Comscore Tracker

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asri

Ada jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara! #LokalIDN

Indonesia menyimpan berbagai pesona alam yang indah, salah satunya adalah Taman Wisata Alam Situ Gunung di Kabupaten Sukabumi. Di destinasi ini terdapat satu ikon yang sangat elok dan populer yaitu Jembatan Gantung Suspension Bridge yang merupakan jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara!

Selain itu, ternyata masih ada beragam keelokan alam lainnya di dalam Situ Gunung ini, lho. Apa saja ya? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Suspension Bridge

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/cundasatr_

Suspension Bridge adalah ikon destinasi Situ Gunung yang sangat populer. Diresmikan tanggal 9 Maret 2019, jembatan gantung yang terbuat dari bahan kayu ini membentang sepanjang 243 meter dan memiliki lebar 18 meter serta berada di ketinggian 161 meter.

Sepanjang perjalanan melintasi jembatan ini, kamu akan merasakan sensasi berdebar di dada karena lokasinya yang tinggi dan berada di tengah hutan serta adanya tiupan angin disekilingmu. Namun kamu tidak perlu khawatir, pengelola akan memberikan tali pengaman untuk menjaga keselamatan wisatawan. Selain itu diterapkan peraturan dalam melintasi jembatan seperti tidak boleh berlarian, melompat, atau melakukan tindakan gaduh lainnya.

Dengan melintasi jembatan ini, kamu akan menghemat waktu dan tenaga untuk menuju atraksi wisata selanjutnya yaitu Curug Sawer.

2. Curug Sawer

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/cundasatr_

Curug Sawer atau Air Terjun Sawer berada 1,7 km dari pintu masuk destinasi Situ Gunung. Jarak tersebut dapat dipersingkat dengan melintasi Suspension Bridge. Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter dengan pemandangan tebing bebatuan dan tanaman paku di sekelilingnya. Air terjun mengalir menjadi sungai yang jernih. Namun wisatawan tidak bisa sembarangan mandi atau berenang di sini untuk menjaga keselamatan. 

Dari Suspension Bridge, wisatawan harus menempuh akses berupa tangga dan jalan setapak hingga ke Curug Sawer. Di sekitar air terjun ini terdapat pedagang makan minum dan souvenir. Di dekat air terjun juga disediakan jembatan kayu untuk wisatawan menikmati kesejukan percikan air terjun yang segar.

3. Danau Situ Gunung

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/cundasatr_

Danau Situ Gunung adalah atraksi wisata selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Danau ini dapat kamu capai dengan berjalan kaki sekitar 1 km dari pintu masuk. Kondisi jalan menuju danau ini sudah diaspal rapi.

Di danau ini terdapat hamparan padang rumput luas dengan latar danau dan lembah Gunung Gede Pangrango yang sangat elok dipandang.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan yaitu piknik, bermain sepeda air, menaiki perahu rakit, atau pun bersantai nyaman di atas padang rumput.

Baca Juga: 6 Potret Ciletuh Hills, Destinasi Terbaru di Sukabumi buat Staycation

4. Amphitheater

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/cundasatr_

Amphitheater merupakan panggung kayu yang menjadi tempat pertunjukkan seni tradisional dari komunitas lokal. Panggung ini dikelilingi oleh tempat duduk penonton berupa bangku kayu yang memiliki kapasitas hingga 850 orang.

Seni tradisional yang dipertontonkan antara lain Degungan, Karinding, Ngibing, dan Kecapi Suling. Pertunjukan kebudayaan diadakan setiap Sabtu dan Minggu dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Pastikan kamu menyaksikannya, ya!

5. Camping Ground

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/situgunungsuspensionbridge

Untuk kamu yang suka menyatu dengan alam, destinasi Situ Gunung juga menyediakan tempatnya, lho! Terdapat camping ground yang dapat kamu nikmati untuk mendirikan kemah dan membuat api unggun bersama teman-temanmu.

Pihak pengelola juga menyediakan paket wisata berkemah dengan peralatan dan fasilitas yang lengkap. Jadi tidak perlu ribet dan kamu bisa berwisata dengan nyaman, deh.

6. Aksesibilitas yang mudah dicapai

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/cundasatr_

Untuk menuju Taman Wisata Situ Gunung kamu dapat menggunakan kendaran pribadi maupun kendaraan umum seperti angkutan kota. Kondisi aksesnya menuju destinasi ini telah diaspal dan lancar untuk dilalui kendaraan roda 4 hingga bus. Sedangkan kondisi aksesibilitas di dalam destinasi ini pun telah baik dan nyaman untuk ditempuh.

Sebagian jalan sudah diaspal dan memudahkan wisatawan dalam berwisata. Selain itu terdapat banyak papan penunjuk arah sehingga wisatawan tidak bingung dengan rute wisata disini.

7. Fasilitas pariwisata yang lengkap

7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asriinstagram.com/cundasatr_

Fasilitas pariwisata di destinasi ini sudah sangat lengkap. Terdapat lahan parkir yang luas, loket tiket, toilet, tempat makan dan minum, papan penunjuk arah, tempat sampah, bangku hingga peta destinasi dan brosur informasi. Wisatawan juga mendapatkan welcome drink dan snack ringan dari pengelola.

Taman Wisata Alam Situ Gunung buka mulai pukul 05.00 - 17.00 WIB.

Nah itulah 7 keelokan Situ Gunung. Pasti kamu tidak sabar ingin mengunjunginya, kan?

Baca Juga: 7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah Sukabumi

Situmorang Debora F Photo Writer Situmorang Debora F

cerdik seperti ular, tulus seperti merpati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya