Comscore Tracker

Tur 5 Bangunan Sejarah Kota Dublin di Irlandia, Ada Bekas Penjara

Semuanya gak boleh dilewatkan!

Menjadi ibu kota negara Irlandia, tak pelak membuat Dublin menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu ramai dan padat akan para wisatawan. Dilansir oleh berbagai sumber, kota satu ini bahkan kerap kali masuk dalam daftar kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa. 

Sebagai salah satu kota favorit untuk berwisata, tentu ada begitu banyak tempat di Dublin yang dapat menjadi rekomendasi perjalanan liburanmu. Lima di antaranya bahkan merupakan landmark paling sering dikunjungi oleh para turis tidak hanya karena bangunannya, namun juga karena usia dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Apa saja? Simak di bawah ini

1. Dublin castle

Tur 5 Bangunan Sejarah Kota Dublin di Irlandia, Ada Bekas Penjaraviator.com

Berada di jantung ibu kota dan telah ada sejak tahun 1230, kastil Dublin tidak hanya sekedar tempat wisata terkemuka namun juga bangunan penting yang menyimpan sejarah kekuasaan dimana pada masa penjajahan Britania, kastil ini sempat difungsikan sebagai pusat jalannya pemerintahan. 

Bahkan setelah merdeka sejak tahun 1921, kastil Dublin terus menjadi saksi berkembangnya negara Irlandia. Mulai dari pelantikan presiden pertama hingga pertemuan diplomatik semuanya diadakan di dalam kastil megah ini.  

Sebagai tempat wisata, terdapat museum yang dapat diakses serta tur khusus menjelajahi seluk beluk ruangan di dalamnya. Kemegahan kastil yang jadi simbol negara ini jelas tidak boleh dilewatkan siapapun yang berencana untuk berlibur ke Irlandia. 

2. Trinity college Dublin

Tur 5 Bangunan Sejarah Kota Dublin di Irlandia, Ada Bekas Penjarahunterandbligh.com.au

Trinity college Dublin sangat masyur dalam ranah pendidikan sebagai universitas tertua yang ada di Irandia. Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai biara katolik yang kemudian dibubarkan dan ditinggalkan. Namun atas usulan uskup agung dan beberapa orang lainnya, Ratu Elizabeth I pun mengubah dan menjadikannya sebagai universitas.

Ada begitu banyak sejarah masa lalu bangsa Irlandia ikut mewarnai kisah berkembangnya Trinity college sehingga menjadikannya tidak hanya sebagai arena belajar, namun juga tempat bersejarah yang penting di negara tersebut.  

Salah satu tempat favorit dalam Trinity college yang kerap dikunjungi wisatawan adalah perpustakaannya. Perpustakaan dengan lorong yang panjang ini dibangun disekitar tahun 1712 dan memiliki lebih dari 200.000 koleksi buku buku tua dan langka. Perpustakaan terbesar di Irlandia ini juga kerap disebut sebagai salah satu perpustakaan terindah yang ada di dunia. 

Baca Juga: Wisata Literasi, 5 Patung Penulis yang Bisa Kamu Kunjungi di Dublin

3. Christ church chatedral

Tur 5 Bangunan Sejarah Kota Dublin di Irlandia, Ada Bekas Penjaratheivydublin.com

Sebagai tempat religius, Christ church chatedral adalah bangunan tertua yang masih berdiri hingga saat ini di ibukota Dublin dan sudah ada sejak awal abad ke 11. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, bangunan yang temboknya terbuat dari batu ini memiliki ruang bawah tanah yang kabarnya dahulu juga kerap digunakan sebagai tempat berbisnis. 

Meski merupakan bangunan keagamaan selama 1000 tahun dan telah direnovasi berulang kali, namun fondasi awal bebatuannya masih dapat dilihat di dalam ruang bawah tanah tersebut. Gereja katedral ini juga merupakan bangunan yang memiliki keterikatan khusus dengan bangsa viking, karena disebutkan bahwa bangsa tersebutlah yang membangun gereja ini .

4. Kilmainham gaol

Tur 5 Bangunan Sejarah Kota Dublin di Irlandia, Ada Bekas Penjarathousandwonders.net

Dari kastil megah hingga perpustakaan, Dublin juga memiliki bangunan bersejarah lainnya yang banyak dikunjungi wisatawan yakni Kilmainham gaol yang dibangun di tahun 1796 sebagai penjara dan tempat eksekusi. 

Penjara Kilmainham gaol dulunya tidak hanya menampung pria sebagai tahanan, namun juga wanita dan anak-anak terutama bagi mereka yang melakukan pemberontakan demi kemerdekaan Irlandia. Tercatat ada sekitar 4000 tahanan dari segala usia pernah ditahan di sana dan para pelaku kejahatan yang berat dieksekusi dengan cara digantung diluar tembok penjara.

Pada tahun 1924 setelah perang berakhir, penjara ini ditutup dan dibiarkan terbengkalai karena dianggap sebagai simbol masa lalu yang menyakitkan. Namun karena kisah sejarahnya dinilai sangat penting untuk terus diingat, sebuah lembaga dengan tim sukarelawan pun berusaha membuka dan memperbaiki kondisi yang ada di dalamnya hingga akhirnya diserahkan pada pemerintah, dan kini menjadi monumen sejarah yang sangat penting sekaligus tempat wisata yang menarik minat pengunjung yang cukup besar. 

5. Malahide castle

Tur 5 Bangunan Sejarah Kota Dublin di Irlandia, Ada Bekas Penjaralocaldublintours.com

Berada di area pedesaan dan dekat dengan pantai, kastil Malahide adalah bangunan bersejarah lainnya yang wajib masuk daftar kunjung bila berlibur ke Dublin.  

Kastil yang dibangun di abad ke 12 ini awalnya dibangun dari struktur kayu, tapi kemudian digantikan oleh batu yang lebih kokoh dan telah mengalami renovasi selama masa ke masa. Ada banyak kisah sejarah mulai intrik keluarga hingga politik menghiasi Malahide. Kastil ini juga sejak dahulu kala telah menjadi tuan rumah bagi banyak tamu kenegaraan dan para pemimpin, serta disebut memiliki peran penting dalam politik dan sosial di negara Irlandia.

Psst.. Malahide juga rupanya cukup populer lho akan kisah horrornya. Kabarnya selama ratusan tahun ada berbagai macam cerita dan pengalaman mistis yang dialami oleh banyak orang yang berkunjung ke kastil tersebut. Hal itupun menjadikan kastil Malahide disebut-sebut sebagai salah satu bangunan tua paling dihantui di Irlandia lho!

Jadi gimana guys, tertarik berkunjung ke kastil Malahide ataupun bangunan bersejarah lainnya yang ada di Dublin gak? 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Calledasia Photo Community Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You