Comscore Tracker

Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau Karampuang

Punya pemandangan bawah laut yang memesona! #LokalIDN

Pulau yang seringkali dikenal dengan nama Pulau Buaya ini memiliki bentuk pulau yang menyerupai hewan buaya ketika dilihat dari atas, di mana Pulau Karampuang memiliki keindahan alam yang mempesona dan potensi wisata yang telah dijaga oleh penduduk setempat. 

Dengan ekosistem dan aktivitas air yang ditawarkan, Pulau Karampuang yang terletak di Sulawesi Barat ini mampu menarik perhatian masyarakat lokal ataupun mancanegara melalui pemandangan bawah laut yang indah dan mempesona. Yuk, lihat apa saja hal menarik yang dimiliki oleh destinasi wisata ini!

1. Potensi wisata 

Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau KarampuangPulau Karampuang (instagram.com/mamujusnorkeling)

Pulau Karampuang dikenal sebagai salah satu pulau dengan pemandangan bawah laut yang mempesona dan keberagaman biota laut yang mampu dipertahankan oleh masyarakat lokal. Kamu juga dapat menemukan keindahan pantai dan hutan mangrove yang terdapat di destinasi wisata ini. 

Nah, kamu bisa melihat dan menemukan berbagai keindahan terumbu karang dan jenis ikan kecil yang dapat terlihat secara jelas dari permukaan air yang jernih. Bahkan, Pulau Karampuang dinilai sebagai pulau yang mampu mengembangkan aspek wisata, penangkapan ikan, dan budidaya perikanannya, lho. 

2. Aktivitas 

Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau KarampuangPulau Karampuang (instagram.com/faridw09)

Dengan kedalaman 2 sampai dengan 4 meter, kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling di sekitar dermaga Ujung Bulo untuk melihat berbagai keindahan terumbu karang dan biota laut yang menarik. Pulau Karampuang juga menawarkan lokasi menyelam dengan pemandangan terumbu karang yang menyatu sehingga mampu membentuk dinding besar. 

Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas air lainnya, seperti banana boat dan jetski yang dapat kamu sewa dengan harga yang terjangkau.

Pada pesisir pulau, kamu dapat menemukan gazebo kecil yang bertujuan sebagai tempat bersantai bagi wisatawan sambil menikmati pemandangan alam Pulau Karampuang yang mempesona. 

Baca Juga: Jadi Pulau Terluar di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik dari Pulau Wetar

3. Fasilitas 

Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau KarampuangPulau Karampuang (instagram.com/melaangkahh_)

Pulau Karampuang mampu menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Dengan sumber listrik yang berasal dari mesin diesel dan panel surya, kamu dapat merasakan suasana yang tenang, sederhana, dan berbeda dari kehidupan perkotaan. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menginap di Pulau Karampuang, maka kamu dapat menyewa penginapan lokal dengan bentuk bangunan yang mampu memberikan suasana alam yang alami dengan mayoritas material kayu dan bambu. 

Alternatif penginapan lain yang dapat kamu temukan adalah dengan membangun perkemahan yang dapat kamu lakukan bersama dengan teman ataupun keluarga kamu, ya!

4. Transportasi dan harga tiket

Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau KarampuangPulau Karampuang (instagram.com/arwinpsp)

Pulau yang dikelilingi oleh Teluk Mamuju dan termasuk dalam Desa Karampuang ini termasuk dalam wilayah open access yang mampu mendukung kegiatan masyarakat dalam menggunakan seluruh wilayah dari Pulau Karampuang. 

Sarana transportasi yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini berupa kendaraan sepeda motor, di mana kendaraan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melintasi jalan dari Pulau Karampuang yang mayoritas hanya memiliki lebar 1 meter dan belum disemen. 

Dalam mengunjungi Pulau Karampuang, kamu hanya perlu membayar biaya transportasi laut sebesar Rp20.000 per orang. Nah, dalam melakukan aktivitas air yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini, maka kamu perlu melihat daftar harga yang ditentukan oleh penduduk setempat, ya!

5. Gua Lidah

Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau KarampuangPulau Karampuang (instagram.com/infomamuju_)

Bila kamu tertarik untuk berkunjung ke Pulau Karampuang, maka kamu dapat memasukkan Gua Lidah dalam list perjalanan kamu. Kamu dapat menaiki anak tangga yang dapat kamu gunakan untuk menyusuri gua secara mendalam dan menyeluruh. 

Walaupun memiliki mulut gua yang kecil, Gua Lidah memiliki luas ruangan yang besar dengan dinding gua yang kokoh. Bahkan, kamu juga dapat menemukan dan melihat banyak kelalawar yang bergelantungan di atas dinding gua.

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Pulau Sulawesi, Pulau Karampuang mampu menawarkan berbagai keindahan alam bawah laut dan aktivitas air yang menarik perhatian masyarakat secara luas, lho!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu Pulau

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya