Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Spring

Sudah tahu fakta tentang Guatemala ini?

Guatemala adalah negara dengan luas wilayah sebesar 108.889 kilometer persegi dan populasi sebanyak 18.569.848 jiwa per Juni 2022. Negara ini membentang di wilayah Amerika Tengah, bersama dengan Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras, El Savador, dan Belize.

Seperti yang diketahui, Amerika Tengah sangat terkenal akan keindahan alam yang menakjubkan dan Peradaban Suku Maya kuno. Sama seperti negara-negara lain di Amerika Tengah, Guatemala juga menyimpan berbagai fakta menarik yang mungkin beberapa di antaranya hanya dapat kamu temui di negara ini saja.

Penasaran dengan fakta menarik dari Guatemala? Berikut ini ulasannya.

1. Sungai Motagua adalah sungai terpanjang di Guatemala dengan panjang sekitar 486 kilometer

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi Sungai Motagua (instagram.com/oneistheworld)

2. Kota Guatemala adalah kota terluas sekaligus kota dengan populasi terbanyak di Guatemala

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi Kota Guatemala (pixabay.com/Victor_Leal)

3. Sudah tahu belum kalau burung nasional Guatemala adalah Quetzal? Burung ini dikeramatkan oleh Suku Maya dan Suku Aztec kuno

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi Quetzal (unsplash.com/Zdeněk Macháček)

4. Selain burung, negara ini juga punya bunga nasional bernama monja blanca atau anggrek biarawati putih

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi monja blanca (instagram.com/alejandrofernandezfotografia)

Baca Juga: 5 Wisata Pantai Eksotis di Guatemala, Asri dan Menenangkan 

5. Nama mata uang negara ini yakni Quetzal Guatemala, diambil dari nama burung nasionalnya. Tujuannya untuk memperingati penggunaan bulu burung sebagai mata uang oleh Suku Maya kuno

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi uang Guatemala (instagram.com/iamkuzin)

6. Terdapat tiga Situs Warisan Dunia UNESCO di negara ini. Tiga situs ini adalah Antigua Guatemala, Taman Nasional Tikal, Taman Arkeologi, dan Reruntuhan Quirigua

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi Taman Nasional Tikal (unsplash.com/Jimmy Baum)

7. Masyarakat Guatemala menaikkan layang-layang pada saat perayaan “Dia de los Muertos” atau Hari Orang Mati. Konon hal ini dipercaya dapat menghubungkan mereka dengan roh orang tercinta yang telah tiada

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi perayaan Dia de los Muertos (instagram.com/hrmlover)

8. Warna biru pada bagian pinggir bendera Guatemala melambangkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Sedangkan warna putih pada bagian tengahnya menggambarkan kedamaian dan kesucian

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi bendera Guatemala (unsplash.com/Shalom de León)

9. Lagu kebangsaan Guatemala ternyata ditulis oleh seorang penyair berkebangsaan Kuba bernama José Joaquín Palma

9 Fakta Menarik Guatemala, Negara Berjulukan Land of Eternal Springilustrasi José Joaquín Palma (instagram.com/sepiayvioleta)

Dari perayaan Hari Orang Mati hingga bunga monja blanca yang menjadi bunga nasional Guatemala, tak bisa dipungkiri bahwa memang menarik sekali negara satu ini. Menurutmu dari sembilan fakta di atas, mana yang paling unik dan baru kamu ketahui?

 

Baca Juga: Manis Hingga Pedas, Inilah 7 Hidangan Khas Negara Guatemala

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya