Comscore Tracker

Legendaris dan Misterius, 5 Destinasi Wisata Ini Ada di Sumatera Barat

Sesekali tak ada salahnya untuk uji nyali

Sumatra Barat menawarkan pesona keindahan wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya. Mulai dari wisata kebudayaan, alam, religi hingga wisata misteri bisa kamu temukan di Sumatra Barat. 

Ketika berwisata ke daerah yang satu ini, tentunya kamu tidak hanya disuguhi dengan keindahan pemandangan ataupun tempat saja. Namun kamu juga bisa menguji adrenalin dengan mengunjungi wisata legendaris yang dikenal sebagai tempat misterius dan berbau horor. 

Penasaran kan tempatnya di mana? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Wisata Bukit Batu Runciang

Legendaris dan Misterius, 5 Destinasi Wisata Ini Ada di Sumatera BaratInstagram.com/runasyaheselfitra

Bukit Batu Runciang yang ada di Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Wisata alam yang berbentuk batu kapur dan koral dengan bentuk yang runcing ini bisa menghasilkan foto yang sangat instagenic. 

Namun kamu harus tahu wisata yang satu ini bukan hanya menawarkan keindahan, melainkan ada sisi misteriusnya. Dikatakan misterius karena bukit ini dipenuhi dengan tulang belulang manusia. 

Bukit Batu Runciang ini menghubungkan Kayu Tanam dengan Padang Panjang yang melintasi Bukit Barisan menuju Minangkabau. Konon kisah orang-orang yang mendaki bukit ini mengalami hal yang sangat tragis. Orang dari pesisir yang pergi menuju Minangkabau mengalami kejadian perampokan dan pembunuhan.

Mayat yang dibunuh ditinggalkan begitu saja di bukit atau dilempar di sekitar batu. Ahkirnya Bukit Batu Runciang ini sering disebut "Tambun Tulang".

2. Museum Lubang Tambang Mbah Soero

Legendaris dan Misterius, 5 Destinasi Wisata Ini Ada di Sumatera BaratIndonesia.go.id

Museum Lubang Tambang Mbah Soero merupakan pertambangan yang pertama kali beroperasi pada masa penjajahan Belanda 1898. Tambang Mbah Soero ini menjadi tempat sejarah yang menjadi saksi kekejaman kolonial Belanda. 

Pada masa penjajahan, orang-orang yang bekerja di pertambangan ini merupakan tahanan politik sehingga dipaksa bekerja dengan kondisi leher, tangan dan kaki dalam keadaan terantai. 

Tambang yang sudah tua ini dibuka untuk berwisata meski dengan panjang hanya sekitar 186 meter. Kamu bisa bebas menjelajahinya dengan fasilitasi ventilasi, tangga, lampu dan besi untuk pegangan ketika melakukan perjalanan.

Bulu kuduk akan merinding jika kamu membayangkan betapa kejamnya pekerjaan paksa yang dilakukan pada masa kolonial dengan kondisi lubang lumayan gelap dan udara yang lembap. 

Baca Juga: 10 Pesona Alam Lembah Bakkara di Sumatra Utara yang Mirip Norwegia

3. Goa Jepang

Legendaris dan Misterius, 5 Destinasi Wisata Ini Ada di Sumatera BaratInstagram.com/imajinisme

Selain Bandung, Sumatra Barat juga memiliki sejarah Goa Jepang. Sejarah kedua tempat ini juga memiliki hal misterius dan penuh kekejaman. Goa yang dibangun oleh Jepang ini misalnya digunakan sebagai tempat pengintaian dan eksekusi mati. Pada masa pembangunannya, ribuan pendudukmeninggal dunia karena dipekerjakan secara paksa. 

Area goa yang paling tragis dikenal adalah ruang dapur. Dengan ukuran dapur yang cukup luas, tempat ini dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan tempat memutilasi tubuh para tawanan perang. Duh seram ya!

Dari berukuran 1, 5 kilometer, pengunjung hanya bisa menjelajahi goa dengan panjang hanya sekitar 750 m saja. Tidak perlu khawatir dengan ukuran ini karena kamu tetap akan merasa puas melihat seisi goa yang penuh dengan nuansa penjajahan. 

4. Danau Singkarak

Legendaris dan Misterius, 5 Destinasi Wisata Ini Ada di Sumatera BaratInstagram.com/ir_n_ar_f_n

Danau Singkarak adalah danau terluas kedua setelah danau Toba. Sama halnya dengan danau Toba, danau Singkarak juga memiliki keindahan yang sangat istimewa mulai dari kejernihan danau, pesona sunset, dan fasilitas yang disediakan. 

Selain menawarkan keindahan, danau Singkarak memiliki banyak hal misterius dan angker. Hal misterius yang terkenal di lokasi ini adalah terkait dengan terowongan yang menghubungkan danau Singkarak dengan danau Maninjau. 

Masyarakat setempat mengatakan bahwa setiap ada orang hilang di Singkarak akan muncul di Maninjau dan sebaliknya. Jika tidak muncul di ke dua danau, maka orang hilang tersebut dipercaya sebagai korban tumbal. 

5. Jam Gadang, landmark kota Bukittinggi

Legendaris dan Misterius, 5 Destinasi Wisata Ini Ada di Sumatera BaratInstagram.com/vita_intan

Jam Gadang dibangun tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Jam ini merupakan sebuah hadiah yang diberikan kepada sekretaris kota dari Ratu Belanda.

Pembangunan Jam Gadang terbilang sangat unik karena struktur bangunannya menggunakan kapur, putih telur dan pasir putih. Putih telur ini dahulu dipercaya mempunyai zat perekat yang kuat. Terbukti hingga sekarang Jam Gadang ini masih berdiri, meskipun banyak hal yang sudah diperbaiki akibat gempa. 

Jam Gadang yang usianya sudah puluhan tahun ini memiliki misteri tentang orang yang dijadikan tumbal saat pembangunannya. Suatu hal yang hingga saat ini beredar di legendaSumatra Barat adalah penulisan angka romawi IV di jam ditulis dengan IIII. Penduduk setempat menganggap bahwa penulisan ini sangat janggal dalam penulisan Romawi. Hingga pada akhirnya masyarakat menyimpulkan sebagai 4 jumlah korban yang dijadikan tumbal. 

Nah itulah lima tempat wisata yang ada di Sumatra Barat yang hingga saat ini menyimpan banyak hal misteri. Meskipun kelima tempat wisata ini memiliki cerita misteri, namun tak ada salahnya jika kamu mengunjunginya.

Baca Juga: Lezat dan Menggoda, Ini 7 Resep Makanan Khas Pulau Sumatra

Cahaya Padang Photo Writer Cahaya Padang

We have only today, Let us begin!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya