Comscore Tracker

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di Kudus

Bisa menambah pengetahuan tentang hewan purba juga lho

Hayo siapa yang engak tahu soal kota Kudus? Secara harafiah, kota Kudus berarti kota suci. Kota Kudus sendiri terletak di Jawa Tengah yang juga terkenal sebagai kota rokok kretek.

Nah, setiap kota pasti punya tempat wisatanya, tak terkecuali Kudus. Ada banyak tempat wisata alam maupun wisata sejarah keren yang bisa kamu lihat di sini. Apa saja?

1. Museum Kretek

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di KudusInstagram.com/kudus_explore

Tak sah sepertinya jika sedang berada di julukan kota kretek tapi tak mengunjungi museumini. Kamu bakal disuguhkan tentang sejarah asal usul berkembangnya rokok yang ada di kota kudus. Ada berbagai jenis rokok yang ditampilkan, begitu pula tentang proses produksinya.

Satu hal yang menarik lagi, biaya masuk ke museum murah banget guys! Kamu cukup membayar Rp1.500 untuk hari biasa dan Rp2.000 untuk akhir pekan. Sementara kalau kamu ingin menikmati waterboom, bisa membayar sebesar Rp15.000 bagi orang dewasa dan anak hanya Rp5.000 saja. Murah banget!

Museum Kretek buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

2. Kampung Sawah

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di KudusInstagram.com/nani_dnd_shop

Sepintas mungkin tak ada yang istimewa dari tempat ini. Namun anggapan itu bakal berubah saat kamu menikmati menu makanannya. Ya, tak hanya ikan bakarnya, di sini juga ada berbagai macam olahan tutut sawah yang enak, gak kalah sama cita rasa sea food yang biasa kamu makan kok.

Berwisata ke Kampung Sawah bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin mencoba cita rasa dari keong sawah. Harganya pun gak begitu mahal yaitu hanya Rp9.000 per porsinya.

3. Museum Purbakala Situs Pati Ayam

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di KudusInstagram.com/kuthokudus

Kamu bisa mengenal sejarah peradaban purba di Museum Purbakala Situs Pati Ayam. Ada berbagai macam artefak dan fosil yang bisa kamu temui di sini. Makin asyik juga karena tempatnya gak jauh-jauh amat dari pusat kota Kudus yaitu sekitar 30 menit saja.

Nah buat kamu yang ingin berkunjung ke sini, letak museum ini ada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus dan buka dari jam 8 pagi sampai 4 sore serta harga tiketnya hanya Rp5.000.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Soto Kerbau di Kudus, Rasa Gurih Kuahnya Maknyus

4. Waduk Logung

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di KudusInstagram.com/coxiucox

Waduk Logung berada di perbatasan Desa Kandangmas dan Desa Tanjungrejo yang berjarak kurang lebih 23 menit dari kota kudus. Seperti namanya, kamu bakal dipameri pemandangan waduk yang luas dan tatanan yang apik.

5. Museum Jenang

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di KudusInstagram.com/nisniatana

Sebelum pulang, mampir juga ke museum jenang. Letaknya ada di atas pusat oleh-oleh jenang mubarok. Jadi sambil membeli oleh-oleh, kamu juga bisa membaca sejarah pembuatan jenang lho. Menariknya lagi, untuk masuk ke sini tak dipungut biaya.

Tempatnya pun gak sulit dicari karena terletak di Desa Barongan dan cukup 5 menit waktu tempuhnya dari alun-alun kota Kudus.

6. Air Terjun Montel

Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di KudusInstagram.com/kulinerkotakudus

Air terjun yang berada di kawasan Gunung Muria ini terletak tak begitu jauh dari makam Sunan Muria. Karena punya air yang sejuk, maka enak banget buat merelaksasi badan setelah menempuh jarak 300 meter dari loket masuk dengan jalan kaki.

Tiketnya pun murah. Hanya dengan uang Rp7.500, kamu sudah bisa menikmati pemandangan asri pas menuju ke air terjun. Kalau belum puas, kamu bisa lebih naik lagi untuk mencicipi Air Terjun Tiga Rasa.

Bagaimana, destinasi wisata di atas cukup mengasyikkan bukan?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dikenal Paling Horor di Jawa Timur, Berani ke Sini?

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya