Comscore Tracker

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangi

Warnanya bikin mata terpukau

Bicara tentang alam memang gak ada habisnya, karena terdapat begitu banyak kenampakan alam yang memikat mata di dunia ini. Salah satu tempat alam yang begitu memesona adalah tempat yang memiliki fenomena warna-warni alami, seperti dilansir dari Travel and Leisure dan Science Focus.

Tentunya pemandangan alam di tempat-tempat tersebut dapat membuat kalian terpesona akan keelokannya. Buat kalian yang ingin tahu tempat menakjubkan mana saja, yang menghadirkan warna-warni memesona, simak ini!

1. Vinincunca, Peru

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangiinstagram.com/travelquestgames/

Pertama ada Vinincunca Raimbow Mountain yang terletak deretan Pegunungan Andes, yang masuk dalam wilayah negara Peru. Lokasi gunung ini berada di sebelah selatan Kota Cusco yang membutuhkan sekitar dua jam perjalanan. 

Kenampakan alam dari Gunung Vinincunca ini begitu mengagumkan karena memiliki komposisi warna bak pelangi. Warna-warna yang terdapat di dalam gunung dikarenakan adanya tujuh komposisi mineral pada gunung tersebut. 

2. Grand Prismatic Spring, Yellowstone, Amerika Serikat

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangiinstagram.com/water_pollution_11/

Grand Prismatic Spring terletak di tengah Taman Nasional Yellowstone yang masuk dalam negara bagian Wyoming, Amerika Serikat. Sumber air panas ini merupakan yang terbesar di negeri Paman Sam tersebut dan menjadi yang terbesar ketiga di dunia. 

Sumber air panas mengagumkan ini ditemukan oleh para ahli geologis pada tahun 1871 dan dinamakan sesuai dengan warnanya yang begitu indah. Warna yang terlihat dalam sumber air panas tersebut mirip dengan warna pelangi yang cukup lengkap. 

3. Zhangye National Geopark, Tiongkok

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangiinstagram.com/discoveringinspirations/

Selain di Peru, ternyata di Tiongkok terdapat juga pegunungan yang memiliki warna-warni indah. Tempatnya berada di Zhangye National Geopark yang berada di Provinsi Gansu yang ada di sebelah utara Negeri Tirai Bambu. 

Kenampakan batuan di pegunungan ini memang begitu memesona dengan warna-warni yang begitu memanjakan mata. Warna dari batuan ini disebabkan formasi mineralnya yang berbeda-beda, di mana berasal dari endapan batuan kapur dan berbagai mineral lainnya sejak 100 juta tahun lalu. 

Baca Juga: 5 Fakta Yunnan, Rumah dari Wisata Alam Menakjubkan di Tiongkok

4. Sungai Cano Cristales, Kolombia

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangiinstagram.com/destinationcolombia1/

Kembali ke Benua Amerika, terdapat Sungai Cano Cristales yang letaknya berada di Serrania La Macarena, Provinsi Meta. Sungai ini merupakan sungai kecil yang mengalir menuju ke Sungai Guayabero, serta seringkali dijuluki sebagai sungai lima warna karena memiliki lima warna di dalamnya. 

Sungai yang sangat jernih ini memiliki warna kuning, hijau, biru, hitam, dan tentu saja warna merah yang nampak sangat jelas. Warna merah yang terdapat di sungai ini disebabkan adanya tumbuhan bernama Macarenia clavigera yang tumbuh di dalamnya. 

5. Goa Waitomo, Selandia Baru

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatanginewzealanddiscoverytours.co.nz

Kemudian ada pula Goa Waitomo yang berlokasi di Pulau Utara, Selandia Baru, di mana letaknya berada di bawah Bukit Waitomo. Goa ini sudah cukup terkenal di Selandia Baru dan menjadi salah satu wisata utama yang ada di negara ini. 

Menariknya kenampakan alam yang disajikan tak hanya goanya yang begitu indah, akan tetapi adanya gemerlap di dinding-dinding goa. Gemerlap cahaya berwarna biru tersebut berasal dari cacing bernama glowworm atau yang bernama latin Arachnocampa luminosa.

Sehingga di sini kalian bisa menyewa perahu boat dan menikmati suasana layaknya di negeri dongeng. 

6. Dallol Hot Spring, Ethiopia

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangiinstagram.com/pascalboegli/

Beralih ke Afrika ada pula tempat yang begitu menakjubkan bernama Dallol yang lokasinya berada di tengah Depresi Danakil. Kenampakan alam dari sumber air panas dan kawah ini begitu menakjubkan dengan warna yang begitu elok.

Terbentuknya kenampakan alam yang begitu mengaggumkan ini ditimbulkan dari intrusi magma basalt yang bercampur dengan dataran garam di sekitar area tersebut sejak Zaman Miosen. Bahkan kenampakan alam yang ada di area ini dirasa seperti bukan di planet lain, karena bentang alamnya yang begitu unik. 

7. Vatnajökull Ice Caves, Iceland

7 Tempat Paling Berwarna di Dunia yang Wajib Didatangiinstagram.com/thestrawhatbackpacker/

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Alam Liar Terindah yang Ada di Dunia, Tertarik?

Terakhir ada Vatnajökull ice caves, yang juga menjadi tempat dengan warna menakjubkan yang tak kalah menarik dibanding lainnya. Goa es ini lokasinya berada di tenggara negara Iceland ini dan menjadi salah satu glasier terbesar yang ada di Eropa. 

Goa ini memang menakjubkan dan istimewa, karena di dalamnya diselimuti oleh es yang terlihat begitu menyala dan menujukkan warna-warna tertentu apabila terpapar cahaya matahari. Maka dari itu Goa Vatnajökull ini ramai dikunjungi ketika musim dingin tiba di Iceland. 

Itu tadi beberapa tempat alam paling berwarna yang suguhkan pemandangan keren dan sangat memanjakan mata. Nah, kira-kira kalian mau ke mana dulu nih?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya