Comscore Tracker

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget 

St. Louis adalah kota indah di perbatasan Missouri-Illinois

St. Louis merupakan kota terbesar kedua di negara bagian Missouri, Amerika Serikat yang terletak di perbatasan Illinois. Kota besar ini didirikan oleh imigran asal Prancis di teritori Spanyol dan mengambil nama dari Raja Prancis bernama Louis IX of France.

Kota berpenduduk 300 ribu jiwa ini memiliki sejarah panjang dan sempat didapuk sebagai salah satu kota dunia usai menyelenggarakan Olimpiade 1904. Bahkan, kota ini menjadi awal mula eksplorasi Amerika Serikat ke barat setelah membeli wilayah Louisiana pada tahun 1803. 

Punya sejarah panjang, maka St. Louis juga memiliki berbagai bangunan peninggalan sejarah dan landmark yang unik. Berikut beberapa landmark di St. Louis yang perlu dikunjungi ketika singgah di AS. 

1. The Gateway Arch

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget The Gateway Arch di St. Louis (instagram.com/aimee.cole.16)

The Gateway Arch merupakan landmark kebanggaan Kota St. Louis yang sudah berdiri sejak 1965. Monumen megah ini terletak di tepi Sungai Mississippi dan bahkan telah menjadi simbol dari kota di perbatasan Missouri-Illinois ini. 

Selain itu, The Gateway Arch ini disebut sebagai monumen tertinggi yang didirikan oleh manusia di Amerika Serikat. Bangunan ini didirikan oleh arsitek Finlandia-Amerika bernama Eero Saarinen menggunakan bahan stainless steel.

Monumen ini menjadi penanda eksplorasi ke Barat yang dilakukan oleh Lewis dan Clark atas perintah eks Presiden Jefferson di tahun 1804. 

2. Old Court House

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget Old Court House St Louis (instagram.com/c.lachlanbaker)

Tak jauh dari The Gateway Arch, ada bangunan Old Courthouse yang masuk sebagai salah satu landmark utama di St. Louis. Bangunan megah ini sempat menjadi bangunan tertinggi yang dapat dihuni di Missouri pada tahun 1864-1894. 

Sesuai namanya, Old Courthouse yang letaknya di tengah kota ini dulunya merupakan kantor pengadilan di St. Louis. Kini, bangunan ini dijadikan sebagai salah satu bagian dari Gateway Arch National Park dan dipergunakan untuk acara tertentu dan pameran. 

3. Cathedral Basilica of St. Louis

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget Cathedral Basilica of St. Louis (instagram.com/schmiescary)

Cathedral Basilica of St. Louis merupakan gereja terbesar di St. Louis yang terletak di sekitaran area Central West End. Bangunan gereja ini dibangun untuk menggantikan gereja lama bernama Basilica of St. Louis, King of France yang berada di tepi Sungai Mississippi. 

Pembangunan bangunan megah ini membutuhkan waktu setidaknya tujuh tahun dan menjadi tempat ibadah utama bagi penganut agama Katolik di St Louis.

Cathedral Basilica of St. Louis juga memiliki interior yang sangat cantik disertai dengan museum di bagian basement

4. St. Louis Union Station

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget St. Louis Union Station (instagram.com/armaghanerehman)

St. Louis Union Station merupakan bangunan stasiun kereta api utama di St. Louis yang sudah berdiri sejak 1894. Bahkan, stasiun ini disebut sebagai salah satu stasiun terbesar di dunia dan di tahun 1940-an, stasiun ini sempat menampung 100 ribu penumpang dalam satu hari. 

Kini St. Louis Union Station tidak lagi dipergunakan sebagai tempat naik dan turunnya penumpang kereta api. Namun, digunakan sebagai pusat perbelanjaan dengan berbagai restoran beserta pusat hiburan. 

Baca Juga: 8 Bangunan Kosong di Gary-Amerika Serikat yang Ikonik

5. Chain of Rocks Bridge

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget Chain of Rocks Bridge (instagram.com/dmstriker1)

Chain of Rocks Bridge merupakan jembatan bersejarah di St. Louis yang membentang di atas Sungai Mississippi untuk menghubungkan ke Pulau Chouteau. Jembatan ini sudah berdiri sejak 1929 dan menjadi jalur utama bagi kendaraan bermotor di tengah Jalan Raya Rute 66 AS. 

Saat ini, Chain of Rocks Bridge  telah ditutup bagi kendaraan bermotor setelah dibukanya jembatan baru. Maka, jembatan ini hanya dipergunakan khusus untuk pejalan kaki dan pesepeda, sekaligus dijadikan sebagai salah satu objek wisata sejarah. 

6. Wainwright Building

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget Wainwright Building (instagram.com/benbaaske)

Wainwright Building adalah gedung perkantoran yang terletak di area pusat kota St. Louis yang dibangun antara tahun 1890-1891. Bangunan ini disebut sebagai bangunan pencakar langit pertama dan memiliki berbagai fasad unik khas awal abad ke 20. 

Wainwright Building dijadikan sebagai landmark utama di St. Louis dan menjadi awal mula bangunan modern yang ada di Amerika Serikat. Tak hanya itu saja, gedung ini juga menginspirasi bangunan tinggi yang terbuat dari baja. 

7. Anheuser-Busch Brewery

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget Anheuser-Busch Brewery (instagram.com/cleveland.anna)

Anheuser-Busch Brewery adalah kompleks industri pengolahan bir di St. Louis yang didirikan oleh imigran asal Jerman bernama Adolphus Busch. Bangunan ini sudah didirikan pada 1852 dan dijadikan sebagai salah satu landmark nasional di Amerika Serikat. 

Anheuser-Busch Brewery  memiliki luas 57 hektare yang didominasi oleh bangunan bergaya Romanesque yang sangat cantik. Di sini pengunjung juga dapat melakukan tur dan melihat proses pengolahan beserta sejarah bir di St. Louis. 

8. Christ Church Cathedral

8 Landmark di St. Louis, Amerika Serikat yang Megah Banget Christ Church Cathedral (instagram.com/debfene)

Terakhir, ada Christ Church Cathedral yang merupakan salah satu bangunan unik yang sudah berdiri sejak 1867. Gereja ini terletak di sekitaran pusat kota St. Louis dan menjadi salah satu peninggalan arsitek tersohor di abad ke 19 bernama Leopold Eidlitz. 

Christ Church Cathedral  mengadopsi gaya arsitek Gothic yang memiliki ciri khas tersendiri dan sudah dijadikan sebagai landmark nasional sejak 1994. Namun, gereja ini sempat mendapatkan renovasi antara tahun 1961-1963. 

Itu tadi beberapa landmark di St. Louis yang pastinya menarik banget untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Buat kalian yang sedang berkunjung ke Amerika Serikat, pastikan datang ke sini.

Mana nih yang menurut kalian paling cantik?

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Nashville, Kota Musik Amerika Serikat

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya