Comscore Tracker

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!

Instagenic dengan pemandangan sunset yang indah

Samarinda yang terletak di Kalimantan Timur menawarkan banyak pesona keindahan alam, mulai dari tempat wisata rekreasi, sejarah, dan budaya. 

Nama Samarinda sendiri berasal dari kata "sama rendah" yang diambil dari kondisi permukaan Sungai Mahakam yang posisinya sama rendah dengan daratan kota di sekitarnya. 

Nah, untuk kamu yang doyan traveling maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Samarinda yang menyimpan banyak destinasi wisata berikut ini.

1. Waduk Benanga

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/kayoe_ulin7

Waduk Benanga terdapat di Lempake, Samarinda Utara, Kota Samarinda. Keindahan pemandangan hutan dan rawa di sekeliling waduk yang masih sangat alami bisa mamanjakan mata dan menenangkan hati. 

Luasnya permukaan air waduk menjadikan waduk Benanga menjadi hijau yang menawan. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang traveling on budget karena tidak ada biaya untuk masuk ke sini.

2. Air Terjun Pinang Seribu

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/visit_samarinda

Air terjun Pinang Seribu sangat mudah dijangkau karena dekat dengan pusat Kota Samarinda. Persis berada di kawasan Bangkuriang, air terjun Pinang Seribu menawarkan pesona keindahan alam yang masih alami. 

Ketika mengunjungi wisata ini, kamu bisa melakukan banyak hal seperti bermain sepeda air, flying fox, santai di pendopo, dan menikmati spot-spot foto yang instagenik. Tiket bermainnya juga sangat murah sekitar Rp20.000. 

 

3. Tepian islamic center

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/dingsanak

Islamic Center Samarinda merupakan masjid terbesar ke-2 di Asia. 

Jika berada di Islamic Center Samarinda, kamu akan menikmati pemandangan tepian yang menarik, apalagi di saat matahari terbenam. Hasil foto kamu akan sangat instagenik jika mendapatkan momen matahari terbenam dengan view keindahan danau yang luar biasa.

Selain view sunset, kamu juga bisa berfoto di depan bangunan masjid yang sangat estetik dan ciamik. 

Baca Juga: Yuk Nyemil! 5 Jajanan Mall Samarinda Central Plaza yang Menggiurkan

4. Jembatan Mahakam

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/dhannyks

Jembatan Mahakam merupakan sebuah jembatan yang dibangun di atas alur Sungai Mahakam yang menghubungkan kawasan Samarinda kota dengan wilayah kecamatan Samarinda Seberang. Jembatan Mahakam ini juga menjadi ikon kota Samarinda.

Selain menjadi spot foto yang menarik, di perairan sungai Mahakam juga terdapat kapal wisata yang bisa mengantarkanmu wisata berkeliling sungai Mahakam.

5. Bukit Berambay dan air terjun

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/ydikurniawan

Jika suka berpetualangan, Bukit Berambay dan air terjunnya menjadi tujuan wisata yang bisa kamu datangi.

Ketika melakukan perjalanan ke Bukit Berambay, kamu akan menemukan banyak pohon dengan warna daun yang sangat unik. Di sekitar bukit kamu bisa berfoto ria untuk menghasilkan foto yang sangat instagenic. 

Lelah berkeliling bukit Berambay, kamu bisa bersantai sejenak menikmati udara yang masih segar atau berenang sepuasnya di bawah air terjun.

6. Bukit Batu Putih

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/emyusuf11

Selain air terjun dan keindahan jembatan Sungai Mahakam, kota Samarinda juga memiliki tempat wisata bernama Bukit Batu Putih. Tak hanya untuk berolahraga, kamu pun bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari sini.

7. Pulau Beras Basah

7 Keindahan Wisata di Samarinda yang Lagi Hits, Yuk Kunjungi!Instagram.com/pulausegajah_wisatabontang

Dari Kota Samarinda dibutuhkan waktu tempuh 3 jam untuk sampai ke Pulau Beras Basah. Pulau Beras Basah berada di Bontang, tepatnya di Selat Makassar. Meskipun membutuhkan waktu lama dalam perjalanan dari Kota Samarinda, indahnya pemandangan pasir putih dan air jernih berwarna biru akan membuat kamu melupakan lamanya perjalanan. 

Selain keindahan pasir putih, Pulau Beras Basah juga memiliki keindahan bawah laut yang harus kamu saksikan. Untuk menikmatinya, kamu bisa snorkeling.

Pulau Beras Basah ini masih tak berpenghuni dan bersih. Jadi jika ingin mengunjungi pulau ini kamu harus menjaga kebersihan pulau dan pemandangan bawah lautnya.

Itulah beberapa destinasi wisata Samarinda yang menunggu untuk kamu eksplorasi. Selamat berpetualang!

Baca Juga: 10 Sambal Khas Kalimantan yang Pedasnya Menggigit Banget, Pernah Coba?

Cahaya Padang Photo Writer Cahaya Padang

We have only today, Let us begin!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya