Comscore Tracker

Kini Jadi Spot Wisata, Ini Fakta 5 Goa Jepang yang Ada di Indonesia

Sungguh lokasi yang sarat sejarah

Selain Belanda, Jepang juga sempat menjajah Indonesia pada 1942 hingga 1945. Meski terbilang singkat, namun perlakuan militer Jepang terhadap bangsa Indonesia gak kalah kejam dibandingkan orang-orang kompeni.

Saat itu, orang pribumi diharuskan bekerja dengan paksa yang kemudian disebut dengan romusha. Mereka disuruh membangun berbagai fasilitas untuk kepentingan militer, salah satunya goa yang difungsikan sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu.

Saat ini, beberapa goa tersebut masih berdiri dan dijadikan lokasi wisata, bahkan  direnovasi. Tujuannya, agar sebagai sarana edukasi sejarah Indonesia untuk generasi kekinian.

Nih, referensi goa Jepang yang sudah dijadikan spot wisata sejarah yang ada di Indonesia.

1. Lobang Jepang Bukittinggi

Kini Jadi Spot Wisata, Ini Fakta 5 Goa Jepang yang Ada di Indonesiainstagram.com/yolandaaquinsha

Tempat ini terletak di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi, gak jauh dari Jam Gadang. Lobang Jepang dibangun pada dekade 1940-an silam sebagai lokasi pertahanan tentara Dai Nippon dari serangan musuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Lobang Jepang ini konon mampu menahan letusan bom seberat 500 kg. Selain itu, goa ini juga dikatakan sebagai salah satu lubang terpanjang di Asia dengan panjang 6 km yang tembus ke Ngarai Sianok dan Jam Gadang.

2. Goa Jepang Bandung

Kini Jadi Spot Wisata, Ini Fakta 5 Goa Jepang yang Ada di Indonesiainstagram.com/basukining

Goa Jepang ini berada di kawasan Taman Hutan Ir. Juanda, Dago, Kota Bandung. Konon dibangun pada tahun 1942 silam, Goa Jepang Bandung kemudian dijadikan sebagai taman wisata pada bulan Agustus 1965 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu.

Menurut sejarah, goa ini menjadi saksi bisu tewasnya banyak orang Indonesia dalam sistem romusha ketika masa pendudukan Jepang. Selain orang lokal, tentara Negeri Sakura juga banyak yang mati dibantai oleh sekutu di goa ini pada 1945.

Baca Juga: 10 Hotel Berbentuk Gua yang Dapat Kamu Nikmati di Cappadocia, Turki

3. Goa Jepang Kaliurang

Kini Jadi Spot Wisata, Ini Fakta 5 Goa Jepang yang Ada di Indonesiainstagram.com/mirzanazaruddin_

Jepang memang membangun banyak goa di beberapa lokasi di Indonesia. Di Yogyakarta misalnya, ada beberapa peninggalan Goa Jepang, salah satunya di lereng selatan Gunung Merapi, yang lantas disebut sebagai Goa Jepang Kaliurang.

Ketika itu, goa ini didirikan sebagai tempat tinggal dan berlindung tentara Jepang dari serbuan Sekutu. Namun, berbeda dengan goa sejenis yang ada di Bandung atau Bali, Goa Jepang di Kaliurang berjumlah 25 unit dan saling terhubung satu sama lain.

4. Goa Jepang Batu

Kini Jadi Spot Wisata, Ini Fakta 5 Goa Jepang yang Ada di Indonesiainstagram.com/rahmattriatmojo

Di kota Apel, setidaknya ada tiga goa yang sempat dibangun oleh para tentara Jepang. Satu goa berada di kawasan Tlekung, Kota Batu, satu goa di kawasan Cangar, sedangkan satu goa sisanya berlokasi di Coban Talun.

Khusus untuk goa di Coban Talun, goa ini juga dijadikan benteng perlindungan pasukan Jepang dari serangan Sekutu. Selain itu, goa ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan persediaan makanan, pakaian, hingga senjata.

5. Goa Jepang Klungkung

Kini Jadi Spot Wisata, Ini Fakta 5 Goa Jepang yang Ada di Indonesiainstagram.com/carenenaomi

Kamu bisa menemukan goa ini di Dusun Koripan, Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Dibangun pada 1941-1942 sebagai lokasi perlindungan, goa ini berjejer di dinding tebing berbentuk melengkung, memanjang di tepi Tukad Bubuh.

Menjadi salah satu peninggalan sejarah yang sangat penting, pemerintah setempat kemudian merawat goa ini dengan baik. Dikembangkan menjadi spot wisata, goa sedalam 14 meter ini sekarang sudah dilengkapi area parkir, taman mini, dan warung makanan.

Nah, itu tadi deretan Goa Jepang yang sempat didirikan di Indonesia. Sebenarnya, masih ada beberapa goa lain di wilayah NTT hingga Papua. Tempat wisata ini cocok banget dikunjungi kamu yang ingin belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Ini 7 Hewan Menyeramkan yang Akan Kamu Temukan di Gua, Pernah Lihat?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You