Comscore Tracker

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung

Di mana letak Kayong Utara?

Kayong Utara merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Kalimantan Barat. Baru berusia 13 Tahun sejak tanggal peresmiannya pada 2 Januari 2007, Kayong Utara merupakan daerah hasil pemekaran dari wilayah utara Kabupaten Ketapang dengan 6 kecamatan dan Sukadana sebagai ibu kotanya.

Akses menuju Kabupaten ini cukup mudah. Kalian bisa menggunakan jalur darat dari Kabupaten Ketapang dengan estimasi waktu 2 jam dan rencananya di Kabupaten Kayong Utara juga akan dibangun bandara jadi lebih mudah untuk mengunjungi daerah ini.

Daerah yang terkenal dengan hasil duriannya ini memiliki beberapa destinasi wisata yang membuat kalian pasti ingin balik lagi. Kira-kira apa saja? Yuk, simak di bawah ini destinasinya!

1. Pantai Pulau Datok

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjunglife.108jakarta.com

Berada di wilayah pesisir Kalimantan Barat membuat daerah Kayong Utara memiliki potensi wisata pantai yang cantik. Pulau Datok merupakan salah satu wisata pantai yang bisa di kunjungi. Di sini kalian bisa menikmati berbagai hal seperti bermain air, sekadar duduk santai, atau menikmati kuliner yang dijual sepanjang pantai.

2. Hutan mangrove Pantai Pulau Datok

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjungpontianak.tribunnews.com

Wisata alam ini tidak jauh dari pantai Pulau Datok. Di sini kalian bisa menikmati berjalan di sekitar pohon mangrove yang tertanam di sekitaran jalan papan.

3. Masjid Oesman Al-Khair

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjungskygrapher.id

Masjid yang berada di pusat kota Kayong Utara ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kayong Utara. Bentuknya yang indah dan berada terapung di atas air membuat masjid ini semakin terlihat indah, terutama ketika malam hari.

Baca Juga: 5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

4. Taman nasional Gunung Palung

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjungblog.gogonesia.com

Taman Nasional yang terletak antara Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang ini merupakan kawasan konservasi. Di kawasan ini pula hidup ribuan orang utan Kalimantan dan bekantan (monyet berhidung besar), juga terdapat kurang lebih 450 jenis flora asli Kalimantan.

5. Kepulauan Karimata

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjungnusakini.com

Merupakan wisata kebanggaan masyarakat Kayong Utara, kepulauan Karimata merupakan wisata yang berdekatan dengan selat Karimata yang merupakan selat penghubung laut Jawa dan laut Natuna. 

6. Bukit Paoh

7 Wisata Kayong Utara yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjungpontianak.tribunnews.com

Bukit Paoh merupakan wisata terbarukan di Kayong Utara berdekatan dengan pemandian Air Paoh. Wisata ini sangat cocok untuk di kunjungi bersama dengan keluarga di kala senggang.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di Kabupaten Kayong Utara. Yuk, datangi dan kenali setiap daerah di Indonesia!

Baca Juga: 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat dan Sejarahnya

Daniel Ariyanto Photo Writer Daniel Ariyanto

Movie Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya