Comscore Tracker

5 Fakta Rwanda, Negara Bekas Konflik yang Kini Jadi Teraman di Afrika 

Mind-blowing banget! 

Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui negara Rwanda. Negara yang terletak di Afrika bagian Timur ini hanya memiliki luas 26,338 km persegi dengan jumlah penduduknya yang mencapai 12 juta jiwa.

Selain itu, negara yang beribu kota di Kigali ini juga dulunya sempat menjadi koloni Jerman sebelum diambil alih oleh Belgia usai Perang Dunia I dan berhasil memerdekakan diri sejak tahun 1962. 

Pastinya negara kecil ini memiliki fakta unik yang tak kalah menarik untuk menambah wawasan kalian semua. Mau tahu apa saja faktanya? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini. 

1. Negara terkecil di Afrika sebelah timur

5 Fakta Rwanda, Negara Bekas Konflik yang Kini Jadi Teraman di Afrika britannica.com

Rwanda bisa dibilang merupakan negara yang 'dikunci' di Afrika Timur karena diapit oleh Republik Demokratik Kongo, Burundi, Uganda, dan Tanzania. Selain itu, negara ini jadi yang terkecil di Afrika sebelah timur dengan luasnya yang hanya 26,338 km persegi.

Bahkan luasnya lebih kecil daripada negara tetangganya Burundi yang mana dulunya Rwanda dan Burundi merupakan satu teritori di bawah koloni Belgia yang bernama Ruanda–Urundi. 

2. Salah satu negara pelopor konservasi lingkungan dengan melarang penggunaan plastik 

5 Fakta Rwanda, Negara Bekas Konflik yang Kini Jadi Teraman di Afrika instagram.com/_aesthetics.n_/

Salah satu hal yang menarik dari Rwanda adalah negara ini memprioritaskan konservasi lingkungan untuk mendukung kelestarian lingkungan. Salah satu buktinya adalah negara ini menjadi pelopor dalam melarang penggunaan plastik sekali pakai sejak tahun 2008 lalu. Kemudian kebijakan positif ini diterapkan di sejumlah negara Afrika lainnya, seperti Kenya, Maroko, Tanzania, dan lainnya.

Di samping itu, pemerintah Rwanda yang bekerjasama dengan NGO juga melakukan perlindungan ketat terhadap populasi gorila yang ada di Taman Nasional Virunga. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata di Rwanda Afrika, Traveling ala The Lion King!

3. Pariwisata jadi sektor dengan pertumbuhan terpesat di Rwanda  

5 Fakta Rwanda, Negara Bekas Konflik yang Kini Jadi Teraman di Afrika instagram.com/rwanda

Salah satu keunikan dari Rwanda adalah pariwisatanya yang sudah banyak dikenal dari keunikan budaya maupun alamnya. Tak heran apabila Rwanda memiliki kunjungan wisatawan yang cukup banyak dan sedang mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Daya tarik wisata di negara ini berupa bentang budaya dan alamnya yang meliputi keanekaragaman hayatinya. 

Selain itu, sektor pertanian juga jadi penopang ekonomi masyarakat di negara ini. Bahkan kopi di Rwanda dikenal sangat nikmat sama seperti kopi dari Brasil, Nicaragua, Kosta Rika, dan Ethiopia. 

4. Pernah terjadi kasus konflik berdarah yang merenggut jutaan jiwa 

5 Fakta Rwanda, Negara Bekas Konflik yang Kini Jadi Teraman di Afrika instagram.com/lalastravels/

Rwanda pernah dikenal luas karena terjadi peristiwa berdarah pada tahun 1994. Pada saat itu terjadi pembantaian ras atau genosida pada sukunya yang tinggal di sebelah selatan yakni Suku Tutsi, Hutu dan Twa.

Insiden berdarah ini terjadi di kota Nyamata dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa mencapai 500 ribu -1 juta jiwa. Selain itu, kejadian ini ditengarai adanya Perang Sipil yang sudah dimulai sejak akhir tahun 1990. 

5. Salah satu negara paling aman di Afrika bahkan dunia 

5 Fakta Rwanda, Negara Bekas Konflik yang Kini Jadi Teraman di Afrika Unsplash/Stuart Isaac Harrier

Meskipun dulunya sempat dirundung konflik berkepanjangan pada era 90an, tapi saat ini Rwanda jadi negara teraman di Afrika. Bahkan negara kecil ini menjadi salah satu negara teraman di dunia dan masuk peringkat 11 negara teraman di dunia. Situasi yang stabil dan sangat aman terbukti mampu menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke negeri ini. 

Itu tadi beberapa fakta menarik mengenai negara Rwanda yang merupakan negara mungil paling aman di Afrika. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua. 

Baca Juga: 5 Kota di Afrika Selatan yang Memikat dan Wajib Dikunjungi

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya