Comscore Tracker

6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui sebelum Berwisata Ke Pantai Pegadungan

Pantai yang memiliki berbagai keunikan! #LokalIDN

Lampung merupakan salah satu provinsi dengan wisata alam yang menakjubkan dan menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain pantai terkenal lainnya, Pantai Pegadungan atau Pantai Gigi Hiu mempunyai pemandangan batu karang yang menakjubkan, di mana batu karang yang berada di sekitar pantai ini berbentuk seperti deretan gigi hiu. 

Nah, bila kamu berminat untuk berkunjung ke tempat wisata ini, kamu perlu untuk mengetahui informasi wisata seperti lokasi, rute dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Pegadungan. Yuk, lihat apa saja!

1. Keistimewaan yang dimiliki 

Dengan panorama unik yang dimilikinya, Pantai Pegadungan menawarkan gugusan batu karang yang berbentuk lancip di sekitar garis pantai. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi pantai ini, maka kamu perlu datang ketika menjelang sunrise atau sunset, di mana sinar matahari dapat membuat deretan batu karang terlihat lebih indah dan menarik. 

Nah, apabila kamu sedang beruntung saat berada di Pantai Pegadungan, kamu dapat melihat sebuah kesempatan langka yaitu gugusan milky way yang dapat kamu nikmati di langit malam hari, lho. 

2. Asal usul nama, lokasi, dan harga tiket

Pantai Pegadungan atau seringkali dikenal sebagai Pantai Gigi Hiu memiliki batu-batu runcing yang menyerupai gigi hiu, di mana batu-batu karang ini memiliki ketinggian yang bervariasi, mulai dari 1-10 meter. 

Lokasi : Kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Harga Tiket : belum ada retribusi resmi 

3. Rute 

Kamu dapat memulai perjalanan dengan menuju langsung ke arah Teluk Kiluan yang berjarak 80 kilometer dari Bandar Lampung. Setelah keluar dari gerbang utama Kiluan, kamu dapat mengambil jalur menanjak yang berada pada bagian kiri jalan. 

Namun, setelah melewati jalan ini, perjalanan berikutnya akan semakin sulit untuk dilewati sehingga kamu disarankan untuk memesan dan naik ojek, di mana kamu perlu mengeluarkan biaya lebih sekitar Rp200 ribu untuk pulang pergi. Hal ini dikarenakan jalan yang akan dilewati masih berupa tanah yang bercampur dengan batu sehingga jalan akan menjadi bergelombang, dimana hal ini membutuhkan keterampilan khusus. 

Nah, kalau kamu berkendara dari Bandar Lampung, kamu dapat memilih untuk melalui Padang Cermin. Setelah itu, kamu akan melewati daerah Bawang sampai dengan Kampung Kelumbayan.

Namun, apabila kamu melalui rute ini, kamu juga tetap disarankan untuk menggunakan jasa ojek dari Kampung Kelumbayan untuk melanjutkan perjalanan kamu sampai ke pantai Pegadungan. 

Dengan menggunakan ojek, kamu bisa mendapatkan penunjuk jalan. Hal ini dikarenakan letak Pantai Pegadungan cenderung tersembunyi di balik hutan kecil yang berbentuk semak belukar.

Setelah melewati hutan, kamu akan melewati satu titik buntu, di mana kamu perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 250-300 meter. 

Baca Juga: 5 Wisata Bukit Viral Lampung, Bisa Jadi Referensi Foto Instagramable

4. Fasilitas penginapan

Dengan keterbatasan fasilitas penunjang pariwisata, maka Pantai Pegadungan tidak memiliki fasilitas penginapan ataupun restoran. Namun, kamu bisa menemukan alternatif lain yaitu dengan menumpang di rumah penduduk sekitar ataupun mencari penginapan terdekat yang berupa homestay atau guest house di sekitar Teluk Kiluan.

Nah, bila kamu berniat untuk bermalam, kamu dapat menitipkan kendaraan kamu di lokasi tersebut dan mempersiapkan bekal ataupun keperluan lainnya, ya!

5. Tips saat berkunjung ke Pantai Pegudungan

Sebelum kamu berkunjung ke Pantai Gigi Hiu, pastikan kamu sudah menyiapkan bekal dari rumah atau berkunjung ke restoran terdekat. Bila kamu tertarik untuk menikmati pemandangan sunrise ataupun sunset, kamu disarankan untuk menginap di sekitar lokasi pantai. Hal ini dikarenakan kurangnya penerangan jalan di sepanjang jalan. 

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari berkunjung ke tempat wisata ini pada saat musim hujan, di mana jalan yang akan kamu lalui akan berubah menjadi licin dan berlumpur sehingga perjalanan kamu dapat menjadi semakin sulit dan berbahaya. 

6. Aktivitas yang dapat dilakukan 

Dengan panorama indah yang ditawarkan oleh pantai Pegadungan, wisata alam ini seringkali dikunjungi oleh masyarakat yang memiliki hobi fotografi. Namun, pantai Pegadungan memiliki ombak yang cukup besar dan batu karang yang tajam sehingga kurang ideal untuk berenang dan snorkeling. Apabila kamu tetap ingin berenang, pastikan kamu mencari sisi pantai lain dengan ombak yang lebih tenang, yah!

Dengan berbagai aktivitas dan keistimewaan yang dimiliki oleh pantai Pegadungan, maka tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi yang perlu kamu kunjungi ketika memiliki waktu berlebih. Nah, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi?

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Indah dan Menyegarkan

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya