Comscore Tracker

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khas

Cocok buat wisata sejarah dan bisa menambah pengetahuan

Afrika Selatan merupakan salah satu negara dengan sejarah panjang sejak pertama kali diduduki oleh Belanda dan Inggris. Tak heran apabila di negara ini juga memiliki bangunan kuno yang patut untuk dikunjungi. Salah satu kota dengan bangunan tua mengagumkan adalah Port Elizabeth yang letaknya di ujung selatan negeri ini. 

Pastinya buat kalian yang suka banget untuk berwisata sejarah dan menyaksikan bangunan kuno. Maka harus tahu enam bangunan bersejarah yang ada di Port Elizabeth berikut ini. 

1. Port Elizabeth Public Library

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khasinstagram.com/red.foxx/

Port Elizabeth Public Library terletak di pusat kota yang tepatnya persis di depan Market Square. Bangunan ini awalnya dibangun sejak tahun 1835 dan digunakan sebagai gedung pengadilan di tahun 1854. Kemudian dirubah menjadi gedung perpustakaan semenjak tahun 1902. 

Bentuk bangunan perpustakaan ini sangat cantik dengan gaya arsitektur gothic victoria dan adanya teracotta pada fasadnya. Pada bagian depannya terdapat patung Ratu Victoria yang terbuat dari marmer Sisilia. 

2. Old Post Office Building

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khasinstagram.com/nastya955/

Old Post Office Building juga jadi bangunan menarik di Port Elizabeth yang terletak di Jalan Flemming. Bangunan ini sudah dibuka sejak tahun 1900 dan didesain oleh Pemerintah Kolonial Cape pada waktu itu yang di bawah kepemimpinan  H.S. Greaves. 

Bentuk kantor pos lama ini begitu menarik karena menghadirkan gaya Victoria dalam desainnya. Selain itu, bangunan ini sudah menjadi satu bersama gedung barak dan kantor polisi. 

3. Campanile

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khasthematrixcc.co.za

Campanile merupakan salah satu monumen terkenal yang terletak di pusat kota Port Elizabeth. Bangunan menara ini didirikan pada tahun 1920 sebagai monumen peringatan 100 tahun pendudukan di kota ini sejak tahun 1820. Monumen ini dirancang oleh dua arsitek bernama Jones & McWilliams dan selesai dibangun pada tahun 1922. 

Monumen ini memiliki ketinggian 50 meter dan mempunyai 204 anak tangga untuk menuju ke ruang observatorium. Pada ruang tersebut pengunjung dapat menyaksikan pemandangan kota dan laut yang sangat cantik. 

Baca Juga: 5 Bangunan Bersejarah di Medellin, Kolombia yang Bergaya Eropa

4. Port Elizabeth City Hall

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khasinstagram.com/hendrik_stam/

Kemudian ada pula Port Elizabeth City Hall terletak tepat di depan Market Square yang tak jauh dari Port Elizabeth Public Library. Balai kota ini sudah didirikan sejak tahun 1858 dan awalnya diperuntukkan sebagai tempat konser serta perkantoran bagi dewan kota. 

Balai kota ini sudah dijadikan sebagai monumen nasional sejak tahun 1973 dan memiliki menara jam di tengahnya yang begitu memikat. Sedangkan plaza yang ada di depannya merupakan replika dari Diaz Cross yang terdapat di Kwaaihoek. 

5. The Donkin Reserve

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khasinstagram.com/franksgrandtour/

Berikutnya ada The Donkin Reserve yang terletak di sekitar kawasan pusat kota Port Elizabeth. Bangunan ini terdiri dari piramida dan sebuah mercusuar yang didirikan oleh Sir Rufane Donkin. Fungsi dari tempat ini sebagai pengenang istrinya yang bernama Elizabeth, sebelum pada akhirnya disematkan untuk nama kota ini. 

Piramida yang ada di sini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan berjarak delapan meter dari mercusuar. Sedangkan menara mercusuarnya sudah berdiri sejak tahun 1861 dan menjadi salah satu tempat wisata penting di Port Elizabeth. 

6. Fort Frederick

6 Bangunan Bersejarah di Port Elizabeth, Afrika Selatan yang Khasinstagram.com/tycianomr/

Terakhir terdapat Fort Frederick yang merupakan bangunan benteng di kawasan Belmont Terrace, yang berupa bukit di tengah kota. Benteng ini sudah dibangun pada tahun 1799 oleh pasukan Britania Raya untuk mencegah serangan dari Prancis. 

Bangunan benteng ini mempunyai pemandangan yang begitu cantik karena mengarah langsung ke Teluk Algoa. Menariknya benteng ini dibuka setiap harinya dan tidak dipungut biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung. 

Nah, itu tadi enam bangunan bersejarah di Kota Port Elizabeth yang pastinya harus dikunjungi. Menurut kalian mana yang paling keren?

Baca Juga: Menjadi Bangunan Bersejarah di Paris, Inilah 7 Fakta Arc de Triomphe

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya