Comscore Tracker

5 Desa Cantik di Prancis Tawarkan Pemandangan Menarik

Harmoni keindahan dan keasliannya amat memikat!

Prancis sudah tersohor sebagai negara destinasi wisata yang memiliki berbagai wilayah indah dan ciamik. Tak hanya kota-kotanya yang menawarkan panorama memesona, desa-desanya pun tak kalah ciamik.

Masih tetap asli selama ratusan tahun, desa-desa ini membuat pengunjung merasa berada di era berbeda. Plesiran ke lima desa cantik di Prancis ini pasti mengesankan.

1. Bonneval-sur-Arc  

5 Desa Cantik di Prancis Tawarkan Pemandangan MenarikBonneval-sur-Arc (instagram.com/_melaniefontaine)

Desa di wilayah Savoyard yang masih autentik ini merupakan area tertinggi di wilayah Maurienne. Rumah-rumahnya sangat khas, dengan batu tua dengan atap batu dan balkon kayu. Bonneval-sur-Arc juga merupakan resor ski.

Bonneval-sur-Arc selalu mengesankan di setiap musim, saat musim panas maupun musim dingin.  Anggota asosiasi "Les Plus Beaux Villages de France" atau “Desa-Desa Tercantik Di Prancis” ini setiap winter pada bulan Desember hingga April membuka area ski Alpine di ketinggian 1800 hingga 3000 meter.

Sedangkan saat summer, desa Bonneval-sur-Arc merupakan tempat ideal saat liburan. Terletak di kaki perbukitan Col de l'Iseran pada ketinggian 2770 meter serta merupakan lintasan jalan tertinggi di Eropa menjadikannya tempat favorit untuk disinggahi.

2. Najac 

5 Desa Cantik di Prancis Tawarkan Pemandangan MenarikNajac (instagram.com/aaronjenkin)

Salah satu desa tercantik di Prancis, Najac yang terletak di provinsi Rouergue merupakan peninggalan abad pertengahan. Desa yang damai dan hijau ini memiliki benteng kerajaan dari abad ke-13. Dipenuhi rumah-rumah elok dengan atap batu, gereja bergaya Gothic dan aneka air mancur indah, desa ini memiliki pemandangan menawan lembah Aveyron yang permai.

Selain menjadi destinasi wisata impian bagi pecinta bangunan kuno dan hal-hal yang otentik, Najac dan Ngarai Aveyron juga tujuan wisata bagi para pencinta alam.

Semua yang ditawarkan di sini sangat menarik. Kamu bisa melakukan berbagai macak aktivitas seperti berenang, trekking, hiking, bersepeda gunung, main kano, naik kuda, naik gunung, bahkan naik pohon.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!

3. Saint-Cirq-Lapopie

5 Desa Cantik di Prancis Tawarkan Pemandangan MenarikSaint-Cirq-Lapopie (instagram.com/markvzquez)

Merupakan desa kecil dengan hanya sekitar 200 orang penduduk di wilayah Lot di Prancis barat daya, Saint-Cirq-Lapopie masuk dalam daftar Desa Tercantik di Prancis. Pemandangan elok lembah Lot yang masih alami menjadi salah satu daya pikatnya.

Desa di tepi tebing ini memang sangat fotogenik, dengan deretan rumah batu dari abad pertengahan yang beratap cokelat serta gereja bergaya gothic. Jalan-jalan kecil di desa ini dipenuhi bunga-bunga indah, toko-toko kerajinan tangan serta galeri seni.

Kebun-kebun anggur di Lot adalah ciri khas Prancis yang tersohor dengan minuman wine nya. Anggur merah Amadour merupakan anggur Lembah Lot dengan aroma buah pear, nanas, cherry, raspberry, bunga akasia, serta rempah-rempah.

4. Rocamadour 

5 Desa Cantik di Prancis Tawarkan Pemandangan MenarikRocamadour (instagram.com/alaingueranger)

Desa Rocamadour yang diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO merupakan tempat suci dan situs ziarah penting di Prancis. Berdiri megah di sisi tebing di atas lembah Alzou, Rocamadour menarik sejumlah besar pengunjung dan peziarah ke situs The Miracles of Our Lady of Rocamadour.

Sejak Abad Pertengahan dihormati dan diagungkan oleh umat Kristiani, tak heran desa Rocamadour merupakan tempat ziarah kedua yang paling sering dikunjungi di Prancis setelah Mont-Saint-Michel.

Selain itu desa cantik ini memiliki kekayaan sumber alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. AOC Rocamadour adalah keju kambing murni yang dibuat secara eksklusif dengan susu murni mentah, diproduksi, diproses, dan disempurnakan sesuai tradisi.

Ada pula sabun dari susu kambing yang dibuat dari molekul lemak susu kambing yang sangat halus sehingga mudah diserap oleh kulit dan sifat antibakterinya membuat kulit terhidrasi dan halus secara alami.

5. Eguisheim 

5 Desa Cantik di Prancis Tawarkan Pemandangan MenarikEguisheim (visit.alsace)

Masuk keanggotaan klub eksekutif "Desa Tercantik di Prancis" sejak tahun 2003, Eguisheim terpilih sebagai "kota kecil Prancis terfavorit” pada 2013. Jalan-jalan kecil di desa nan elok ini dipenuhi rumah-rumah indah dengan jendela kayu dan balkon berhias bunga geranium.

Jalanan di desa yang berada di Wine Trail atau Jalur Anggur ini diatur dalam lingkaran yang terkonsentrasi di sekitar kastilnya. Berada di perbukitan permai di jantung Alsace, desa Eguisheim disesaki tanaman anggur yang membentang hingga 339 hektare.

Eguisheim memang merupakan tempat lahirnya kebun-kebun anggur Alsatian. Pada abad keempat orang-orang Romawi menanam tanaman anggur pertama di Alsace. Sejak itu generasi penanam anggur menggabungkan pengalaman berabad-abad mereka menjadi tradisi dan anggur berkualitas tinggi. 

Setiap bulan Agustus, desa Eguisheim menjelma meriah dengan adanya festival anggur.

Nah, itulah 5 desa Prancis nan cantik. Membuat hati terpikat untuk mengunjungi ya!

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue Sus

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya