Comscore Tracker

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!

Bangunan-bangunan ini jadi saksi bisu kemegahan Detroit

Detroit merupakan salah satu kota besar di Amerika Serikat yang tengah mengalami kemunduran yang dalam, ditandai dengan fenomena deindustrialisasi. Hal ini juga berdampak pada penurunan jumlah penduduk yang sangat signifikan dalam beberapa dekade terakhir. 

Perginya penduduk Detroit membuat kota terbesar di Michigan itu dipenuhi bangunan kosong terbengkalai. Bahkan, bangunan kosong tidak hanya berupa rumah penduduk, tetapi termasuk gedung ikonik yang menjadi saksi bisu kemegahan kota ini pada masanya. 

Buat kalian yang mungkin ingin tahu sederatan bangunan megah kosong di Detroit yang menarik untuk ditilik, berikut daftar serta potretnya.

1. Vanity Ballroom

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!Vanity Ballroom, Detroit (instagram.com/anney_looks_up)

Vanity Ballroom merupakan salah satu bangunan ikonik di Detroit yang sudah berdiri sejak tahun 1929. Gedung yang dipergunakan untuk berbagai acara pertunjukan, termasuk di antaranya musisi Jazz legendaris, seperti Duke Ellington dan Ella Fitzgeral, beserta grup punk rock Stooged dan MC5. 

Sayangnya, bangunan bergaya Art Deco dengan sentuhan gaya Aztek ini harus ditutup pada tahun 1988, seiring penurunan pamor Kota Detroit. Bahkan, gedung ini menjadi tempat penyelenggaraan pesta dan dansa terakhir yang dibuka di Detroit. 

2. Brodhead Naval Armory

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!Brodhead Naval Armory (instagram.com/historicdetroit)

Berikutnya ada Brodhead Naval Armory yang merupakan bangunan milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Bangunan ini sudah didirikan pada tahun 1932, di saat Detroit mengalami perkembangan pesat dan menjadi pusat pengiriman barang.

Sementara itu, bangunan bergaya Art Deco ini terletak tak jauh dari Belle Island dan tepat berada di tepi Sungai Detroit. Sebelum ditutup tahun 2004, bangunan ini digunakan sebagai tempat latihan militer bagi Angkatan Laut dan Marinir AS. 

3. Cooley High School

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!Cooley High School, Detroit (instagram.com/boogiefontainepcp)

Siapa yang menyangka bila sekolah juga terdampak akibat penurunan Kota Detroit? Salah satu sekolah yang sudah kosong selama bertahun-tahun adalah Cooley High School yang sudah ditutup sejak 2010 akibat sepinya murid yang mendaftar. 

Thomas M. Cooley High School ini sudah berdiri sejak 1928 dan dipergunakan layaknya sekolah di Amerika Serikat pada umumnya. Namun, setelah kosong bertahun-tahun, gedung ini justru terimbas kebakaran di tahun 2017 dan menghanguskan seluruh ruang auditorium.  

4. AMC Headquarters

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!AMC Headquarters (instagram.com/calebt2677)

AMC Headquarters sudah didirikan pada tahun 1927, ketika industri otomotif di Amerika Serikat sedang berada di masa kejayaan.

Awalnya gedung ini digunakan oleh Kelvinator Corporation yang kemudian bergabung dengan American Motors Corporation dan dibeli oleh Chrysler. 

Gedung yang terletak di Plymouth Road, Detroit ini pernah mengalami perluasan hingga beberapa hektare lantaran tingginya produksi. Sayangnya, pada tahun 2007 gedung ini dijual akibat kebangkrutan Chrysler dan bahkan gedung megah ini sempat akan dihancurkan. 

5. Northland Center Mall

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!Northland Center Mall (instagram.com/alyssadennis)

Northland Center Mall merupakan bangunan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1954. Letak mall ini berada di area pinggiran kota Detroit, tepatnya di Southfield, Michigan. 

Mall ini sempat mengalami krisis finansial di tahun 2008 di tengah krisis ekonomi yang menerpa negeri Paman Sam. Namun, pusat perbelanjaan ini baru ditutup secara permanen pada tahun 2015, usai tutupnya penyewa terakhir. 

Baca Juga: 7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika Serikat

6. Lee Plaza

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!tampak luar gedung Lee Plaza di Detroit (instagram.com/dailydetroit)

Lee Plaza merupakan salah satu bangunan terbangkalai di Detroit yang sudah diresmikan pada 1927. Bangunan bergaya Art Deco ini sebelumnya dipergunakan sebagai hotel dan apartemen, bahkan menjadi simbol kemegahan dan kekayaan Detroit. 

Namun, sejak kemunduran Detroit pada tahun 1970an, pihak pengelola hotel mulai kesulitan untuk terus beroperasi dan akhirnya ditutup pada tahun 1997. Lantaran lama terbengkalai, gedung ini dijadikan tempat vandalisme. 

7. Packard Automotive Plant

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!Packard Automotive Plant (instagram.com/pjohn07)

Packard Automotive Plant sebelumnya adalah bangunan kompleks pabrik mobil mewah yang dikelola oleh Packard Motor Car Company. Namun, perusahaan otomotif itu kemudian berganti nama menjadi Studebaker-Packard Corporation dan mengalami kebangkrutan di tahun 1966. 

Kompleks pabrik megah yang terdiri dari 80 bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektare. Bangunan pertamanya sudah berdiri sejak 1899 dan menjadi salah satu tempat produksi mobil terbesar pada masa Perang Dunia II.  

8. Michigan Central Station

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!tampak luar gedung Michigan Central Station (instagram.com/drew.krz)

Salah satu bangunan paling megah di Detroit, tak lain adalah Michigan Central Station. Gedung yang difungsikan sebagai stasiun kereta api ini sudah berdiri sejak 1913, untuk menggantikan depot kereta api lama yang mengalami kebakaran. 

Lambat laun, pengguna kereta api kian menurun akibat banyaknya pengguna mobil pribadi di Amerika Serikat usai Perang Dunia II. Hal ini juga berdampak besar bagi industri kereta api dan akhirnya perjalanan kereta api Amtrak terakhir di Detroit berlangsung pada 1988 sekaligus menandakan penutupan stasiun ini. 

Sejak 2018, gedung ini dibeli oleh Ford Motor Company dan sudah memulai restorasi bangunan untuk dijadikan seperti semula. Michigan Central Station nantinya akan menjadi salah satu bangunan di dalam kompleks Corktown Campus milik Ford. 

9. Old Wayne County Building

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!Old Wayne County Building (instagram.com/drawntodetroit)

Masih di kawasan Downtown Detroit, ada pula Old Wayne County Building yang merupakan bangunan milik pemerintah county. Bangunan megah ini juga memiliki 18 ruang persidangan dengan segala material bangunan serba mewah yang menunjukkan kekayaan Kota Detroit saat itu. 

Akan tetapi, gedung yang sudah dibuka pada tahun 1902 ini sudah ditinggalkan sejak tahun 2010 silam. Kendati demikian, gedung tua ini masih kokoh dan terawat lantaran adanya investor asal New York yang bersedia membelinya. 

10. St. Agnes Catholic Church

10 Bangunan Megah Terbengkalai di Detroit-AS, Ikonik Banget!St. Agnes Church (instagram.com/mr.p_explores)

Terakhir, ada St. Agnes Catholic Church yang bisa dibilang salah satu gereja besar dan tertua di Detroit. Gereja yang sudah berdiri pada tahun 1924 ini berlokasi di persimpangan antara LaSalle Gardens dan Rosa Parks Boulevard.  

Kemajuan gereja ini mengikuti banyaknya jemaat lantaran berlokasi di area padat penduduk, di saat Detroit mengalami masa kejayaan. Namun, setelah terjadi kerusuhan rasial tahun 1967, gereja ini semakin sepi akibat banyaknya penduduk yang meninggalkan Detroit. 

Setelah tahun 1986, gedung ini sempat dijual tetapi karena tidak ada yang berminat untuk membeli, maka gereja ini berakhir terbengkalai. 

Itu tadi kesepuluh gedung-gedung megah di Detroit yang kosong dan terbengkalai selama bertahun-tahun. Sebenarnya sangat disayangkan apabila bangunan megah tersebut dibiarkan rusak begitu saja sehingga semoga bangunan-bangunan di atas bisa direvitalisasi dan dimanfaatkan kembali seperti sedia kala. 

 

Baca Juga: 5 Kebudayaan Kuno di Amerika Serikat, Warisan Penduduk Asli!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya