Comscore Tracker

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unik

Sangat estetik dan unik khas Laos

Laos merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang masuk dalam kawasan Indochina dan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki akses ke laut lepas.

Negara bekas jajahan Prancis ini juga memiliki kebudayaan unik serta tentunya adanya pengaruh kuat dari agama Buddha yang banyak dipeluk oleh masyarakat setempat. Nah, salah satu kota yang menarik dikunjungi di Laos adalah Vientiane yang merupakan ibu kota negara ini. 

Kota terbesar di Laos dan berbatasan langsung dengan negara Thailand ini memiliki berbagai bangunan kuno yang unik dan khas. Tentunya untuk kalian yang suka banget berwisata sejarah, maka beberapa lokasi di Vientiane ini harus kalian kunjungi. 

1. Pha That Luang

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unikflickr.com

Pha That Luang merupakan bangunan stupa Buddha yang terletak di pusat kota Vientiane, Laos. Bangunan ini pertama kali dibangun pada abad ke-3 dan telah mengalami beberapa kali perobohan hingga terakhir dibangun kembali pada masa kolonial Prancis Indochina pada tahun 1930an.

Bentuk arsitektur bangunan ini sangat menarik, yang mana sangat merepresentasikan kultur masyarakat Lao. Maka dari itu bangunan ini menjadi salah satu bangunan penting di Laos dan jadi simbol negeri ini. 

2. Patuxai

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unikinstagram.com/laostourism/

Kemudian ada bangunan menarik lainnya bernama Patuxai yang mana memiliki arti gerbang kemenangan. Monumen perang ini sudah dibangun antara tahun 1957-1968, yang mana dibuat untuk mengenang perjuangan pahlawan kemerdekaan Laos.

Monumen ini memiliki kemiripan dengan bangunan Arc de Triomphe di Paris, tapi menghadirkan gaya bangunan khas Lao yang unik. 

3. Wat Si Saket

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unikflickr.com

Masih di pusat kota ada lagi bangunan keren bernama Wat Si Saket yang letaknya berada di Jalan Lan Xang, yang tidak jauh dari Haw Phra Kaew. Kuil ini dibangun pada tahun 1818 saat pemerintahan Raja Anouvong dari Kerajaan Viantiane.

Bangunan ini memiliki gaya arsitektur Siam dan Buddha yang kental. Selain itu Wat Si Saket juga menjadi salah satu yang tertua di Kota Vientiane. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Alam di Palawan, Filipina yang Wajib Dikunjungi

4. Haw Phra Kaew

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unikaseanrecords.world

Haw Phra Kaew menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi di Vientiane, Laos yang letaknya persis di pusat kota, tepatnya di Setthathirath Road. Bangunan kuil ini pertama kali didirikan pada tahun 1565, tapi telah mengalami beberapa kali pembangunan kembali.

Tempat ini sekarang dijadikan sebagai museum untuk menyimpan berbagai macam peninggalan keagamaan di Laos berupa patung, perunggu, dan lainnya

5. Wat Si Muang

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Uniklonelyplanet.com

Bergerak ke arah barat terdapat bangunan menarik lainnya yakni Wat Si Muang yang merupakan kuil Budha yang letaknya tidak jauh dari jalan menuju ke Perbatasan Thailand dan Laos.

Bangunan kuil ini sudah dibangun sejak tahun 1563, saat masa Kerajaan Lan Xang. Selain itu kuil ini juga memiliki bentuk yang sangat unik dengan adanya sentuhan masyarakat Khmer. 

6. Buddha Park

6 Wisata Sejarah di Vientiane, Laos yang Sajikan Bangunan Unikinstagram.com/chalky1994/

Terakhir, ada Buddha Park yang dijuluki dengan Xieng Khuan yang sebenarnya adalah taman patung yang berjarak 25 km sebelah selatan Vientiane, di mana letaknya bersebelahan dengan Sungai Mekong. Taman ini dibangun pada tahun 1958 dan difungsikan sebagai tempat umum dan taman wisata.

Buddha Park juga memiliki lebih dari 200 patung Buddha dengan beberapa sentuhan agama Hindu yang pastinya menarik banget. 

Itu dia sederetan tempat wisata sejarah di Kota Vientiane yang harus kalian datangi ketika berkunjung ke Laos. Menurut kalian, mana yang paling bagus nih?

Baca Juga: 7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya