan banyak hadiah. Selain itu, mereka juga akan berkunjung ke makam keluarga.

9. Afrika Selatan.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!ashrafhendricks.com

Orang-orang di Afrika Selatan akan berkumpul untuk melihat bulan baru sebagai bagian perayaan malam lebaran yang berpusat di Cape Town. Orang-orang akan saling berbagi dan di pagi harinya mereka akan mengenakan pakaian baru saat pergi sholat Ied. Selain itu, ada juga acara untuk berbagi hadiah untuk anggota keluarga.

10. Tunisia.

Yuk, Intip Perayaan Lebaran di Negara Muslim Dunia!festivalsherpa.com

Orang-orang di Tunisia akan membagi-bagikan biskuit dan kue untuk keluarga maupun teman-teman. Di pagi hari, para pria akan pergi ke masjid dan para wanita akan berada dirumah untuk mempersiapkan makanan dan membersihkan rumah. Pada malam harinya, akan ada acara pesta lebaran yang diisi dengan musik dan tari-tarian.

Hayoo...kamu mau mencoba berlebaran di negara mana?

Baca juga: 10 Gaya Syahrini yang Bakal Laris Diikuti Netizen Pas Lebaran

 

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya