Comscore Tracker

5 Destinasi Terindah di Yordania, Ada Tempat Syuting 'The Martian' Lho!

#Travel Gak bakalan lengkap berlibur ke Yordania kalau belum ke sini!

Merupakan salah satu negara kaya yang berada di wilayah Timur Tengah, Yordania adalah negara yang kerap menjadi favorit destinasi bagi para turis saat ke Timur Tengah. Mulai dari wisata religi hingga sekedar untuk merasakan kehidupan middle east, ada begitu banyak spot menarik dan indah yang menjadi favorit saat berlibur kesana sekaligus menghapus persepsi banyak orang akan kehidupan di Timur Tengah yang seringnya identik dengan kekerasan, mengingat negara Yordania terletak diantara konflik berdarah Palestina dan Israel.

Dikenal dengan warganya yang ramah dan kehidupan disana yang tenang, kamu wajib untuk berlibur ke negara yang secara resmi dijuluki sebagai Kerajaan Hasyimiyah Yordania ini. Di bawah ini ada 5 tempat rekomendasi untukmu yang gak boleh kamu lewatkan dan dijamin bakal berikan pengalaman terbaik!

1. Petra

5 Destinasi Terindah di Yordania, Ada Tempat Syuting 'The Martian' Lho!Instagram.com/travacs

Masuk dalam situs warisan dan keajaiban dunia oleh UNESCO, semua setuju bahwa pergi ke Yordania tidak akan terasa lengkap jika tidak berkunjung ke kota tua yang dulu pernah sempat hilang, Petra. Menjadi saksi akan sejarah peradaban yang terjadi di sekitar tahun 312 sebelum masehi, salah satu bangunan termegah yang ada di Petra adalah istana Treasury, yang berdiri kokoh bersandar di tebing. Situs sejarah yang terbangun megah dari pahatan batu ini juga memiliki kaitan erat akan sejarah agama Islam.

2. Wadi rum

5 Destinasi Terindah di Yordania, Ada Tempat Syuting 'The Martian' Lho!Promotravelegypt.net

Berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Petra, Wadi Rum menjadi kejutan memesona tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yordania. Berwarna merah khas, Wadi Rum kerap dijuluki pula sebagai 'Valley Of The Moon' dan banyak juga yang menyebut berjalan di tempat ini bagai berjalan di planet Mars, sehingga tak heran banyak film Hollywood menjadikan lokasi ini sebagai tempat syuting.

Salah satunya adalah film astronot 'The Martian'. Di tempat ini ada banyak gunung batu pasir raksasa dan juga gambar-gambar ukiran di batu yang dibuat oleh penduduk di zaman dahulu kala. Tur di Wadi Rum dapat dilakukan dengan menaiki jeep maupun unta. Beberapa wisatawan juga senang melakukan hiking ke atas puncak bebatuan raksasa yang memberikan pemandangan mengagumkan Wadi Rum dari ketinggian.

3. Dead Sea

5 Destinasi Terindah di Yordania, Ada Tempat Syuting 'The Martian' Lho!Travelhouse.ch

Ingin tahu seperti apa rasanya berenang di titik terendah bumi? Maka kamu perlu berkunjung ke dead sea di Yordania yang berbatasan dengan Palestina. Tidak ada kehidupan lantaran kadar garam yang terlampau tinggi menyebabkan laut mati memiliki daya apung yang besar hingga kamupun bisa bebas berendam di sini tanpa perlu takut akan tenggelam.

Tak heran jika karena alasan inilah tempat satu ini menjadi salah satu destinasi utama jika berkunjung ke Yordania. Terdapat resort dan hotel mewah di sekitar dead sea yang bisa menjadikan liburanmu ke sini semakin nyaman. Eits, perlu kamu ketahui juga, meski dijuluki sebagai dead sea atau laut mati tapi sebenarnya tempat ini merupakan danau lho.

4. Ancient Rome, Jerrash

5 Destinasi Terindah di Yordania, Ada Tempat Syuting 'The Martian' Lho!Instagram.com/visitjordan

Berbicara mengenai sejarah bangsa romawi dan peninggalan sejarahnya, pasti yang terbayang dalam pikiran adalah negara - negara di Eropa. Namun rupanya, di Yordania pun kamu dapat menemukan lho peninggalan sejarah tersebut dengan berkunjung ke beberapa lokasi salah satunya adalah Jerrash. Sempat terkubur ratusan tahun lamanya sebelum akhirnya ditemukan sekitar 1806 oleh pemuda Jerman bernama Ulrich Jasper Seetzen, Jerrash kini menjadi salah satu tujuan di Yordania yang paling banyak dikunjungi setiap tahunnya.

Di lokasi ini, ada banyak bangunan peradaban romawi kuno yang dapat dilihat mulai dari arena pacuan kuda atau hippodrome zaman dahulu kala. Amfiteater khas seperti layaknya yang sering ditemukan dalam kisah bangsa romawi, dan ada pula kuil dewi dalam mitologi yunani yaitu dewi Artemis, dewi tangguh pelindung kaum perempuan.

5. Dana Biosphere Reserve

5 Destinasi Terindah di Yordania, Ada Tempat Syuting 'The Martian' Lho!Instagram.com/visitjordan

Merasakan kehidupan alam indah Yordania yang masih asri dan jauh dari hiruk pikuk kota, dapat dilakukan dengan berkunjung ke cagar alam Dana atau Dana Biosphere Reserve yang adalah ngarai besar. Merupakan tempat yang dihuni oleh berbagai suku selama ribuan tahun, tempat ini juga menciptakan daya tarik yang menawan dengan berada di alam bebas dimana berbagai spesies hewan termasuk yang langka dapat ditemukan disini. 

Serasa terisolasi dari dunia luar, berkunjung ataupun menginap di tempat ini seolah membawa kita ke peradaban Timur Tengah zaman dahulu kala dimana tak ada bangunan tinggi dan tak ada kehidupan gemerlap kota. Tak ada cahaya lampu disini ketika malam sehingga sinar yang dapat ditemukan hanya dari cahaya lilin serta sinar terang alam semesta dari langit, saat bintang-bintang berkelap-kelip di angkasa.

 

Itu tadi 5 tempat yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Yordania dan ingin merasakan kehidupan indah di Timur Tengah. Dijamin setelahnya, kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik dalam berliburmu!

Calledasia Photo Verified Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya