Comscore Tracker

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulang

Ternyata ada wisata alam menakjubkan di Timur Tengah lho 

Qatar adalah sebuah negara yang terletak di Timur Tengah. Negara yang satu ini terkenal karena sumber daya minyak bumi yang melimpah. Hal ini menjadikan Qatar sebagai salah satu negara termakmur di dunia. Dengan banyaknya gedung-gedung tinggi dengan arsitektur modern, Qatar selalu membuat terpana setiap turis yang berkunjung ke Qatar.

Namun Qatar tak melulu soal gedung pencakar langit nan tinggi, sebab Qatar pun memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan. Di bawah ini adalah enam destinasi wisata alam di Qatar.

1. Al Thakira Mangroves

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulangqatarofw.com

Al Thakira Mangrove adalah area vegetasi Avicennia Marina yang luas, juga dikenal sebagai mangrove abu-abu atau pohon bakau putih.

Terletak di utara kota Al Khor, keajaiban alam ini terkenal karena terdapat beragam burung termasuk flamingo dan bangau. Selain itu, hutan bakau ini menghadirkan hamparan lahan hijau alami yang sangat kontras dengan lanskap gurun di sekitarnya sehingga membuat area vegetasi mangrove ini semakin menarik bagi wisatawan.

Cara terbaik untuk menjelajahi hutan bakau adalah dengan naik kayak. Beberapa paket tur menawarkan perjalanan kayak pagi dan sore. Kamu juga dapat mengakses hutan bakau melalui jalur darat melalui Al Khor hingga Jalan Al Thakira yang mengarah ke jalur off-road yang cukup mulus untuk kendaraan darat untuk melewati tepi hutan bakau.

2. Dahl Al Misfir Cave

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulangqatarofw.com

Dahl Al Misfir Cave adalah salah satu tujuan wisata paling menarik di Qatar bagi wisatawan. Gua setinggi 40 meter ini mengeluarkan cahaya pendar samar seperti bulan yang dihasilkan dari endapan gipsum.

Situs ini dikelilingi oleh pagar rantai untuk alasan keamanan. Gua ini terbuka untuk umum dan untuk masuk ke tempat ini tak perlu membayar alias gratis.

3. Ras Abrouq Rock Formations

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulangiloveqatar.net

Ras Abrouq Rock Formations terletak di pantai barat Qatar. Formasi bebatuan yang dipahat oleh angin ini menciptakan lanskap seperti bulan yang menarik banyak wisatawan dan penduduk sekitar.

Jika kamu ingin melihat pemandangan semenanjung Qatar yang lebih baik dan mengambil foto matahari terbit atau terbenam yang spektakuler, kamu dapat mendaki formasi batuan ini. Daerah ini juga merupakan tempat yang bagus untuk piknik dan berkemah.

Baca Juga: 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat di Doha-Qatar, Elegan!

4. Stunning Dunes of Qatar

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulanglittletranquility.com

Stunning Dunes of Qatar adalah tujuan utama bagi wisatawan karena pemandangannya yang spektakuler. Area terbesar gurun pasir Qatar terletak di bagian barat daya ibu kotanya yakni Doha. Area bukit pasir ini adalah tujuan ideal bagi kamu yang suka rekreasi safari dan kamu yang mencari lingkungan unik untuk piknik keluarga.

Pemandangan di gurun berubah seiring waktu dan kondisi cahaya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat matahari terbit atau terbenam karena efek warna yang menakjubkan yang tercipta dari sinar matahari dengan pemandangannya.

Selain itu, para pengamat bintang pasti akan menyukai langit malam. 

5. Khor Al Adaid

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulangtrip.com

Lebih populer dikenal dengan nama Inland Sea, tanggul pasang surut yang besar ini diakui oleh Warisan Dunia UNESCO. Khor Al Adaid jadi salah satu tujuan teratas di Qatar karena terkenal dengan ketenangan dan pemandangannya yang menakjubkan. Dari sini, kamu bisa melihat negara tetangga, Arab Saudi, dari balik bukit pasir.

Tempat ini menjadi favorit tidak hanya bagi mereka yang menyukai dune bashing, tetapi juga penggemar berkemah, memancing, dan fotografi.

6. Purple Island

6 Wisata Alam di Qatar, Tak Selalu Gedung Tinggi Menjulangiloveqatar.net

Tempat lain yang terkenal dengan hutan bakau adalah sebuah pulau di Al Khor yang dikenal dengan Purple Island. Tempat ini populer karena pemandangan matahari terbit dan terbenam. Pengunjung menyukai jembatan kayu yang membuat Purple Island nyaman bagi keluarga. Selain itu anak-anak akan bersenang-senang melihat burung, ikan, dan kepiting di area tersebut.

Seperti Al Thakira, berperahu dan memancing juga populer di sini. Ada juga pantai terdekat bagi kamu yang ingin berenang. Purple Island juga dikenal sebagai Jazirat bin Ghannam dan Pulau Al Khor. Nama Purple Island berasal dari siput laut yang menghasilkan pewarna merah tua, yang sisa-sisanya ditemukan di pulau tersebut.

Menurut Museum Qatar, "pulau ini mungkin tidak pernah dihuni secara permanen tetapi dikunjungi karena alasan tertentu pada periode yang berbeda. Merupakan sebuah tempat transit, tempat perkemahan sementara untuk perdagangan dengan Bahrain dan digunakan oleh nelayan atau penyelam mutiara sejak awal milenium ke-2 SM.  Namun belakangan, pulau ini adalah tempat produksi pewarna merah-ungu dari kerang selama Zaman Kassite. Merupakan kamp untuk ekspedisi mutiara selama Zaman Sassania dan tempat memancing di Zaman Islam."

Nah itulah enam destinasi wisata alam di Qatar. Walaupun terkenal sebagai negara kaya dengan dipenuhi gedung-gedung tinggi nan menjulang, tapi nyatanya Qatar memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan di balik megahnya negara Qatar.

Baca Juga: 5 Museum Terbaik yang Terdapat di Qatar, Patut Dikunjungi!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya