Comscore Tracker

5 Museum Menarik di Kota Riyadh yang Dapat Dikunjungi, Destinasi Seru!

Berwisata sekaligus belajar sejarah Riyadh

Sebagai ibu kota dari negara Arab Saudi, Kota Riyadh menjadi destinasi utama bagi turis mancanegara untuk menghabiskan liburan. Berbagai tempat menarik dapat dikunjungi di Kota Riyadh mulai dari pusat perbelanjaan, wisata religi hingga museum-museum yang dapat menambah wawasan. Kebanyakan dari museum tersebut memiliki suasana yang nyaman sehingga membuat betah para pengunjung untuk berlama-lama.

Dengan berbagai jenis koleksi barang unik dan langka bahkan ada yang berusia hingga ribuan tahun, inilah 5 museum terbaik yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di Kota Riyadh.

1. Antiquities Museum

5 Museum Menarik di Kota Riyadh yang Dapat Dikunjungi, Destinasi Seru!Antiquities Museum (visitsaudi.com)

Antiquities Museum terletak di King Saud University yang merupakan universitas tertua di negara Arab Saudi.

Dilansir laman Theculturetrip, Antiquities Museum menyimpan berbagai benda bersejarah yang berhasil dikumpulkan oleh para peneliti atau tim arkeologi dari King Saud University. Di tempat ini, para pengunjung dapat melihat berbagai koleksi artefak, koin-koin kuno, patung dan masih banyak lagi yang berasal dari zaman Romawi dan Hillenic.

Pada awalnya, hanya para akademisi, arkeologi dan peneliti yang diperbolehkan untuk memasuki Antiquities Museum. Namun sekarang, museum ini telah bisa dikunjungi untuk umum sebagai tempat wisata.

2. Masmak Museum

5 Museum Menarik di Kota Riyadh yang Dapat Dikunjungi, Destinasi Seru!Masmak Museum (visitsaudi.com)

Dulunya Masmak Museum merupakan sebuah benteng yang menjadi salah satu bangunan terbesar di kota Riyadh.

Bangunan ini dibuat pada tahun 1895 oleh Abdulrahman ibn Sulaiman dengan menggunakan material yang tidak biasa seperti batu bata lumpur, tanah liat, dan jerami. Walaupun dibangun dengan material sederhana namun bangunan ini telah teruji kekuatan dan ketahanannya.

Pada tahun 1995, tempat ini diubah menjadi museum yang di dalamnya memamerkan barang-barang antik, foto, lukisan serta berbagai senjata tradisional yang digunakan oleh suku-suku di Arab Saudi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

3. Saqr Al-Jazeera Aviation Museum

5 Museum Menarik di Kota Riyadh yang Dapat Dikunjungi, Destinasi Seru!Saqr Al-Jazeera Aviation Museum (travelcoffeehot.com)

Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu astronomi maka Saqr Al-Jazeera Aviation Museum wajib untuk dimasukan di dalam daftar liburanmu di kota Riyadh. Tempat ini didedikasikan untuk Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud yang merupakan astronot muslim pertama yang menjelajahi luar angkasa.

Di dalam bangunan, para pengunjung dapat melihat berbagai model pesawat, pakaian antariksa serta dokumentasi gambar dan audiovisual selama perjalanan di luar angkasa. Namun ada prosedur yang harus kamu penuhi terlebih dahulu sebelum mengunjungi Saqr Al-Jazeera Aviation Museum.

4. National Museum

5 Museum Menarik di Kota Riyadh yang Dapat Dikunjungi, Destinasi Seru!National Museum (mtarch.com)

National Museum berlokasi di King Abdulaziz Historical Centre di kota Riyadh. Dilansir dari laman Whatsonsaudiarabia, bangunan museum ini berdiri di atas lahan seluas 28.000 meter persegi yang hanya terdiri dari dua lantai. Pengunjung dapat mempelajari berbagai hal di sini, mulai dari seni, sejarah, budaya hingga replika bangunan arab kuno.

National Museum terdiri dari delapan galeri dengan bentuk pameran yang terlihat interaktif.

Tempat ini buka setiap hari di mana setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 10 Riyal atau setara dengan 38 ribu rupiah.

5. Al Faisal Arabic and Islamic Arts Museum

5 Museum Menarik di Kota Riyadh yang Dapat Dikunjungi, Destinasi Seru!Al Faisal Arabic and Islamic Arts Museum (kfcris.com)

Pembangunan dari Al Faisal Arabic and Islamic Arts Museum bertujuan sebagai tempat penelitian tentang sejarah Islam dari berbagai hal. Kamu dapat menemukan berbagai benda-benda bersejarah di tempat ini seperti karya seni Arab-Islam yang langka, peralatan perang, karya sastra, koin hingga peralatan rumah tangga kuno.

Terdapat juga banyak manuskrip Al-Qur'an yang terlihat unik dan menarik. Al Faisal Arabic and Islamic Arts Museum terletak di jalan Al-Olaya, Riyadh dan para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk ke dalam museum ini.

Nah, itulah beberapa museum menarik yang patut dikunjungi saat berlibur di Kota Riyadh. Pastinya mengunjungi museum tersebut akan lebih seru jika bersama keluarga atau teman-teman.

 

Baca Juga: 5 Hidangan Tradisional Khas Arab Saudi Paling Populer, Rasa Autentik!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya