Comscore Tracker

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Banget

Cocok buat yang hobi snorkeling

Musim hujan akan segera berganti dengan kemarau. Hari-hari dengan cuaca cerah akan dimanfaatkan para traveler mengeksplore berbagai wisata bahari. Sekadar bersantai menghilangkan penat, menyaksikan pemandangan alam, hingga menikmati keindahan terumbu karang menjadi kegiatan paling pas ketika liburan ke pantai.

Keindahan wisata bahari Indonesia begitu kaya. Salah satu yang menjadi favorit dan menjadi impian banyak orang adalah Raja Ampat. Sayangnya, biaya liburan ke sana cukup mahal.

Kalau kita mau jeli, sebenarnya banyak wisata bahari yang gak kalah indah dengan Raja Ampat, lho. Gak percaya? Coba tengok ulasan di bawah ini ya.

1. The Hidden Paradise Gili Labak, Sumenep, Jawa Timur

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetinstagram.com/gililabak

Selain terkenal dengan kulinernya yang menggoyang lidah, Pulau Madura juga menyimpan keindahan alam yang mengagumkan. Berjarak sekitar 5 jam perjalanan darat dari Jembatan Suramadu, tepatnya di Kabupaten Sumenep, terdapat pelabuhan kecil Kalianget yang memungkinkan pengunjung menyeberang ke Pulau Gili Labak.

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetinstagram.com/gililabak

Pasirnya yang putih, air laut yang jernih, ikan-ikan yang berenang di mulut pantai, bakal bikin kita lupa dengan segala masalah. Apalagi sambil ditemani es kelapa muda yang segar banget. Jangan cuma bersantai di pinggir pantai, kamu juga harus cobain snorkeling di sini.

2. Pantai Sembilan, Sumenep, Jawa Timur

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetinstagram.com/yosephatsuryos

Masih di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Keelokan bahari lainnya terletak di Pulau Sembilan, Gili Genting. Membutuhkan waktu menyebrang sekitar 1-2 jam, kamu bisa menikmati Hawaii-nya Indonesia. Selain snorkeling, kamu juga bisa menikmati bermalam di cottage yang masih asri dengan harga Rp 300 ribu per malam.

3. Pantai Tiga Warna, Kabupaten Malang, Jawa Timur

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetmiftahfarid.com

Keindahan pantai yang berada di Malang Selatan ini terkenal di kalangan traveler. Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan kebersihannya. Bikin bahagia banget, deh.

Pengunjung tak akan membuang sampah sekenanya, karena pantai ini diawasi penjaga dengan ketat. Setiap hari hanya dibatasi 100 pengunjung saja. Pengunjung juga harus membawa kembali barang bawaan dan sampah mereka. Kalau tidak, mereka harus membayar denda sebesar Rp 100 ribu per benda.

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetbrobali.com

Dinamakan Tiga Warna karena pasir pantai ini memiliki tiga warna, mulai dari biru tua, biru muda kehijauan, hingga putih kemerahan atau pink. Meski harus berjalan beberapa kilometer dari tempat pendaftaran masuk, rasa capek bakal terbayar lunas dengan keindahan pantainya. Juara banget, deh!

Baca juga: 7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sana

4. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, di Lombok, Nusa Tenggara Barat

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangettommyschultz.com

Ketiga pulau kecil atau gili ini letaknya tidak terlalu berjauhan. Keindahan wisata ini sudah dikenal hingga ke mancanegara. Selain terumbu karangnya yang begitu indah, kamu juga akan menemui ikan-ikan lucu dan penyu yang unik. Kebayang gak, sih serunya berenang bareng penyu di lautan?

5. Pantai Nglambor, Yogyakarta

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangettravelingyuk.com

Pantai selatan di daerah Yogyakarta terkenal memiliki arus kuat, sehingga gak semuanya bisa dijadikan tempat snorkeling. Nah, kalau pengin snorkeling, kamu bisa ke Pantai Nglambor. Perairan pantai ini diapit dua batu karang besar yang membuat ombak di pantai tidak terlalu besar.

Air di sini juga sangat jernih, sehingga memungkinkan untuk melihat berbagai biota laut selama snorkeling. Salah satu hewan laut yang menjadi ikon di sini adalah ikan moorish idol. Kamu bisa berfoto saat berenang bareng bersama mereka. Tapi ingat, jangan dipegang ya!

6. Pulau Kanawa, Nusa Tenggara Timur

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetinstagram.com/silviaemma1974

Mendengar nama Nusa Tenggara Timur (NTT) pasti langsung ingat dengan wisata Pulau Komodo. Sebelum memasuki Pulau Komodo, terdapat pulau kecil bernama Kanawa yang indahnya begitu memesona. Nama pulau ini cukup kesohor, tapi belum banyak yang mengunjunginya.

Rasanya tidak perlu snorkeling untuk melihat keindahan kehidupan bawah lautnya. Air di sini begitu jernih hingga memperlihatkan apa saja yang tersimpan di dalamnya. Biasanya, para wisatawan rela menghabiskan beberapa malam untuk bersantai di pulau ini.

7. Nusa Penida, Bali

7 Wisata Bahari yang Gak Kalah Keren dari Raja Ampat, Memesona Bangetthenusapenida.com

Dari sekian banyak wisata air yang biasa digunakan untuk snorkeling dan diving, terdapat satu tempat yang paling unik, yakni Nusa Penida. Tempat yang awalnya tidak memiliki panorama bawah laut itu disulap menjadi wisata yang bernilai seni tinggi. Pengelola menenggelamkan patung Budha dan berbagai artefak lainnya. Benar-benar mengagumkan, kan!

Destinasi mana yang sudah kamu kunjungi, nih? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca juga: 15 Alasan Pulau Bintan Cocok Banget Jadi Destinasi Bulan Madu

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You