Comscore Tracker

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!

Gak perlu ribet tukar uang

Traveling ke luar negeri memang menyanangkan, terlebih lagi kalau perginya bareng keluarga atau teman-teman. Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan tempat wisata, apalagi kalau tujuannya ke luar negeri.

Salah satunya perbedaan mata uang setiap negara. Jangan khawatir, beberapa daerah di negara-negara berikut ini menerima rupiah sebagai mata uang pembayaran, kok.

1. Kota Makkah, Medinah, dan Jeddah di Saudi Arabia

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!batavia-air.co.id

Banyaknya jumlah jamaah haji dan umroh yang berangkat setiap tahunnya, membuat para pedagang yang berjualan di sekitaran kompleks Tanah Suci berinovasi. Selain mempelajari bahasa Indonesia, mereka juga menerima pembayaran rupiah atau dollar Amerika. Tujuannya untuk menarik para pembeli yang kebanyakan dari Indonesia.

Beberapa kedai makanan, toko, dan mall di Jeddah juga menerima pembayaran rupiah dengan kurs yang sama dengan di Indonesia. Jadi, kalau mau ke Arab untuk ibadah atau jalan-jalan, kita tidak perlu merisaukan masalah bahasa dan mata uang. Serasa di rumah sendiri.

2. Beberapa toko cendera mata dan daerah perbatasan di Malaysia

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!pixabay.com/Walkerssk

Indonesia dan Malaysia bisa dibilang masih satu rumpun. Meski terdapat beberapa perbedaan dalam hal pelafalan dan arti, bahasa Indonesia dan Melayu sama-sama dapat dipahami dengan baik oleh kedua warga negara. Hal ini sangat mempermudah kita jika ingin mengunjungi negeri Jiran.

Selain itu, kita tidak perlu repot kalau ingin beli oleh-oleh. Beberapa toko cendera mata di Malaysia menerima pembayaran rupiah, jika kita kehabisan ringgit. Mulai dari toko kaos, cokelat, bahkan di kawasan mall. Selain itu, mereka juga menerima pembayaran menggunakan dollar Amerika.

Baca juga: Dear Perantau, Ini 7 Cara Agar Gak Kehabisan Tiket Mudik

3. Perbatasan Papua New Guinea

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!batasnegeri.com

Bank sentral dari kedua negara telah sepakat untuk menunjuk rupiah dan kina sebagai mata uang yang sah di perbatasan Papua dan Papua New Guinea. Banyak masyarakat Merauke yang berdagang atau berjual beli di daerah Sota, Papua New Guinea, dan begitu pun sebaliknya.

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!tripadvisor.co.id

Jangan salah, di perbatasan ini, kita dapat merasakan sensasi taman perbatasan di negeri kita yang menggambarkan betapa penduduk setempat bangga dan mencintai Indonesia. Kita yang sudah menginjakan kaki di bagian paling timur negara ini juga dapat melihat menara pengawas yang terletak di Papua New Guinea.

Keren ya, hanya dalam jarak beberapa langkah, kita dapat berdiri di dua negara yang berbeda.

4. Berbagai gerai souvenir di kota Hatyai, Thailand

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!nur.psu.ac.th

Di Tahiland bagian selatan, tepatnya Hatyai, merupakan kota yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Alhasil, banyak etnis yang tinggal dan berdagang di sini. Karena banyak turis dari Malaysia dan Indonesia, beberapa toko souvenir menerima pembayaran dengan baht, rupiah, atau ringgit.

Bahkan, toko yang menjual berbagai olahan madu khas Thailand, menggunakan bahasa Melayu. Untuk kamu muslim traveler, tenang saja. Di Hatyai, kamu bisa mendapatkan makanan halal dengan mudah.

5. Wilayah perbatasan Timor Leste

5 Daerah di Luar Negeri yang Terima Uang Rupiah, Traveler Wajib Tahu!batasnegeri.com

Hampir dua dekade merdeka dari Indonesia, Timor Leste atau yang dulunya provinsi Timor-Timor, rupanya masih menerima pembayaran dengan menggunakan rupiah. Sebenarnya, negara ini memiliki mata uang centavo coins untuk mengganti rupiah.

Namun, sampai saat ini, Timor Leste masih menggunakan tiga mata uang sebagai nilai tukar, yakni rupiah, centavo coins, dan dollar AS.

Jadi, kalau mau berkunjung ke negara ini demi melihat keelokan wisata alamnya, kamu tidak perlu bingung mencari mata uang asli negaranya. Cukup bawa rupiah atau dollar.

Mereka juga tidak melihat kondisi fisik uang dollar, layaknya di Indonesia. Jadi, kalau dolarmu sudah ditolak oleh bank di Indonesia karena lusuh atau terlipat, bawa saja ke sini. Meski kurs tukar yang mereka pakai sedikit lebih tinggi.

Walau pun negara-negara tersebut menerima rupiah, sebaiknya kita tetap menyiapkan mata uang yang berlaku di negara tujuan. Amannya, kalau susah mendapatkan mata uangnya, beli saja dollar yang bisa diterima di berbagai negara. Jadi, kamu mau ke mana?

Baca juga: Ekspektasi Vs. Realita 23 Lokasi Liburan, Tak Seindah yang Dibayangkan!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya