Comscore Tracker

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkan

Menghadirkan berbagai arsitektur Eropa kuno

Afrika Selatan merupakan salah satu negara besar yang terletak persis di ujung selatan benua Afrika. Negara di Benua Hitam ini juga mempunyai sejarah panjang dari masa penjajahan Inggris dan Belanda, hingga mampu menjatuhkan sistem politik aparteid yang ada di negara itu. Ditengarai dari itu, negeri ini juga memiliki segudang peninggalan sejarah menarik yang bisa dikunjungi terutama di ibukota Pretoria. 

Nah, buat kalian yang suka berwisata sejarah sambil menyaksikan berbagai keunikan di Pretoria. Maka gak boleh ketinggalan beberapa informasi bangunan bersejarah di Pretoria berikut ini. 

1. The Union Buildings

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkantraveltrivia.com

The Union Buildings merupakan salah satu landmark populer di Pretoria ataupun Afrika Selatan, karena menjadi kediaman dan kantor kepresidenan. Bangunan megah ini terletak di Meintjieskop, Pretoria yang ada di atas bukit, sehingga dapat melihat pemandangan kota yang eksotis, disertai adanya taman yang sangat luas di depannya. Sementara istana ini sudah dibangun sejak tahun 1910 dan memiliki bentuk arsitektur campuran antara gaya Belanda, Renaissance, Inggris dan Neoklasik.

Tempat ini juga sudah menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menyaksikan langsung keindahan bangunannya. Serta dapat menikmati suasana taman di sekitarnya yang menarik dan terdapat berbagai monumen. 

2. Ou Raadsaal

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkanflickr.com

Ou Raadsaal adalah bangunan bersejarah di Pretoria yang terletak di sebelah selatan Church Square, yang berlokasi di pusat kota. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1891, yang dirancang oleh arsitek asal Belanda, bernama Sytze Wierda. Bentuk arsitektur bangunan ini sangat menarik yang bergaya Renaissance dan gedung ini juga menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah setempat. 

3. Erasmus Castle

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkanalchetron.com

Erasmus Castle menjadi salah satu bangunan bersejarah di Pretoria sebelah tenggara, tepatnya ada di daerah bernama Erasmuskloof. Rumah mansion ini menjadi bangunan terkenal di Pretoria dan menjadi landmark karena bentuknya yang sangat unik. Selain itu rumah ini dijadikan sebagai wisata horror karena banyak ditemui berbagai penampakan dan terdapat suara-suara aneh ketika malam hari di sekitar area dalam maupun luar rumah. 

Baca Juga: 5 Spot Wisata Sejarah di Cebu, Filipina yang Sajikan Bangunan Unik

4. Melrose House

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkanurbancapture.com

Kemudian terdapat Melrose House yang merupakan rumah kuno yang juga dijadikan sebagai museum dan berlokasi di Burger Parks, Pretoria. Bangunan rumah yang didirikan pada tahun 1886 ini menjadi tempat bersejarah usai dijadikan kantor utama pasukan Inggris saat Perang Boer Kedua. Serta kemudian dijadikan sebagai tempat Perjanjian Vereeniging, yang mengakhiri perang antara Afrika Selatan dan Inggris. 

Rumah ini sangat unik yang memiliki gaya arsitektur peralihan masa Edward dan Victoria. Tempat ini juga menyimpan berbagai macam benda peninggalan saat perjanjian tersebut yang masih utuh hingga kini. 

5. Voortrekker Monument

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkantripadvisor.com

Berikutnya ada Voortrekker Monument yang terletak di Pretoria bagian selatan dan keseluruhan bangunannya terbuat dari granit yang cantik. Monumen ini didirikan untuk memperingati para Vortrekker atau masyarakat pengguna bahasa Belanda yang pergi dari Cape Colony pada tahun 1835 hingga 1854. Tak hanya itu saja, monumen ini juga dikelilingi oleh taman besar yang ada di sekitarnya dan tentu memiliki arsitektur perpaduan antara unsur Eropa dan Afrika. 

6. Palace of Justice

6 Bangunan Bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang Mengagumkanalchetron.com/

Terakhir ada bangunan Palace of Justice yang terletak di pusat kota, di mana tepat berada di depan Church Square, Pretoria. Bangunan ini sudah dibangun sejak tahun 1897 oleh Presiden Paul Kruger pada saat itu, yang mana dirancang pula oleh Sytze Wierda. Dulunya gedung ini juga sempat digunakan sebagai rumah sakit darurat oleh tentara Inggris saat Perang Boer Kedua, sedangkan sekarang dipergunakan sebagai pengadilan tinggi di Afrika Selatan.

Itu dia sederetan bangunan-bangunan bersejarah di Pretoria, Afrika Selatan yang patut untuk didatangi, terutama bagi kalian yang suka wisata sejarah. Menurut kalian mana nih yang paling menarik buat dikunjungi?

Bingung mau mesen tur & wisata di Pretoria, Afrika Selatan dimana? Kamu bisa pesan di promo Klook untuk dapetin harga yang jauh lebih murah. 

Baca Juga: 5 Bangunan Bersejarah di Manila, Filipina dengan Arsitektur Spanyol

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya