Comscore Tracker

5 Spot Gunung Menawan di Sumatera Barat yang Harus Kamu Taklukkan!

Jangan hanya Marapi atau Kerinci ya #LokalIDN

Bicara tentang spot pendakian gunung di Indonesia, tidak enak rasanya jika daftar gunung di Sumatera Barat ini tidak masuk dalam daftar. Soalnya gunung-gunung di Sumatera Barat menawarkan tantangan yang menguji karakter para pendaki dan juga jalanan pendakiannya yang menawankan mata.

Untuk itu, jika kamu ingin mencoba merasakan sensasi mendaki di gunung versi Sumatera Barat, maka tidak baik rasanya jika tidak mencoba lima gunung ini.

1. Gunung Singgalang

5 Spot Gunung Menawan di Sumatera Barat yang Harus Kamu Taklukkan!Instagram.com/nofitaindrasari7

Untuk mencapai puncaknya, terdapat tiga rute yang umum digunakan oleh para pendaki. Bisa dari Toboh, Balingkara serta Kota Baru. Dengan ketinggian 2.887 mdpl, Singgalang memakan waktu tempuh rata-rata pendaki sampai enam jam.

Salah satu yang paling spesial dari gunung Singgalang adalah kawasan cadasnya. Bukan hanya itu, pendaki bisa menyaksikan Telaga Dewi yang indah dengan cerita legendanya sendiri.

Jika beruntung dan tidak terhalang kabut, pendaki bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi dan kota Padangpanjang dari puncak Singgalang ini.

2. Gunung Talang

5 Spot Gunung Menawan di Sumatera Barat yang Harus Kamu Taklukkan!Instagram.com/septimaysieana02

Walaupun tidak setinggi gunung Singgalang, gunung Talang juga tidak kalah menawan. Dengan ketinggian mencapai 2.597 mdpl, gunung Talang memberikan sensasi negeri di atas awan dan menyaksikan keindahan danau serta sensasi asrinya kawasan perkebunan teh.

Akibat letusannya di tahun 2007 silam, gunung Talang memiliki gaya hutan kayu yang sangat eksotis dan instagramable. Juga jalur pendakiannya yang menantang dan penuh bebatuan. Jika berniat menaklukkannya, jangan lupa bawa guide ya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kelok 9 Sumatera Barat, Bukan Sekedar Jalan Biasa

3. Gunung Tandikek

5 Spot Gunung Menawan di Sumatera Barat yang Harus Kamu Taklukkan!Instagram.com/imamoeel31

Gunung Tandikek atau kerap dipanggil Tandikak ini merupakan gunung dengan tipe stratovolcano atau gunung dengan tipe kerucut yang memiliki ketinggian mencapai 2.438 mdpl. Hutan di sini cukup lebat dan tropis yang tentunya jadi sensasi menarik untuk para pendaki.

Gunung yang berlokasi di Padangpanjang yang menyentuh dua danau yaitu Maninjau dan Singgalang ini memiliki puncak dengan kawah besar yang sudah tidak aktif lagi. Umumnya, para pendaki untuk mencapai titik ini melewati dari Singgalang Gantiang.

4. Gunung Talamau

5 Spot Gunung Menawan di Sumatera Barat yang Harus Kamu Taklukkan!Instagram.com/_syaidatulfauziah

Talamau merupakan gunung yang menjadi langganan para pencinta alam terutama yang menyukai aktivitas hiking. Selain menawarkan pesona air terjun, Talamau memiliki segudang telaga yang menarik dan juga adanya kubah masjid di puncaknya.

Untuk lokasinya, gunung Talamau berada di desa Pinaga, Kencamatan Pinali, Kabupaten Pasaman Barat. Gunung yang juga memiliki julukan Ofir atau gunung emas ini memiliki keindahan sunset dan sunrise yang sangat menawan. Jadi sangat asyik bermalam di sana. 

5. Gunung Sago

5 Spot Gunung Menawan di Sumatera Barat yang Harus Kamu Taklukkan!Instagram.com/fuadalfarugi

Gunung Sago merupakan gunung yang tengah naik daun di kalangan wisatawan dan juga para pecinta alam. Selain karena pesona alam dan pemandangan disekitarnya, gunung Sago juga memiliki rute pendakian yang cukup mudah. 

Gunung yang memiliki ketinggian 2.271 mdlp ini terletak Kecamatan Lareh Sago Halaban, Luhak dan Situjuh Lima Nagari, kabupaten Lima Puluh Kota. Jika melakukan pendakian di Gunung Sago harap hati-hati, karena gunung ini rawan akan longsor dan juga bebatuan yang licin.

Nah, itulah lima gunung di Sumatera Barat yang paling recommended untuk dijelajahi. Jangan lupa bawa bekal dan kesiapan mental ya.

Baca Juga: 5 Gunung Terbaik di Lampung yang Harus Kamu Taklukkan

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya