Comscore Tracker

5 Danau Cantik di Mongolia, Pemandangannya Siap Menghipnotis!

Jangan lewatkan saat kamu ke Mongolia

Keindahan alam liar Mongolia telah mengundang banyak wisatawan asing untuk berlibur ke negara yang terletak di Asia Timur tersebut. Wilayah Mongolia didominasi oleh padang pasir yang luas sehingga dapat dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menunggang kuda. Selain itu, terdapat juga puluhan danau-danau memukau yang menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler.

Menjadi destinasi wisata alam yang cocok dikunjungi bersama orang-orang terdekat saat liburan, inilah deretan danau cantik yang ada di Mongolia.

1. Danau Khar Us

5 Danau Cantik di Mongolia, Pemandangannya Siap Menghipnotis!Danau Khar Us (instagram.com/sayko0303)

Danau Khar Us terletak di Provinsi Khovd yang untuk menuju ke sana harus menempuh perjalanan 35 kilometer dari ibukota Ulaanbaatar. Dengan luas perairan 1,578 kilometer persegi membuat danau ini masuk dalam daftar danau terbesar di Mongolia.

Dilansir laman Toursmongolia, yang menjadi daya tarik utama dari Danau Khar Us adalah terdapatnya 10 pulau di tengah danau yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Sedangkan waktu terbaik untuk berkunjung ke danau Khar Us saat musim dingin. Hal ini dikarenakan wisatawan akan dapat menyaksikan festival budaya yang diselenggarakan oleh penduduk lokal di sekitar danau.

2. Danau Khyargas

5 Danau Cantik di Mongolia, Pemandangannya Siap Menghipnotis!Danau Khyargas (instagram.com/maralleo)

Keindahan Danau Khyargas membuat tempat ini sering dikunjungi oleh para fotografer profesional. Salah satu aktivitas paling favorit yang sering dilakukan para pengunjung di tempat ini adalah memancing dikarenakan terdapat banyak spesies ikan yang hidup di dalam danau Khyargas di antaranya ikan ruff, osman, yellow, dan lain-lain.

Selain itu, kualitas air di Danau Khyargas yang terlihat bersih dan jernih. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang.

Di sekitar Danau Khyargas juga terdapat banyak tebing bebatuan yang menjulang tinggi sehingga menyajikan pemandangan alam yang memukau.

Baca Juga: 5 Fakta Mongolia, Negara yang Penduduknya Hidup secara Nomaden

3. Danau Khuvgul

5 Danau Cantik di Mongolia, Pemandangannya Siap Menghipnotis!Danau Khuvgul (instagram.com/altaiexpeditions)

Danau Khuvgul dinobatkan sebagai danau air tawar terbesar di Mongolia yang terletak di dekat perbatasan dengan negara Rusia.

Dilansir laman Amicusmongolia, danau ini hanya berjarak 200 kilometer dari danau Baikal yang merupakan danau air tawar tebesar di dunia yang berada di wilayah Rusia. Hal inilah yang membuat kedua danau tersebut dijuluki sister lake.

Sebagian besar masyarakat Mongolia sangat bergantung pada air di Danau Khuvgul untuk menopang kehidupan mereka. Danau Khuvgul juga masuk tujuh belas danau paling kuno di dunia yang berusia lebih dari dua juta tahun.

4. Danau Khagiin Khar

5 Danau Cantik di Mongolia, Pemandangannya Siap Menghipnotis!Danau Khagiin Khar (instagram.com/bellaule)

Letak Danau Khagiin Khar sangat terpencil yakni berada di dekat hutan belantara di kawasan lindung Khan Khentii. Dengan begitu, tempat ini menawarkan suasana yang lebih tenang dan damai sehingga cocok dijadikan destinasi wisata alam untuk menenangkan pikiran.

Dikarenakan Danau Khagiin Khar berada di dekat hutan, maka kamu akan dapat menjumpai berbagai jenis hewan-hewan liar seperti kijang, serigala, beruang, lynx, dan masih banyak lagi. Aliran danau ini mengalir ke beberapa sungai dan berujung ke Samudra Arktik.

5. Danau Ugii

5 Danau Cantik di Mongolia, Pemandangannya Siap Menghipnotis!Danau Ugii (instagram.com/equinoxomega)

Di samping menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Danau Ugii menjadi habitat lebih dari 150 spesies burung air yang hidup di sekitarnya. Beberapa spesies burung langka yang dapat kamu lihat di area Danau Ugii di antaranya spoonbill hingga dalmatian pelikan.

Faktor inilah yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta burung dari seluruh dunia. Di dekat danau Ugii juga terdapat pusat penelitian burung air yang berperan penting untuk pengembangbiakan burung air yang terancam punah.

Nah, itulah beberapa destinasi danau paling terkenal yang terdapat di wilayah Mongolia. Sebagian besar danau-danau yang ada di Mongolia masih sangat terjaga kelestarian alamnya.

 

Baca Juga: 8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutra

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya