Comscore Tracker

5 Wisata Unik nan Menarik Budaya Tionghoa di Jawa Timur 

#HaloJatim Jadi spot wisata sejarah dan foto yang menarik

Budaya Tionghoa sudah menjadi salah satu budaya di Indonesia sejak kedatangan para pedagang Tionghoa di Indonesia pada abad ke 15 bersama dengan pedagang dari Arab dan Gujarat. Para pedagang tersebut kemudian menetap dan berbaur dengan masyarakat lokal dan berasimilasi menjadi budaya Tionghoa Indonesia.

Jawa Timur yang menjadi salah satu daerah yang memiliki kekentalan budaya asli negeri Tirai Bambu tersebut dan memiliki beberapa spot wisata tionghoa yang menarik. 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi wisata bernuansa Tionghoa, simak beberapa tempat ini.

1. Klenteng Kwan Sing Bio

5 Wisata Unik nan Menarik Budaya Tionghoa di Jawa Timur kwansingbiotuban.com

Klenteng Kwan Sing Bio menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Tuban. Letaknya yang strategis tepat di pinggir jalur Pantai Utara, membuat kuil ini mudah diakses oleh berbagai pengunjung. 

Selain itu kuil ini memiliki suasana Tionghoa yang amat kental dengan berbagai ornamen khas yang dimiliki. Klenteng ini juga terlihat menarik karena adanya kolam di tengah bangunan, dengan jembatan khas budaya Negeri Tirai Bambu. 

Tiket masuk wisata ini sekitar Rp5000 dan buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 17.00.

2. Klenteng Sanggar Agung

5 Wisata Unik nan Menarik Budaya Tionghoa di Jawa Timur instagram.com/haniabd

Klenteng Sanggar Agung adalah salah satu destinasi wisata favorit di Surabaya, yang tepat berada di pinggir laut dan dekat dengan Objek Wisata Pantai Ria Kenjeran,tepatnya berada di Jl. Pantai Ria Kenjeran. 

Klenteng ini memiliki bangunan yang unik dan terapung di atas pantai. Selain itu terdapat patung naga kembar yang sangat unik dan memberikan nuansa Tionghoa yang amat kental. Bagi kamu yang hobi selfie and foto, tempat ini sangat menarik dengan hanya membayar sejumlah Rp10.000 saja.

Baca Juga: Ini lho, 5 Wisata Petik Buah Paling Asik di Jawa Timur

3. Vihara Bodhigiri

5 Wisata Unik nan Menarik Budaya Tionghoa di Jawa Timur instagram.com/inijawatimur

Vihara Bodhigiri merupakan objek wisata nuansa Tionghoa lainnya yang bertempat di Kec. Wlingi, Kab. Blitar dan terletak sekitar 31 km dari Kota Blitar. Vihara memiliki suasana yang sangat menarik dan memiliki tembok panjang yang menyerupai Tembok Besar Cina. 

Tempat ini sebenarnya digunakan untuk meditasi bagi para biarawan. Bagi kamu yang suka foto dan selfie, tempat ini sangat cocok untuk karena kamu akan menemukan banyak spot foto yang kece dengan suasana Tionghoa yang khas beserta dengan ornamennya.

4. Vihara Avalokitesvara

5 Wisata Unik nan Menarik Budaya Tionghoa di Jawa Timur instagram.com/zulmearisa/

Vihara Avalokitesvara merupakan salah satu vihara yang berada di Kab. Pamekasan, tepatnya berada di Jl. Tega, Desa Polagan, Kec. Galis. Lokasi vihara budha ini sekitar 15 km arah timur Kecamatan Pamekasan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. 

Bangunan vihara ini memiliki ciri unik khas bangunan Tionghoa dengan adanya dua Pagoda pada samping kanan dan kiri. Apabila kamu datang ke tempat ini tentunya kamu akan melihat bangunan arsitektur tionghoa yang berbeda dengan vihara lainnya, karena lebih menyerupai klenteng.

5. Vihara Majapahit

5 Wisata Unik nan Menarik Budaya Tionghoa di Jawa Timur instagram.com/a.rum.s/

Vihara Majapahit adalah vihara yang terletak di Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto dan berada tidak jauh dari Jalan Negara Mojoagung. Salah satu yang menarik dari tempat ini adalah adanya patung besar Buddha tidur, yang menjadi tempat berfoto menarik di vihara ini. 

Harga tiket masuknya sangat murah yakni hanya Rp3000 dan dibuka sejak pukul 07.00 hingga 18.00.

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun yang Paling Terkenal di Jombang, Seger Banget!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya