Comscore Tracker

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi Italia

Pulau vulkanik berpantai cantik #IDNTimesTravel

Pernah nonton film The Talented Mr. Ripley yang dibintangi Jude Law, Matt Damon dan Gwyneth Paltrow? Sebagian besar film keluaran tahun 1999 tersebut mengambil lokasi di Ischia yang berada di Teluk Napoli, wilayah Campania, Italia Selatan.

Ischia merupakan salah satu surga tersembunyi Italia. Pulau vulkanik seluas 29 kilometer persegi ini memiliki panorama Laut Tyrhennia yang biru memukau, pantai-pantai fantastis, beragam pemandian dari sumber air panas alami, aneka taman dan sejumlah bangunan bersejarah.

Berikut 8 destinasi wisata yang indah dan menarik di Ischia yang wajib kamu jelajahi.

1. Forio d’Ischia  

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaPantai Citara di Forio d'Ischia (www.italia.it)

Kota indah ini memiliki gereja cantik Chiesa del Soccorso dan menara kuno yang kini menjadi Museum Torrione. Di sini juga terdapat Giardini La Mortella yaitu taman Mediterania dengan koleksi ribuan tanaman langka serta aneka vila bercat putih dan pastel yang menawan.

Pantai-pantainya amat memikat. Pantai Citara adalah lokasi Poseidon Thermal Gardens, salah satu taman pemandian air panas alami paling terkenal di Ischia. Kamu dapat bersantai di spa dengan 20 kolam yang memiliki suhu berbeda serta ruang uap yang terletak di dalam gua.

 2. Chiesa del Soccorso   

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaChiesa del Soccorso, Ischia (www.ischia.it)

Chiesa del Soccorso merupakan salah satu landmark Ischia yang paling indah. Menghadap Laut Tyrrhenia, gereja putih ini dibangun pada abad ke-14 dan direstorasi pada abad ke-18.

Pemandangan cantik di sini sayang untuk dilewatkan. Tak heran, spot ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan manca negara.

Baca Juga: 10 Pantai di Lampung, Favorit Turis Lokal dan Mancanegara 

3. Negombo Thermal Gardens 

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaNegombo Thermal Gardens (instagram.com/negomboischia)

Lacco Ameno, kota terkecil dari enam kota utama Ischia, bisa dibilang merupakan yang tercantik. Beberapa pantainya memiliki pemandangan menakjubkan.

Pantai yang paling populer adalah San Montano. Di sisi pantai ini, terdapat salah satu atraksi wisata utama Ischia, yaitu Negombo Thermal Gardens. Spa ini memiliki selusin kolam pemandian air panas alami dengan berbagai suhu berbeda dan pantai yang menghadap laut berwarna biru kehijauan yang memukau.

4. Castello Aragonese  

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaCastello Aragonese, Ischia (www.ischia.it)

Salah satu pemandangan paling ikonik dan dramatis dari lanskap Ischia adalah Castello Aragonese, sebuah kastil yang dibangun pada abad pertengahan. Kastil berbentuk benteng yang berada di Ischia Ponte ini dibangun oleh Hiero I, seorang tiran dari wilayah Sisilia di Syracusa.

Kontrol atas benteng batu tersebut berpindah-pindah antara Neopolitan atau warga Napoli dengan pasukan Romawi selama bertahun-tahun. Nama Aragonese berasal dari keluarga kerajaan Aragon karena mereka berpartisipasi banyak membuat struktur kastil tersebut.

5. Pantai Maronti  

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaPantai Maronti, Ischia (unsplash.com/Giovanni Di Meglio)

Pantai Maronti adalah pantai terbesar di Ischia. Pemandangannya yang indah, airnya yang sejernih kristal serta suasananya yang menyenangkan membuat pantai ini menarik banyak wisatawan.

Maronti terletak di Barano, kota di Ischia yang mewujudkan semua karakteristik pulau, mulai dari pemandian air panas hingga jalan-jalan di pegunungan, dari nuansa laut hingga festival pertanian.

Baca Juga: 7 Destinasi Pasar Malam Terunik di Dunia, Bikin Kamu Gak Mau Pulang!

6. Sant'Angelo  

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaSant’Angelo, Ischia (instagram.com/gabriy62)

Desa nelayan cantik ini terletak di Serrara Fontana, sebuah kotamadya di Ischia. Rumah-rumah di sini tampak begitu serasi dengan catnya yang berwarna putih dan pastel khas desa-desa Mediterania. Jalan-jalan sempit yang berkelok-kelok juga merupakan keindahan tersendiri.

Terletak di antara dua teluk, pemandangan dari Sant’Angelo ke arah Pulau Capri dan Laut Mediterania sungguh menakjubkan. Di sini terdapat aneka toko, restoran dan kafe. Kamu bisa duduk-duduk santai di kafe memandangi perahu hilir mudik di marina serta panorama indah laut Tyrhennia.

7. Baia di Sorgeto 

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaTeluk Sorgeto, Ischia (www.ischia.it)

Beberapa pemandangan paling spektakuler di Ischia ada di teluk-teluk kecil yang cantik. Teluk Sorgeto yang terletak di Panza, desa kecil antara Forio dan Sant'Angelo, adalah salah satu permata tersembunyi di Ischia.  

Terjepit di antara dua tanjung, kamu harus menuruni 200 anak tangga untuk mencapai Sorgeto. Bila dirasa sulit, kamu bisa menaiki perahu ke sana. Air teluk yang jernih dan berkilau menarik para wisatawan untuk berenang dan snorkeling. Yang unik dari Sorgeto adalah airnya yang hangat. Bahkan saat musim dingin pun kamu bisa berenang di sini. Semuanya berkat sumber air panas alami yang meluap hingga ke laut.

8. Ischia Porto 

Indahnya 8 Spot Wisata di Ischia, Surga Tersembunyi ItaliaIschia (instagram.com/ischia)

Ischia Porto adalah ibu kota pulau Ischia, tempat sebagian besar kapal feri datang dan pergi. Dengan populasi hanya sekitar 16.000 orang, kota ini memiliki banyak restoran, bar, klub serta butik dan toko.

Butik dan toko buka sebelum dan setelah waktu makan malam. Kamu bisa membeli sandal handmade yang bagus, keramik dan aneka kerajinan tangan yang kaya warna berpola unik. Ada pula ragam produk perawatan kulit alami seperti masker dan sabun berbahan dasar lumpur termal serta wewangian beraroma jeruk lemon yang mencerminkan aroma alami Ischia.

Nah, itulah 8 spot wisata memesona yang bisa kamu kunjungi di Ischia. Sangat menarik kan?

Baca Juga: 10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfie

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya