Comscore Tracker

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik Meksiko

Suguhkan berbagai destinasi wisata dengan beragam atraksi

Mazatlan merupakan salah satu kota di pesisir Pasifik Meksiko, yang masuk negara bagian Sinaloa. Kota besar yang berpenduduk lebih dari 500 ribu jiwa ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata tersohor di Negeri Sombrero. 

Kota pelabuhan ini juga kerap dikenal akan pantai berpasir putih yang cantik beserta destinasi wisata alam lainnya. Namun, di samping wisata alam kota ini juga memiliki destinasi wisata khas yang pastinya harus didatangi. 

Buat kalian yang ingin berkunjung dan merencanakan liburan ke Meksiko, maka beberapa tempat wisata di Mazatlan ini bisa menjadi referensi untuk kalian.  

1. Museo Arqueológico de Mazatlán

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoMuseo Arqueológico de Mazatlán (instagram.com/mazatlanesmitierra)

Museo Arqueológico de Mazatlán termasuk salah satu destinasi wisata yang sayang kalau dilewatkan ketika berkunjung ke Mazatlan. Sesuai namanya, museum ini menghadirkan berbagai macam peninggalan arkeologi pada masa pra Hispanik di Meksiko, terutama negara bagian Sinaloa. 

Sementara itu, bangunan museum ini menempati gedung tua yang sudah dibangun pada abad ke 19. Museum ini juga membentuk huruf L yang dilengkapi dengan ruang pameran yang cukup besar. 

2. Catedral Basílica de la Inmaculada Concepción

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoCatedral Basilica de la inmaculada Concepcion (instagram.com/depa.elcortez.mazatlan)

Catedral Basílica de la Inmaculada Concepción adalah bangunan gereja terbesar di Kota Mazatlan. Bangunan ini diperkirakan sudah didirikan sejak 1856 atas permintaan dari pastor Pedro Loza. Tapi pembangunannya sempat terhenti akibat unjuk rasa dan upaya Prancis untuk menjajah Meksiko. 

Selain itu, letak bangunan ini tepat berada di Plaza Machado yang dikenal sebagai titik pusat di Centro Historico Mazatlan. Di samping mengunjungi gereja ini, wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai bangunan kuno yang menghiasi area Centro Historico. 

3. Observatorio Mazatlán 1873

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoObservatorio Mazatlán 1873 (instagram.com/trojasmen)

Observatorio Mazatlán 1873 merupakan sebuah bangunan bekas observatorium yang digunakan oleh ilmuwan untuk mengamati kondisi seismologi dan meteorologi. Selain itu, bangunan ini juga digunakan militer sebagai titik pengamatan dan benteng perlindungan kota lantaran memiliki lokasi yang strategis. 

Observatorium yang terletak di ketinggian 75 meter dari permukaan laut ini sudah dirombak menjadi salah satu destinasi wisata di Mazatlan. Bahkan, di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang cantik disertai bangunan kuno yang eksotis. 

Baca Juga: 9 Makanan Meksiko Paling Populer di Indonesia, Pernah Coba Semua?

4. Cueva del Diablo

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoCueva del Diablo (instagram.com/vinoglauco)

Destinasi wisata menarik lain di Mazatlan tak lain adalah Cueva del Diablo atau Devil's Cave. Gua ini berlokasi di area Semenanjung Mazatlan dan persis berada di kaki Bukit Neveria yang menghadirkan pesona gua unik yang dihiasi dengan pintu berwarna merah dengan logo setan. 

Namun, hal yang paling menarik dari gua ini adalah berbagai legenda yang menyertai keberadaannya. Terdapat legenda lokal yang menyebut bila gua ini menjadi tempat dilepaskannya setan lantaran pernah ada yang mendengar suara aneh dari dalam gua. 

5. Teatro Ángela Peralta

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoTeatro Ángela Peralta (instagram.com/hi.im.yael)

Kemudian terdapat Teatro Ángela Peralta yang dikenal sebagai salah satu warisan budaya paling dikenal di Mazatlan. Sesuai namanya, bangunan tua ini dipergunakan sebagai gedung theater dan tempat pertunjukan seni di Mazatlan. 

Gedung theater ini sudah dibuka sejak 15 Februari 1874, tapi tak berselang lama mendapatkan pemugaran kembali di tahun 1881. Kemudian, tempat ini menjadi lokasi pertunjukan dari diva opera Meksiko bernama Angela Peralta. 

Setelah kematian Angela Peralta, gedung theater yang semula bernama Rubio Theater ini diubah menjadi Teatro Angela Peralta di tahun 1943. Akan tetapi, gedung ini pernah mengalami kerusakan berat imbas badai yang menhempas Mazatlan. 

6. El Faro Mazatlan

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoEl Faro Mazatlan (instagram.com/rulo_flako3)

El Faro Mazatlan termasuk salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika singgah di kota kedua terbesar di Sinaloa ini. Pasalnya, destinasi ini berada di ujung Semenanjung Mazatlan dan menghadirkan sejumlah atraksi yang seru. 

Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan cantik di jembatan kaca yang langsung menghadap ke pesisir laut. Tak ketinggalan El Faro juga meliputi area taman nasional sehingga pengunjung dapat berjalan-jalan sambil menikmati suasana alam.  

7. Museo La Mansión Pirata

7 Destinasi Wisata di Mazatlan, Kota Pelabuhan Cantik MeksikoMuseo La Mansión Pirata (instagram.com/mazatlaninteractivo_portal)

Terakhir, ada Museo La Mansión Pirata yang tergolong sebagai destinasi wisata baru di Mazatlan yang dibuka tahun 2021. Museum tematik ini menghadirkan koleksi beserta cerita sejarah bajak laut Inggris bernama Thomas Cavendish yang datang ke Pelabuhan Mazatlan pada tahun 1587. 

Di tempat ini juga menghadirkan aneka macam benda peninggalan bajak laut yang tersimpan rapi di dalam etalase. Di sisi lain, lokasi museum ini juga terletak di kawasan Centro Historico yang tak jauh dari Plaza Machado. 

Itu tadi ketujuh destinasi wisata wajib yang perlu dikunjungi ketika singgah di Mazatlan, Meksiko. Setelah melihat ulasan di atas, destinasi mana yang akan kalian kunjungi terlebih dahulu ketika berada di Mazatlan?

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Monterrey, Meksiko yang Menakjubkan!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya