Comscore Tracker

Punya Pesona Alam Menakjubkan, Ini 5 Spot Hidden Gem di Pulau Kei

Surga tersembunyi di Indonesia! #LokalIDN

Kepulauan Kei terletak dalam kawasan tenggara Kepulauan Maluku dan memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menakjubkan. Selain terdiri dari puluhan pulau kecil didalamnya, Kepulauan Kei memiliki berbagai keunikan wisata alam yang tersembunyi dan jarang diketahui oleh masyarakat luas sehingga pulau ini sering disebut sebagai Surga Tersembungi oleh masyarakat Kei. 

Walaupun perjalanan menuju Pulau Kei dinilai cukup sulit dan panjang, lelah kamu akan terbayar setelah melihat dan mengunjungi 5 tempat wisata unggulan yang dimiliki oleh Pulau Kei dibawah ini. Yuk, lihat apa saja! 

1. Gua Hawang 

Gua Hawang terletak di Desa Letvuan yang berjarak 16 kilometer dari Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, Pulau Kei Kecil. Gua Hawang memiliki kedalaman air sebesar 1-3 meter yang bergantung pada kondisi pasang surut.

Kamu bisa menikmati keindahan stalaktit, stalagmit, dan kejernihan air yang dimiliki oleh Gua Hawang dengan menuruni beberapa jumlah anak tangga sehingga Gua Hawang ini bisa dikunjungi oleh berbagai kalangan usia.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, pastikan kamu tidak berbicara kata-kata kasar dan dianjurkan untuk wanita yang sedang datang bulan sebaiknya tidak mendekat ke Gua Hawang ini, yah!

Tiket masuk untuk Gua Howang hanya berkisar Rp20.000,00 per mobil, lho.

2. Pantai Ngurtafur 

Dengan keunikan hamparan pasir putih yang hanya terlihat ketika air laut surut, pantai Ngurtafur menjadi salah satu pantai terindah yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Pulau Kei. Pantai Ngurtafur memiliki panjang 2 kilometer yang berliuk-liuk bila dilihat dari atas ketinggian.

Selain menikmati keindahan yang dimiliki oleh pantai ini, kamu juga bisa melihat ratusan burung bangau yang sedang beristirahat dan bertemu dengan penyu tertua di pantai Ngurtafur.

Nah, dikarenakan pantai ini tidak berpenghuni, maka kamu perlu membawa bekal sendiri dan menyewa sebuah kapal untuk berkunjung ke pantai ini, yah!

Baca Juga: 5 Info Penting Seputar Pantai Ora, Kepingan Surga di Maluku Tengah

3. Pantai Ngurbloat 

Pantai yang terletak di Desa Ngilngof, Tuai ini menawarkan berbagai wisata menarik yang dapat kamu nikmati, mulai dari keindahan alam, kuliner, sampai dengan budaya.

Keunikan yang dimiliki oleh pantai Ngurbloat ini adalah pasir pantai yang diakui oleh National Geographic sebagai pasir terhalus di Asia sehingga kamu tidak akan merasa gatal ataupun sakit saat bermain di pasir pantai ini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pengalaman berenang di tepi pantai, di mana gelombang yang dimiliki oleh pantai ini cenderung tenang sehingga kegiatan berenang kamu bisa dilakukan secara aman, lho.

4. Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lihir 

Dengan didominasi oleh area pesisir, kamu bisa menikmati nuansa alami yang dimiliki oleh pantai ini. Pantai Ngur Sarnadan memiliki air laut yang jernih dan suasana alam yang masih terawat dan alami.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner dari kafe dan restoran yang berada di sekitar pantai. Pantai Ngur Sarnadan juga dilengkapi dengan berbagai olahraga air seperti snorkeling, menyelam, ataupun berenang yang dapat membuat kamu menikmati dan menghabiskan waktu di pantai ini. 

 5. Pulau Bair 

Walaupun tidak memiliki banyak perbukitan, Pulau Bair mempunyai penandangan alam yang menakjubkan dengan bukit karang dan air laut berwarna hijau yang dimilikinya. Pulau Bair menyediakan berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan, mulai dari menyelam sampai dengan mendaki bukit.

Ketika kamu memutuskan untuk mengunjungi Pulau Bair, kamu dianjurkan untuk membawa bekal sendiri dan tidak membungkus makanan dan minuman dengan plastik. Hal ini dikarenakan Maluku Tenggara sedang berupaya untuk mengurangi sampah plastik. 

Dengan berbagai potensi wisata yang menakjubkan dan infrastruktur yang memadai bagi para wisatawan, Kepulauan Kei menjadi salah satu destinasi wisata yang perlu kamu kunjungi. Nah, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi 5 tempat wisata di atas?

 

Baca Juga: 10 Kuliner Lokal Maluku Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Nagih!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya