Comscore Tracker

5 Bangunan Landmark di Leipzig Jerman yang Harus Banget Dikunjungi

Bangunannya keren dan penuh sejarah

Jerman memang menjadi salah satu negara besar di Eropa dengan sejarah panjang dari awal berdiri hingga sekarang. Maka gak heran jika negara ini mempunyai berbagai macam landmark dan bangunan kuno yang sangat artsy.

Salah satu kota yang memiliki berbagai bangunan kuno menarik yang bisa dikunjungi adalah Leipzig, yang sebenarnya adalah kota di sebelah timur Jerman yang masuk dalam negara bagian Saxony.

Kota yang dulunya masuk dalam negara Jerman Timur ini juga menghadirkan berbagai macam landmark yang unik dan tentunya layak untuk dikunjungi.

Nah, buat kamu yang berencana liburan ke Jerman, maka harus menyimak ulasannya berikut ini. 

1. St. Thomas Church

5 Bangunan Landmark di Leipzig Jerman yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/anatoly__aa/

Pertama terdapat Gereja St. Thomas atau Thomaskirche yang terletak di area sekitaran zentrum atau pusat kota Leipzig. Gereja Protestan ini sudah dibangun pada tahun 1212 yang memiliki gaya arsitektur gothic yang sangat unik, ditambah adanya menara yang berketinggian mencapai 25 meter. 

Selain itu bangunan ini juga sudah mengalami beberapa kali renovasi dan yang terakhir rusak akibat bom dari Sekutu pada masa Perang Dunia II. Tetapi bangunan ini masih mempertahankan bentuk arsitekturnya hingga kini. 

2. St. Nicholas Church

5 Bangunan Landmark di Leipzig Jerman yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/nostresswithdress/

St. Nicholas Church atau Nikolaikirche juga menjadi bangunan yang menarik di area pusat kota, yang persisnya berada di ujung timur. Bangunan gereja ini sudah didirikan pada tahun 1165 yang mengadaptasi unsur Roman di dalamnya, di mana kental akan suasana abad pertengahan. Serta, pada abad ke 16 mulai adanya perubahan bangunan yang memberikan unsur gothic pada beberapa bagian bangunan. 

Gereja terbesar di negara bagian Saxony ini terkenal karena menjadi pusat aktivitas demonstrasi perdamaian di tahun 1989 untuk menentang pemerintahan komunis di Jerman Timur. 

Baca Juga: Resep Pretzel, Kue Khas Jerman yang Rasanya Bikin Jatuh Hati

3. Old City Hall

5 Bangunan Landmark di Leipzig Jerman yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/sardarasif/

Masih di area pusat kota, terdapat bangunan ikonik, Old City Hall yang persis berada di depan plaza, yang sering digunakan juga sebagai pasar pada hari tertentu. Gedung ini sebelumnya digunakan sebagai balai kota yang sudah berdiri sejak tahun 1556, hingga tahun 1909 dipindah ke gedung baru, yang ada di selatan pusat kota. 

Saat ini gedung megah dengan arsitektur bergaya khas Jerman ini dipergunakan sebagai museum yang menyimpan sejarah kota Leipzig. 

4. New Town Hall

5 Bangunan Landmark di Leipzig Jerman yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/leipzig.entdecken/

New Town Hall juga menjadi bangunan keren yang harus dikunjungi di Leipzig, yang terletak di selatan kota dan menghadap langsung ke jalan lingkar selatan. Gedung balai kota baru ini sudah dibangun sejak 1895 yang digagas oleh Kerajaan Saxony untuk menggantikan balai kota lama. 

Uniknya bangunan ini menghadirkan arsitektur yang sangat khas dan bergaya Lutheran. Selain itu memiliki menara dengan ketinggian mencapai 114.8 meter dan sekaligus menjadi gedung balai kota tertinggi di Jerman. 

5. Battle of the Nations Monument

5 Bangunan Landmark di Leipzig Jerman yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/luca_pacitti/

Battle of the Nations Monument atau dalam Bahasa Jerman, Völkerschlachtdenkmal merupakan monumen besar yang terletak di sebelah selatan Kota Leipzig.

Bangunan monumen ini didirikan untuk mengenang 100 tahun kejadian Pertempuran Leipzig pada tahun 1813 untuk mengalahkan pasukan Prancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte. 

Monumen ini terletak di tengah taman besar dan memiliki ketinggian yang mencapai 91 meter yang menjadi salah satu monumen tertinggi di Eropa. Serta monumen ini sangat indah karena berada di depan danau dan taman dengan suasana alami. 

Itu tadi beberapa bangunan landmark yang terdapat di Kota Leipzig yang pastinya harus jadi tempat kunjunganmu ketika berada di Jerman, khususnya Leipzig. Menurut kamu, mana yang paling bagus?

Baca Juga: 7 Wisata di Indonesia Ini Mirip Eropa, Instagramable dan Kece!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya