Comscore Tracker

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikan

Terdapat negara di dalam sebuah negara

Vatikan adalah sebuah negara yang terletak di dalam Ibukota Italia yakni Roma. Vatikan adalah tempat religius yang terkenal di dunia, rumah bagi Paus dan beberapa arsitektur yang benar-benar menakjubkan. Namun tahukah kamu bahwa Vatikan adalah sebuah negara yang merdeka? Berikut adalah 10 fakta unik mengenai Vatikan.

1. Negara terkecil di dunia

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikanthoughtco.com

Pada 2011, populasi di Vatikan hanya berjumlah 594 jiwa. Sejauh ini, Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Vatikan juga menarik lebih banyak wisatawan daripada tempat lain di dunia dengan hampir 5 ½ juta pengunjung setiap tahunnya mengunjungi Vatikan.

2. Mesin ATM berbahasa Latin

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikanreddit.com

Mesin ATM ini milik bank Vatikan dan menjadi satu-satunya mesin ATM dengan instruksi bahasa Latin di dunia. Berapa banyak orang yang kesulitan menarik uang dari ATM ini?

3. Memiliki teleskop yang berada di Arizona, USA

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikanvaticanstate.va

Dengan meningkatnya polusi cahaya di Roma, menjadi semakin sulit untuk menggunakan Observatorium Vatikan yang terletak 15 mil dari kota Roma. Jadi, pada tahun 1981 Vatikan membeli teleskop canggih yang terletak di puncak Gunung Graham di Arizona tenggara, Amerika Serikat.

4. Mempunyai tentara

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikannewspunch.com

Dikenal secara resmi sebagai Pontifical Swiss Guard, pasukan ini hanya memiliki 135 anggota. Para petugas keamanan di Vatikan ini menggunakan seragam yang sepertinya belum pernah diubah sejak zaman Renaissance, tetapi mereka juga memiliki pelatihan dan senjata militer yang modern.

5. Timnas sepak bola Vatikan

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikanvatican.com

Tim sepak bola Vatikan seluruhnya terdiri dari karyawan yang bekerja di Vatikan. Petugas polisi, pekerja pos dan anggota Garda Swiss semuanya adalah bagian dari Timnas sepak bola Vatikan. Tim ini mengenakan jersey berwarna kuning, biru dan putih.

Baca Juga: 10 Potret Syahdu Kota Fatima di Portugal, Vatikan Kedua Benua Eropa

6. Lajur kereta api terpendek di dunia

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikanwantedinrome.com

Dengan hanya dua trek sepanjang 300 meter dan satu stasiun, jaringan kereta api Vatikan adalah yang terpendek di dunia. Lajur ini digunakan untuk mengimpor barang dan untuk tujuan seremonial dan tidak ada kereta penumpang reguler yang dijadwalkan.

7. Negara dengan konsumsi wine terbanyak

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikansporcle.com

Rata-rata penduduk Vatikan mengkonsumsi 54,26 liter wine setiap tahun, yang menjadikan Vatikan sebagai negara dengan konsumsi wine terbanyak di dunia.

8. Tempat syuting James Bond

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikandailymail.co.uk

Para petinggi Vatikan menyetujui film Bond Skyfall untuk melakukan syuting di tempat suci ini. Mereka memiliki alasan bahwa James Bond versi Daniel Craigs lebih manusiawi, kurang klise dan kurang tertarik pada kesenangan hidup atau berfoya-foya.

9. Vatikan benci The Beatles

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikanbillboard.com

Vatikan mengutuk The Beatles setelah John Lennon mengatakan bahwa "Kami lebih populer daripada pernyataan Yesus".

Meskipun Vatikan sejak itu telah secara resmi memaafkan band asal kota Liverpool yang terkenal itu.

10. Satu-satunya negara yang jadi warisan dunia UNESCO

Negara Terkecil di Dunia, Ini 10 Fakta Unik Mengenai Vatikancruxnow.com

Italia memiliki lebih banyak situs warisan dunia UNESCO daripada tempat lain di seluruh dunia, tetapi Vatikan adalah satu-satunya negara yang sepenuhnya ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Nah itulah 10 fakta unik mengenai Vatikan yang merupakan tempat yang suci bagi ummatb Katholik di seluruh dunia. Manakah fakta yang menurutmu sangat menarik?

Baca Juga: Dari Gereja ke Gereja, Guru Ini Berjalan Kaki dari Inggris ke Vatikan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You