Comscore Tracker

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrika

Rata-rata ratusan ribu jiwa, lho

Benua Afrika adalah salah satu benua dari tujuh benua yang ada di bumi. Dengan luas daratan sekitar 30,370,000 kilometer persegi, jumlah penduduk di benua Afrika sebesar 1,34 milyar jiwa atau 18,2% dari total penduduk di bumi pada tahun 2020.

Dari total penduduk diatas, kira-kira negara mana saja di benua Afrika yang dikategorikan memiliki penduduk paling sedikit? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Seychelles

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikapickyourtrail.com

Seychelles merupakan negara kepulauan yang terletak di Afrika Timur. Negara ini ini memiliki luas wilayah yang mencapai 460 kilometer persegi. Untuk jumlah penduduknya, Seychelles dihuni oleh 98 ribu jiwa, lho.

2. Sao Tome dan Principe

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikaiflr.com

Lalu, ada negara kepulauan yg terletak di Afrika bagian tengah yaitu Sao Tome dan Principe. Negara ini memiliki luas 960 kilometer persegi dan dihuni oleh 219 ribu jiwa penduduk.

3. Cabo Verde

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikafly4free.com

Nah, kalau negara yang satu ini terletak di Afrika bagian barat. Cabo Verde juga termasuk dalam negara kepulauan dengan luas sekitar 4,030 kilometer persegi. Populasi penduduk di negara ini juga berkisar 555 ribu jiwa.

Baca Juga: 7 Mitos tentang Benua Afrika yang Masih Dipercaya Banyak Orang 

4. Kepulauan Komoro

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikanationsonline.org

Kepulauan Komoro terletak di Afrika bagian Timur. Dengan luas wilayah 1,861 kilometer persegi, negara ini memiliki jumlah penduduk sebesar 869 ribu jiwa.

5. Djibouti

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikadiftz.dj

Masih di lawasan Afrika bagian timur. Negara Djibouti yang berbatasan dengan Yaman ini dihuni oleh sekitar 988 ribu jiwa.

6. Eswatini

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikaspotlight.co.zw

Di Afrika bagian selatan, terdapat negara negara bernama Eswatini. Negara ini memiliki luas sekitar 17,200 kilometer persegi. Jumlah penduduk yang mendiami negara ini pun sekitar 1,16 juta jiwa.

Baca Juga: 5 Fakta Unik African Fish Eagle, Burung Predator dari Benua Afrika!

7. Mauritius

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikacruisemapper.com

Mauritius adalah negara kawasan Afrika bagian timur. Termasuk dalam kepulauan Mascarene, jumlah penduduk yang mendiami negara ini mencapai 1,27 juta jiwa, lho.

8. Guinea Khatulistiwa

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikalibrosnocturnidadyalevosia.com

Guinea Khatulistiwa termasuk dalam kawasan Afrika bagian tengah. Luas wilayahnya sekitar 28,050 kilometer persegi dengan penduduk yang hanya berjumlah 1,4 juta jiwa saja.

9. Guinea-Bissau

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikae-global.pt

Ada di Afrika bagian barat, negara dengan luas wilayah sekitar 28,120 kilometer ini bernama Guinea-Bissau.Tahukah kalian, jika jumlah penduduk di negara ini hanya sekitar 1,96 juta jiwa.

10. Lesotho

10 Negara dengan Populasi Penduduk Paling Sedikit di Benua Afrikapinterest.com

Lesotho memiliki luas wilayah sebesar 30,360 kilometer persegi. Seluruh wilayah negara ini berbatasan dengan negara Afrika Selatan. Soal penduduk, negara ini memiliki jumlah penduduk sebesar 2,14 juta jiwa.

Nah, itulah sepuluh negara penduduk paling sedikit di benua Afrika. Kalau bisa memilih, kira-kira kamu mau berkunjung ke negara yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Fakta Unik Alam Afrika, Benua Hitam yang Menakjubkan

Ogulast Wihi Photo Writer Ogulast Wihi

Selalu gabut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya