Comscore Tracker

Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-India

Berwisata seru sembari mencari ilmu

Di New Delhi, India, terdapat banyak sekali museum yang dapat dijumpai. Setiap museum mempunyai daya tarik tersendiri dengan memamerkan koleksi benda yang berbeda-beda.

Bahkan, sebagian besar museum tetap memberikan informasi yang berkaitan dengan sejarah India, lho. Mulai dari di bidang sejarah, seni, budaya hingga masih banyak lagi.

Dapat dijadikan destinasi yang seru bersama keluarga dan teman, berikut lima wisata museum terbaik yang bisa kamu kunjungi di New Delhi, India. Semuanya edukatif!

1. National Museum

Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-IndiaNational Museum (instagram.com/rodesandraa)

National Museum didirikan pada 15 Agustus 1949 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan India. Museum ini jadi kebanggaan dari warga New Delhi. Dilansir Tripsavvy, di dalam bangunan ini terdapat lebih dari 210.000 benda warisan budaya masyarakat India.

Beragam benda unik ada di sini, seperti patung, karya-karya seni, koin dan lain-lain. Hampir semua koleksi berusia hingga ribuan tahun.

Untuk memasuki National Museum, pengunjung harus membeli tiket masuk dengan harga berbeda-beda. Sebesar 20 Rupee bagi wisatawan lokal dan 650 Rupee untuk wisatawan asing.

2. National Craft Museum

Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-IndiaNational Craft Museum (instagram.com/sylph_nympha)

Untuk berkeliling National Craft Museum, dibutuhkan tenaga ekstra. Sebab, konsep dari museum ini mirip pedesaan dipenuhi bangunan tradisional. Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat kerajinan di setiap daerah di India sebanyak 33.000 koleksi.

Di sekitar museum juga banyak para pedagang menjual berbagai jenis kerajinan lokal yang dapat dijadikan oleh-oleh. National Craft Museum dikelola Kementerian Budaya India dengan tujuan memperkenalkan budaya serta tradisi masyarakat India kepada wisatawan.

3. National Railway Museum

Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-IndiaNational Railway Museum (instagram.com/prathameshdutta2005)

National Railway Museum sangat cocok dikunjungi bersama anggota keluarga. Museum ini menampilkan beberapa jenis koleksi yang berhubungan dengan perjalanan sejarah transportasi kereta api di India.

Kamu bisa melihat lokomotif antik, gerbong-gerbong, kereta lapis baja, serta beberapa dokumen, seperti foto-foto. Selain itu, kamu juga bisa mengemudikan simulator kereta api secara virtual, lho. Seru banget, kan?

Baca Juga: 5 Wisata Museum di Kobe-Jepang yang Asyik untuk Dikunjungi

4. Sulabh International Museum of Toilets

Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-IndiaSulabh International Museum of Toilets (instagram.com/kristyrebecca)

Jika kamu ingin mengunjungi tempat antimainstream di New Delhi, maka Sulabh International Museum of Toilets dapat dijadikan rekomendasi yang tepat. Dilansir The Culture Trip, museum ini termasuk dalam daftar museum paling unik di dunia.

Bangunan ini memajang berbagai bentuk, desain, serta perkembangan dan inovasi toilet dari seluruh dunia. Tujuan dari pembuatan museum ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat India tentang masalah sanitasi.

5. National Gandhi Museum

Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-IndiaNational Gandhi Museum (instagram.com/lunabluephoto)

Perjalanan dari pembentukan India sebagai negara demokrasi tidak terlepas dari sosok Mahatma Gandhi yang dijuluki The Father of Nation. National Gandhi Museum didedikasikan untuk Mahatma Gandhi.

Bangunan ini memajang segala benda dan informasi seputar Mahatma Gandhi, seperti artefak serta barang-barang pribadi milikinya. Bahkan, museum ini juga memiliki sisa tubuh dari Mahatma Gandhi, seperti gigi dan rambut, lho.

Beberapa museum menarik di atas patut untuk kamu kunjungi saat berwisata ke New Delhi, India. Beragam benda koleksi yang dipajang bakal membuatmu terpana, deh. Museum mana dulu yang pengin kamu datangi?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengar

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya