Comscore Tracker

Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosir

Punya banyak unsur budaya dan adat yang unik! #LokalIDN

Terletak di tengah danau Toba, membuat Pulau Samosir memiliki keindahan panorama yang tidak perlu kamu ragukan lagi. Ditambah dengan berbagai adat dan budaya yang masih berkembang dan dipertahankan, pulau Samosir memiliki begitu banyak pelajaran dan hal-hal penting yang dapat kamu pelajari ketika kamu berkunjung ke destinasi wisata ini.

Bila kamu tertarik untuk berkunjung ke Pulau Samosir, maka kamu perlu mengetahui 5 aktivitas menyenangkan yang dapat kamu lakukan selama berada di destinasi wisata ini. Yuk, lihat apa saja!

1. Menonton pertunjukan Sigale-gale 

Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosirmixedupalready.com

Ketika kamu sedang mengunjungi Kampung Tua Huta Bolon, maka kamu wajib menonton pertunjukan tari tradisional Batak yang diiringi dengan alat musik tradisional.

Sigale-gale merupakan boneka yang berbentuk menyerupai manusia dan dapat digerakkan sesuai dengan iringan musik tradisional. Pertunjukkan ini berawal dari sebuah kerinduan seorang raja terhadap anak satu-satunya yang telah meninggal.

Tarian ini seringkali ditampilkan di berbagai acara adat dan budaya, di mana tarian ini sangat menarik perhatian para wisatawan yang sedang berkunjung ke destinasi wisata ini, lho. 

2. Air terjun dengan pemandangan yang menakjubkan

Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosirinstagram.com/deartarigan

Dikenal sebagai salah satu daerah dengan air terjun yang menakjubkan, menjadi salah satu alasan wajib kamu perlu mengunjungi salah satu air terjun yang paling menakjubkan di pulau Samosir yaitu Air Terjun Sipiso-Piso.

Air Terjun dengan ketinggian 120 meter ini berada pada bagian tepi utara danau Toba di mana kamu dapat mendaki air terjun ini untuk melihat dan menikmati pemandangan yang berada di sekitar destinasi wisata ini. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Samosir yang Paling Populer 

3. Mencoba makanan tradisional dan unik 

Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosirprasmanan.com

Salah satu makanan tradisional yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke destinasi wisata ini adalah mi gomak.

Dengan ciri khas bumbu andaliman serta tambahan bumbu jahe dan merica, membuat hidangan ini memiliki rasa penas dan sensasi panas. Maka dari itu, hidangan ini cocok untuk kamu yang hendak menghangatkan badan, lho.

4. Berkunjung ke Pusuk Buhit 

Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosircorrecto.id

Dengan ketinggian 1.972 meter di atas permukaan laut, membuat bukit ini memiliki pemandangan 360 derajat dan pemandangan danau yang berada di sekitar bukit ini.

Kamu juga bisa menemukan beberapa sumber air panas yang terbentuk secara alami pada kaki Pusuk Buhit sehingga kamu bisa berendam dan menikmati waktu bersama keluarga ataupun teman-teman kamu, lho.

Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, bukit ini memiliki arti spesial dan khusus dalam budaya Batak di mana menurut legenda yang berkembang, bukit ini merupakan tempat kelahiran dari Raja Batak yang menjadi asal dari suku Batak.

 5. Mencoba bermain kayak di sekitar Danau Toba 

Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosirhttps://www.wowshack.com/lake-toba-sumatra/

Dengan menaiki kayak, kamu bisa melihat pemandangan pegunungan vulkanik yang menakjubkan dan mampu memanjakan mata. Danau Toba memiliki air yang tenang dan tidak berombak sehingga kamu bisa menikmati pemandangan dan mengunjungi destinasi wisata lain di sekitarnya. 

Selain itu, kamu juga bisa menikmati waktu bersama keluarga ataupun teman-teman kamu dengan berpiknik di sekitar tepi danau ataupun mencoba memancing menggunakan perahu nelayan tradisional, lho.

Dengan luas daerah sebesar 640 kilometer persegi, pulau Samosir memiliki berbagai keindahan alam yang natural dan budaya yang dapat kamu pelajari selama berada di destinasi wisata ini. Tertarik untuk melakukannya?

Baca Juga: Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Danau Toba 

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya