Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Isle of Man, Inggris

Unik banget destinasi wisatanya

Isle of Man menjadi pulau di Britania Raya yang terletak di tengah Laut Irlandia, berada di antara Pulau Irlandia dan Pulau Britania. Pulau yang memiliki luas 572 km persegi ini mempunyai populasi penduduk sebesar lebih dari 83.000 jiwa.

Selain itu pulau ini, sudah dihuni sejak 6500 Tahun Sebelum Masehi, yang mana membuat pulau ini menyimpan berbagai jejak peradaban kuno Viking di Inggris. Serta terdapat beragam wisata lain yang pastinya membuat liburanmu semakin berkesan. 

Maka dari itu, buat kalian yang akan liburan ke Inggris, wajib banget pantengin beberapa spot wisata di Isle of Man berikut ini.

1. The Laxey Wheel

5 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Isle of Man, Inggrisflickr.com

The Laxey Wheel atau Lady Isabela Wheel merupakan salah satu tempat wisata menarik yang berlokasi Desa Laxey di sebelah timur Isle of Man. Bangunan ini merupakan kincir air terbesar yang pernah ada di Dunia, dengan diameter mencapai 22.1 meter dan lebar 1.8 meter.

Kincir ini sudah didirikan sejak tahun 1854, dan dirancang oleh Robert Casement untuk mengalirkan air ke dalam tambang di Laxey. Saat ini bangunan tersebut dikelola oleh Manx National Heritage dan dijadikan sebagai cagar budaya.

2. Peel Castle

5 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Isle of Man, Inggrisflickr.com

Peel Castle menjadi bangunan bersejarah di Isle of Man, tepatnya berlokasi di St.Patrick of Isle, Peel. Kastil ini merupakan bekas peninggalan Viking yang dibangun pada abad ke 11 Masehi, yang mana pada saat itu diperintah oleh Raja Magnus Barefoot.

Kemudian, pada tahun 1860 kastil ini selesai dipugar dan dikelola oleh Manx National Heritage yang dibuka untuk pengunjung saat musim panas. Kastil ini berada di pulau tersendiri dengan bangunan yang langsung menghadap ke laut dengan pemandangan indah dan memiliki bentuk bangunan yang sangat cantik.

Baca Juga: 10 Kastil Terbaik di Inggris, Megah dengan Aura Mistis yang Kental!

3. Castle Rushen

5 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Isle of Man, Inggrisflickr.com/photos/sic_itur_ad_astra

Selanjutnya terdapat Castle Rushen yang terletak di Kota Castletown, di mana letaknya tepat di ujung selatan Isle of Man. Selain itu, letak kastil ini tidak jauh dari pelabuhan, serta memiliki arsitektur khas abad pertengahan yang dipergunakan untuk pusat edukasi dan museum.

Kastil ini juga sudah dibangun sejak abad ke-16 dan beberapa kali penggunaannya diganti, baik untuk militer maupun non-militer. 

4. The Braaid

5 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Isle of Man, Inggrisflickr.com/photos/jamesstringer/

The Braaid menjadi destinasi wisata sejarah di Isle of Man yang berlokasi di tengah pulau, tepat berada di Marown. Tempat ini menyajikan peninggalan peradaban Zaman Batu dan Viking, dengan bentuk batuan yang sangat indah. Peninggalan batuan di sini membentuk rumah bundar dan rumah panjang, tapi hanya bersisa batuannya saja.

5. Calf of Man

5 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Isle of Man, Inggrisphotographers-resource.co.uk

Calf of Man menjadi tempat menarik yang berlokasi di barat daya Isle of Man. Tempat ini merupakan pulau seluas 250 ha dengan ketinggian sampai 126 meter, serta menghadirkan pemandangan alam hamparan rumput hijau indah dan langsung menghadap ke laut.

Selain itu, terdapat dua mercusuar yang sudah dibangun sejak tahun 1818 oleh Robert Stevenson, sebagai peringatan untuk kapal agar menghindari area Chicken Rocks. Di samping itu terdapat pemandangan burung Manx shearwater yang berkembang biak dan berhabitat di pulau ini.

Itu dia tempat wisata menarik di Isle of Man yang pastinya gak boleh kamu lewatkan ya.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Istana Buckingham, Kediaman Para Ratu Inggris 

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You