Comscore Tracker

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!

Sepele tapi bisa bikin kamu dipandang sebelah mata

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang terkenal dengan teknologi canggih, budaya, dan sangat menjunjung tinggi etika. Para wisatawan yang berlibur ke Jepang pun harus mengikuti norma-norma sosial yang berlaku di sini.

Nah, sebelum kamu memutuskan liburan ke Jepang, sebaiknya pahami dulu beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan selama di sana. Berikut di antaranya.

1. Memberikan uang tip

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!traveller.com.au

Memberikan uang tip di Indonesia atau beberapa negara Barat lainnya adalah hal lumrah. Namun, berbeda dengan di Jepang.

Jangan sekali-sekali memberikan uang tip kepada siapa pun, karena hal itu dianggap menyinggung atau menghina. Kalau kamu masih memberikan uang tip, orang itu akan tetap mengembalikannya kepadamu.

2. Menuangkan minuman untuk diri sendiri

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!notablelife.com

Tingkat sosialisasi di negeri Matahari Terbit ini sangatlah tinggi. Jadi, saat sedang makan-makan atau minum bersama orang Jepang, jangan menuangkan minuman untuk diri sendiri. Kamu juga harus melayani gelas tamu yang lain.

Jika kamu lupa akan hal ini, kamu akan dianggap egois dan tidak sopan. Cara menuangkan minumannya pun tidak sembarangan, kamu harus memegang botolnya dengan kedua tangan supaya lebih sopan.

3. Makan atau minum sambil jalan

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!reddit.com

Pada umumnya, orang-orang Jepang tidak pernah makan dan minum sambil berjalan. Jika ada makanan cepat saji di pinggir jalan, orang Jepang langsung mengonsumsinya di sana, walau masih berdiri.

Buat kamu yang kebiasaan makan atau minum sambil jalan, jangan lakukan saat liburan ke Jepang ya. Bahkan, makan atau minum di transportasi umum pun dianggap kurang sopan, kecuali transportasi untuk perjalanan jauh.

4. Malas mengantre

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!reddit.com

Nah, mungkin ini kebiasaan yang sulit hilang dari masyarakat Indonesia, yakni sulit mengantre. Sebab, banyak urusan dan terburu-buru membuat orang selalu menerobos antrean, tanpa mau menunggu lama.

Berbeda dengan di Jepang yang sangat tertib dalam mengantre. Mereka selalu tertib mengantre saat menunggu bis, kereta, atau masuk lift. Jangan sekali-sekali menyerobot antrean ya!

Baca Juga: 8 Negara Ini Punya Aturan Nyeleneh, Bisa Bikin Kamu Terjebak Masalah

5. Berbicara keras di transportasi umum

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!cntraveler.com

Kadang tanpa disadari, kita sering berbicara dengan keras saat bertelepon, apalagi ketika di tempat umum. Lain halnya dengan masyarakat Jepang yang tetap berbicara diam-diam ketika sedang menggunakan telepon di tempat umum.

Jika kamu sedang berada di Jepang, biasakan bertelepon dengan nada pelan ya. Apalagi ketika di transportasi umum, supaya tidak mengganggu yang lainnya.

6. Menerima atau memberi barang hanya dengan satu tangan

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!huffingtonpost.com

Di Indonesia, menerima atau memberi barang kepada orang lain dengan cara yang sopan adalah memberikan atau menerimanya dengan tangan kanan. Namun di Jepang, cara yang lebih sopan adalah memberi atau menerima barang tersebut dengan kedua tangan.

Bahkan, sampai barang kecil, seperti uang atau kartu nama sekali pun. Memberikan barang dengan kedua tangan adalah cara yang lebih sopan dan bentuk menghargai.

7. Menunjuk dengan jari

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Liburan ke Jepang, Gak Sopan!reddit.com

Menunjuk pada sesuatu atau orang dengan menggunakan jari di Jepang dianggap sangat kasar. Masyarakat Jepang terbiasa menunjuk sesuatu dengan melambaikan tangan dengan lembut.

Kalau bertanya tentang arah kepada orang Jepang, jangan sekali-sekali berani menunjuk dengan jari ya. Bisa-bisa kamu dianggap gak sopan.

Itulah tujuh hal yang harus kamu hindari ketika kamu berlibur ke Jepang. Biasakan hal-hal ini juga di Indonesia, supaya lebih sopan dan saling menghargai ya.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Traveling ke Korea Utara

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya