Comscore Tracker

Dijuluki Spongebob Island, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau Manimbora

Pulau terpencil dengan pemandangan alam yang indah

Pulau yang terletak di kawasan Berau, Kalimantan Timur ini seringkali dikenal sebagai Spongebob island in Indonesia. Hal ini karena pulaunya yang kecil dan tidak berpenghuni.

Selain itu, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan ombak kecil yang berwarna kebiruan. Tak lupa juga pasir putih di pesisir pantai yang menambah keindahan.

Selain dilengkapi dengan pemandangan alam yang alami, pulau Manimbora juga memiliki berbagai aktivitas yang menarik dan mampu menyediakan ketenangan bagi wisatawan.

Pulau Manimbora juga menawarkan berbagai pesona alam dan budaya yang mampu menambah keunikan dari pulau terpencil ini. 

Ingin berkunjung ke sini? Yuk, cari tahu terlebih dahulu tentang 5 fakta pulau Manimbora di bawah ini.

1. Destinasi wisata 

Dijuluki Spongebob Island, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau ManimboraPulau Manimbora (instagram.com/info_kaltim)

Pulau yang berada di Kecamatan Batu Putih ini dipenuhi dengan deretan pohon kelapa . Pohon kelapa tadi mampu menyatu dengan pasir berwarna putih dan air laut berwarna biru kehijauan.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam di sini dengan berjalan kaki sambil mengelilingi pulau selama 15 menit. Selain itu, pulau Manimbora juga menyediakan berbagai aktivitas air, seperti berenang ataupun menyelam.

Kamu juga dapat mengabadikan momen didampingi dengan pemandangan alam yang menarik dan memesona, nih. 

2. Akomodasi dan fasilitas

Dijuluki Spongebob Island, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau ManimboraPulau Manimbora (instagram.com/amos_pls)

Bila kamu memutuskan untuk berkunjung ke pulau terpencil ini, maka kamu hanya diperbolehkan untuk mengelilingi pulau. Kamu juga tidak disarankan untuk menginap ataupun menetap di pulau kecil ini.

Dengan cahaya matahari yang cukup terik, kamu juga disarankan untuk membawa dan memakai sunblock. Kamu dapat menambahkan pulau Manimbora sebagai salah satu alternatif destinasi wisata, ketika mengunjungi pulau Derawan di Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Jadi Pulau Terluar di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik dari Pulau Wetar

3. Misteri di pulau Manimbora

Dijuluki Spongebob Island, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau ManimboraPulau Manimbora (instagram.com/nizarnizar)

Bila kamu merupakan seseorang dengan jiwa petualang yang besar, maka kamu bisa menemukan dan mengunjungi lokasi yang menjadi misteri di pulau ini.

Pulau yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini memiliki tumpukan tulang belulang manusia. Tak hanya itu, terdapat pula sebuah papan yang terbuat dari kayu dan diletakkan di dekat tumpukan tulang belulang tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa menemukan dan mengunjungi sebuah bangunan yang dijadikan sebagai pusara. Tempat tersebut dilengkapi dengan kelambu kuning, serta dikelilingi dengan pagar kayu yang mampu menambah aura mistis.

4. Tradisi masyarakat 

Dijuluki Spongebob Island, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau ManimboraPulau Manimbora (instagram.com/topan_permana)

Masyarakat lokal daerah ini seringkali mengadakan acara ritual yang diadakan setahun sekali. Kamu bisa melihat dan menyaksikan acara ritual ini jika waktunya pas.

Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai tumpukan tulang belulang dan tengkorak asli manusia yang merupakan salah satu bentuk ritual dari suku Bajau. Suku Bajau sendiri berlokasi di pulau Balikukup. 

Nah, masyarakat dari suku Bajau akan menguburkan masyarakatnya di pulau Manimbora yang akan dipagari. Beberapa tulang belulang akan dibiarkan berserakan yang dilengkapi dengan patok di sekitarnya.

5. Akses menuju pulau Manimbora

Dijuluki Spongebob Island, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau ManimboraPulau Manimbora (instagram.com/_petualang1)

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi pulau ini, maka kamu dapat menggunakan transportasi darat maupun udara untuk mencapai Kota Balikpapan.

Lalu, melanjutkan perjalanan menuju bandara Sultan Aji Muhammad. Selanjutnya, kamu dapat menuju kabupaten Berau untuk mencapai pelabuhan Tanjung Batu. 

Dalam menuju pulau Derawan, kamu bisa menggunakan dan menyewa speedboat yang dapat kamu temukan secara mudah. Setelah mencapai pulau Derawan, kamu bisa kembali menyewa kapal untuk mencapai pulau Manimbora. 

Pulau Manimbora menyediakan berbagai pesona alam yang menarik dan aspek budaya yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Spongebob island ini juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas menarik. Tertarik berkunjung?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu Pulau

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya