Comscore Tracker

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesona

Ada air terjun di atas laut juga lho

Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan salah satu kabupaten yang ada di sebelah selatan Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengan Kota Sibolga.

Meskipun jarang terdengar, tapi kabupaten ini juga memiliki berbagai wisata alam yang dapat membuat siapa saja kagum akan keindahannya. Salah satu destinasi wisata alam menariknya adalah air terjun yang segar dan sangat menarik. 

Buat kamu yang ngaku pecinta alam dan suka banget berwisata di alam bebas, maka beberapa wisata alam berupa air terjun di Tapanuli Tengah ini dapat kamu singgahi. 

1. Air Terjun Mursala

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesonainstagram.com/lingkarsumut/

Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, di mana letaknya ada di Pulau Mursala. Wisata air terjun ini sangat unik karena letaknya ada di lepas pantai dan aliran airnya langsung mengarah ke lautan lepas.

Air terjun ini juga menyajikan pemandangan yang tidak biasa, karena selain dapat melihat pesona air terjun, kamu juga sekaligus bisa menyaksikan keindahan pantai di sekitarnya. 

Untuk menuju ke pulau ini pengunjung dapat menyewa kapal boat yang ditempuh dari kota Sibolga. Selain di pulau Mursala, pengunjung juga dapat pergi ke pulau lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. 

2. Air Terjun Sihobuk

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesonainstagram.com/om_peii/

Kemudian ada pula Air Terjun Sihobuk yang terletak di Desa Sibuluan Nalambok, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah. Wisata air terjun ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung untuk berwisata dan berenang.

Selain itu kolam di wana wisata ini juga aman dengan adanya pembatas dinding bertingkat yang disesuaikan bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Jarak air terjun ini menuju ke Kota Sibolga juga tidak terlalu jauh hanya sekitar 7 km yang dapat ditempuh selama kurang lebih 18 menit menggunakan kendaraan bermotor. 

Baca Juga: 10 Air Terjun di Indonesia yang Dikenal Paling Horor, Berani Datang?

3. Air Terjun Silaklak

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesonainstagram.com/doel_cingkuang/

Air Terjun Silaklak menjadi salah satu wisata air terjun indah di Kabupaten Tapanuli Tengah yang tepatnya berada di Desa Unte Mungkur III, Kecamatan Kolang. Air terjun yang dijuluki dengan Air terjun Sipitu-Pitu ini menghadirkan keindahan air terjun bertingkat, dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Selain itu. lingkungan sekitarnya masih sangat alami membuat wisata ini wajib banget untuk didatangi. 

Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari Kota Sibolga, tepatnya berjarak sekitar 17 km sebelah barat laut dari pusat Kota Sibolga. Namun untuk menuju ke titik air terjun ini pengunjung diharuskan untuk melalui jalan setapak dari tempat parkir kendaraan. 

4. Air Terjun Aloban Bair

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesonainstagram.com/kanopi_berjalan/

Kemudian ada lagi Air Terjun Aloban Bair yang terletak di Desa Aloban, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Air terjun ini memang sangat indah dan menghadirkan suasana yang tenang dan sangat alami, tentunya buat kalian yang suka ketenangan. Selain itu air terjunnya yang bertingkat dan tinggi membuatnya terkesan sangat indah dan jarang ditemui di tempat lainnya. 

Sementara jarak tempuh dari Sibolga menuju ke air terjun ini sekitar 14.6 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

5. Air Terjun Martolu

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesonainstagram.com/dadozhuharahap/

Terakhir, ada lagi Air Terjun Martolu yang berlokasi di Desa Rampa, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah. Air terjun ini masih belum banyak diketahui orang dan menyuguhkan pemandangan alam yang memesona. Selain itu pengunjung dapat menyusuri tebing sebelah air terjun, karena air terjun ini tidak terlalu tinggi. Selain itu airnya begitu jernih yang pastinya membuat siapa yang berkunjung terkesima akan keindahannya. 

Selain itu lokasi air terjun ini juga tidak terlalu jauh dari Kota Sibolga yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 40 menit dengan jarak 15 km. Sedangkan letak air terjun ini berada tidak jauh dari Jalan Raya Sibolga-Tarutung yang merupakan akses utama menuju ke Medan dan berbagai kota besar lainnya. 

Menarik-menarik bukan, air terjun yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut, terutama buat kalian pencinta wisata alam. Mana nih yang mau kalian kunjungi terlebih dahulu?

Kini kamu bisa menikmati air terjun di Tapanuli dan tidak perlu kahwatir lagi soal penginapan, karena dengan promo Oyo kamu bisa dapetin hotel dengan harga hemat.

Baca Juga: 5 Pulau Eksotik di Tapanuli Tengah yang Gak Kalah dengan Bali

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya