Pulau Dodola, Kepingan Surga yang Wajib Dikunjungi Pecinta Diving

Gak kalah eksotis

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia sangat kaya dengan keindahan alamnya yang begitu eksotis. Di balik destinasi keren sepeti Raja Ampat dan Bali, Maluku juga menyimpan keindahan alam yang masih asri dan belum tereksploitasi. Salah satunya Pulau Dodola yanv terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Akses pulau ini cukup mudah. Kamu bisa mencapainya dari Tobelo menuju pelabuhan Daruba, kemudian dilanjutkan dengan speedboat sekitar 20 menit. 

Pulau tak berpenghuni nan indah yang mampu membuat siapapun bertekuk lutut.

Pulau Dodola, Kepingan Surga yang Wajib Dikunjungi Pecinta Divingsportourism.id

Hamparan pasir putih dan air yang sangat jernih menjadikan pulau ini begitu indah. Jauh dari tangan-tangan usil, pulau ini tampak sangat asri dan alami. Pulau Dodola sendiri terdiri dari Pulau Dodola Kecil dan besar. Saat laut sedang surut, kedua pulau ini akan tersambung membentuk jalan pasir yang indah. Selain itu, keindahan bawah lautnya juga sangat indah. Ikan warna-warni termasuk ikan buas hiu Black Tip yang tidak akan menyerang manusia, karang yang masih hidup, dan bangkai kapal karam. 

Baca Juga: Kepulauan Kei, Eksotika ala Maladewa dari Maluku Tenggara

Jadi saksi hidup Perang Dunia Ke II, ada spot bangkai kapal dan pesawat tempur.

Pulau Dodola, Kepingan Surga yang Wajib Dikunjungi Pecinta Divingpengentraveling.com

Saat Perang Dunia II, kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini menjadi wilayah transit merebut kembali Filipina dari tangan Jepang. Meskipun memiliki banyak pulau di sekitar area ini, tetapi Pulau Dodola yang dipilih menjadi pangkalan perang saat itu. Itu sebabnya masih ditemukan bangkai kapal dan pesawat tempur sisa Perang Dunia II di dasar lautnya.

Pesawat ini merupakan jenis Bristol Beuford buatan Australia yang tenggelam di kedalaman 40 meter. Ditambah lagi, Pulau Dodola memiliki lebih dari 13 spot olahraga selam yang eksotik. Tentunya menjadi surga bagi para pecinta Diving dan Snorkling.

Inventaris berharga Indonesia yang gak kalah bagus dengan destinasi internasional lainnya.

Pulau Dodola, Kepingan Surga yang Wajib Dikunjungi Pecinta Divingpegipegi.com

Eksotisnya pulau terpencil ini sudah seharusnya menjadi aset Indonesia yang harus dijaga kealamiannya. Pulau Dodola menjadi salah satu modal utama memperkenalkan pariwisata Indonesia ke kancah internasional. 

Indonesia cantik ya, yuk jelajahi negeri sendiri!

Baca Juga: Gak Cuma Pantainya, 7 Makanan Khas Maluku Ini pun Bikin Ngiler!

Desla Paramitha Tumangger Photo Community Writer Desla Paramitha Tumangger

Lembayung sore. Rinai Hujan. Air mata. Mendekam. Bebas. Find me IG @desla_tumangger fb : Desla Paramitha Tumangger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You