Comscore Tracker

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangi

Pas buat foto-foto atau bersantai

Sebagai salah satu destinasi wisata populer, Bali kondang dengan keindahan pantainya. Ada banyak pantai eksotis yang dapat kamu temukan di pulau ini, sebut saja Pantai Sanur, Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua, hingga Pantai Kuta.

Namun, kalau kamu bosan dengan pantai dan ingin mencari suasana yang lain, sungai mungkin bisa menjadi alternatif yang menarik. Ini rekomendasi wisata sungai keren di Pulau Dewata yang cocok buat nongkrong, bahkan bermain air.

1. Tukad Bindu

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangiinstagram.com/semetonraimantra

Ibu kota Bali memang punya banyak pantai yang memesona, seperti Pantai Biaung dan Pantai Sindhu. Namun, sebelum kamu berkunjung ke salah satu pantainya, gak ada salahnya untuk mampir ke Tukad Bindu dan menyaksikan keindahan sungai yang satu ini.

Sudah ditata sejak tahun 2013, siapa mengira kalau sungai ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Kini, Tukad Bindu sudah berbenah, terlihat bersih, dan kece dengan fasilitas permainan anak dan sejumlah warung aneka jajanan.

2. Tukad Badung

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangiinstagram.com/gungkris__

Ini mungkin menjadi spot wisata sungai yang sangat populer di Bali, khususnya di Denpasar. Pasalnya, Tukad Badung diklaim memiliki panorama yang tidak kalah keren jika dibandingkan dengan Sungai Cheonggyecheon sehingga kerap disebut Sungai Korea.

Tidak bakalan rugi kalau kamu berkunjung ke sungai ini, terlebih saat malam hari. Pasalnya, kamu akan dimanjakan dengan sorotan lampu beraneka warna, berpadu serasi dengan tumbuhan yang sengaja ditanam di pinggir sungai berkelok-kelok.

3. Tukad Gelar Jembrana

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangifacebook.com/Gede Arta

Ini adalah spot yang cocok bagi traveler yang ingin merasakan kesegaran air sungai. Tukad Gelar atau Sungai Gelar berlokasi di Jembrana, tepatnya di Dusun Gelar Sari, Desa Batu Agung, berjarak sekitar 8 km dari jalan raya.

Sudah populer sebagai spot untuk menghabiskan akhir minggu, Tukad Gelar memiliki panorama hijau yang asri serta jembatan merah yang ikonik. Di bawah, ada sungai yang segar yang menggoda siapa saja untuk turun dan bermain air.

Baca Juga: Dulu Kumuh, 7 Sungai Ini Sekarang Jadi Wisata Kece

4. Wisata Kali Unda

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangiinstagram.com/made_dera

Punya area yang tidak begitu luas, bukan berarti Klungkung nihil spot yang oke buat liburan. Salah satu yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke kabupaten ini adalah Wisata Kali Unda di Desa Paksebali.

Wisata Kali Unda menawarkan panorama bendungan atau DAM Sungai Unda yang instagramable. Di sini, pelancong dapat menyalurkan hasrat untuk selfie atau merendam kaki di aliran sungai. Kamu dijamin tidak akan menyesal saat liburan ke tempat ini.

5. Tukad Telaga Waja

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangiinstagram.com/friendship_th

Mengalir dari Gunung Agung di Karangasem, Tukad Telaga Waja (atau Tlaga Waja) menjadi destinasi yang pas untuk mereka yang doyan rafting. Di sini, kamu bisa menantang adrenalin menaklukkan air yang deras karena kemiringan sungai.

Setidaknya, ada 11 operator rafting yang dapat kamu pilih jika ingin basah-basahan di Tukad Telaga Waja. Sepanjang 12 km, wisatawan akan disuguhi panorama sawah, lembah dan pepohonan tropis, serta air terjun kecil dengan latar Gunung Agung.

6. Tukad Loloan Sanur

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangifacebook.com/korandenpasar

Tidak cuma Tukad Badung yang ditata Pemerintah Kota Denpasar menyerupai sungai-sungai di Korea. Tukad Loloan pun mendapatkan sentuhan serupa dengan area yang dibersihkan serta sudah ditambahi fasilitas seperti ruang duduk dan jogging track.

Direvitalisasi sekitar tahun 2016 lalu, kini Tukad Loloan menjadi sebuah tempat yang begitu tenang dan damai. Destinasi ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati sore hari di Denpasar tanpa perlu pergi ke pantai.

7. Tukad Beji Guwang

Gak Cuma Pantai, 7 Wisata Sungai Kece di Bali Ini Wajib Kamu Datangiinstagram.com/jelajah.nusantara.official

Ada banyak objek wisata di Indonesia yang dijuluki miniatur Grand Canyon, sebut saja Green Canyon Pangandaran dan Kedung Cinet Jombang. Pulau Dewata pun tidak mau kalah dengan menghadirkan Tukad Beji Guwang di kawasan Gianyar.

Secara sederhana, ini adalah ngarai yang berlokasi tersembunyi, dengan suguhan air sungai yang mengalir di antara tebing-tebing yang tinggi. Untuk menuju tempat ini, perlu melakukan trekking melewati batuan besar yang dijamin seru.

Nah, itu tadi deretan wisata sungai kece yang bisa kamu sambangi saat liburan ke Bali. Jangan lupa siapkan kamera terbaik kamu, ya.

Baca Juga: 6 Spot Paralayang di Bali yang Bisa Memacu Adrenalinmu di Ketinggian

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya