Comscore Tracker

5 Wisata Coban Tersembunyi di Pasuruan, Pemandangannya Sungguh Menawan

Indahnya bikin betah berlama - lama

Dikenal sebagai wilayah perindustrian dan pertanian, ternyata kabupaten Pasuruan juga memiliki tempat wisata alam dengan pemandangan alamnya yang menawan, salah satunya adalah wisata coban atau air terjun.

Suguhan alamnya luar biasa indah dan mampu melepas penat dari aktivitas yang padat. Berikut 5 wisata coban tersembunyi di Pasuruan yang suguhkan pemandangan indah dan menawan.

1. Coban Danyang

5 Wisata Coban Tersembunyi di Pasuruan, Pemandangannya Sungguh Menawaninstagram.com/kuloboyo

Wisata coban Danyang merupakan air terjun primadona yang terletak di desa Pasrepan, Pasuruan. Karakteristik coban Danyang begitu unik yaitu air mengalir dari ketinggian 5 meter di empat titik di antara bebatuan berundak sehingga menghasilkan hasil seni fotografi yang epik.

Debit air coban Danyang sangat deras meskipun sedang musim kemarau. Warna jernih dan segarnya air coban akan memikat pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air di tepian coban. Letaknya yang tersembunyi, alam di sekitar coban masih sangat asri dan teduh, serta udaranya yang sejuk serta suasana hening di coban Danyang ampuh menenangkan jiwa. 

2. Coban Waru

5 Wisata Coban Tersembunyi di Pasuruan, Pemandangannya Sungguh Menawaninstagram.com/ellyadhry

Berlokasi di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Pasuruan, coban Waru merupakan air terjun tersembunyi dengan pesona alamnya yang mengagumkan. Bagaimana tidak, letaknya yang jauh dari keramaian dan berada di dalam hutan, membuat coban Waru dikepung hamparan tanaman hijau dan pohon yang rindang. 

Suasananya begitu sejuk, asri, dan teduh. Debit airnya mengalir sangat deras dari atas tebing setinggi 25 meter. Di bawah air terjun terdapat sungai dengan bebatuan besar. Di sini pengunjung bisa bermain air merasakan sensasi segar dan dinginnya air terjun coban Waru yang jatuh dan mengalir di sungai ini.

Baca Juga: 9 Potret Bersahaja 'Coban Sewu', Air Terjun Eksotik di Jawa Timur

3. Coban Baung

5 Wisata Coban Tersembunyi di Pasuruan, Pemandangannya Sungguh Menawaninstagram.com/jatim.repost

Air terjun tersembunyi dan tertinggi yang berada di Pasuruan, Jawa Timur adalah coban Baung yang berlokasi di area kebun Purwodadi, Pasuruan. Ketinggian yang dimiliki coban ini mencapai 100 meter. Debit airnya sangat deras, jatuh membelah tebing hitam, dan menciptakan kepulan berbentuk awan dari bawah air terjun.

Di sekitar area air terjun, banyak tumbuhan perdu tumbuh subur serta lumut hijau yang menghiasi dinding - dinding tebing hitam sehingga menciptakan suasanaya yang begitu sejuk.

Romantisme alam kian lekat ketika suara deburan air terjun beradu menjadi satu dengan suara kicauan burung. Pengunjung akan semakin dibuat betah dengan hembusan angin semilir yang sejuk.

4. Coban Kakek Bodo

5 Wisata Coban Tersembunyi di Pasuruan, Pemandangannya Sungguh Menawaninstagram.com/pasuruanapik_

Menyajikan suasana alam yang begitu asri dan alami, coban Kakek Bodo merupakan coban tersembunyi yang memiliki akses mudah dijangkau sehingga banyak didatangi para wisatawan.

Coban setinggi 40 meter ini berada di lereng Gunung Arjuno. Letaknya yang berada di kaki gunung membuat udara di coban Kakek Bodo begitu sangat dingin.

Pemandangan hamparan pepohonan yang hijau mengelilingi coban Kakek Bodo, menciptakan suasana yang teduh. Debit air coban Kakek Bodo bergantung pada curah hujan.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan dinginnya air coban, maka bisa bermain air atau berenang di kolam alami tepat di bawah curahan air terjun yang memiliki kedalaman 1 sampai 5 meter.

5. Coban Grojokan Limo

5 Wisata Coban Tersembunyi di Pasuruan, Pemandangannya Sungguh Menawaninstagram.com/indraiswanto84

Coban Grojokan Limo adalah wisata baru di kota Pasuran dan menjadi primadona para wisatawan. Bentuk air terjun ini begitu unik, yaitu air mengalir di lima titik dengan ketinggian 7 meter membentuk tirai air yang cantik.Kemudian tepat di bawah air terjun terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Berlokasi di Dusun Krajan, Desa ngembe, Pasuruan, coban Grojogan Limo menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menawan. Suasananya yang masih asri serta udaranya yang sejuk menjadikan tempat ini begitu nyaman untuk melepas penat.

Letaknya yang tersembunyi membuat pengunjung harus melewati jalanan setapak di tengah persawahan dan menyeberangi jembatan sungai yang deras. 

Nah, itu dia 5 air terjun tersembunyi di Pasuruan yang bisa kamu datangi. Namun selalu ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan tetap berhati-hati ya.

Gaperlu kawatir lagi soal penginapan kamu jika ingin liburan ke Pasuruan. Dengan menggunakan kupon Oyo kamu bisa dapetin penginapan dengan harga murah!

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun di Trenggalek, Pesona Alamnya Bikin Mata Melek

Cocochip Safitri Photo Verified Writer Cocochip Safitri

Just out the think

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya