Comscore Tracker

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!

Apa pun musimnya, Aspen selalu indah dan memesona 

Aspen is a life to live. See how much there is to give...

Demikian potongan lagu Aspenglow yang ditulis musisi terkenal John Denver. Henry John Deutschendorf Jr. adalah nama asli penyanyi folk dan country tersebut. Supaya namanya lebih sesuai dengan lagu-lagu ciptaannya - yang asyik dibawakan saat berkemah - ia menggantinya menjadi John Denver. Denver merupakan ibu kota negara bagian favoritnya, Colorado.

Aspenglow bertutur tentang Aspen, sebuah kota resor di Colorado, Amerika Serikat. Di sini ada perayaan tahunan bernama Winterskol di mana para pemain ski turun gunung memegang obor dan membuat Aspen bersinar.

Terletak di jantung White River National Forest dan dikelilingi oleh Pegunungan Elk, Aspen dikenal sebagai destinasi wisata ski. Namun, Aspen juga memiliki beragam tujuan wisata menarik lainnya serta punya pesona kota kecil yang menyenangkan.

Berikut deretan atraksi wisata keren di Aspen yang bisa kamu coba saat main ke sana.

1. Bermain ski

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Main ski di Aspen (unsplash.com/Joshua Sukoff)

Tentunya atraksi wisata utama di Aspen adalah bermain ski atau snowboarding. Berada di antara Dataran Tinggi Aspen, Gunung Aspen, Snowmass dan Buttermilk, area untuk bermain ski mencapai 5.500 hektar dengan 332 lintasan yang berbeda.

Bukan pemain ski atau snowboarder? Kamu tetap bisa menikmati Aspen dengan keindahan alamnya yang luar biasa di musim dingin kala semua permukaan diselimuti salju.

Aspen juga menyediakan area winter wonderland untuk bermain ice skating atau ski Nordic yang sistem pengikatnya di tumit lebih bebas dengan peralatan lebih ringan sehingga mudah untuk bermanuver.

2. Naik kereta gantung

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Kereta gantung di Aspen (unsplash.com/Chase Baker)

Kamu bisa naik ke ketinggian 3500 meter sambil duduk nyaman di dalam Gondola atau kereta gantung. Nikmati pemandangan Sungai Roaring Fork, kota-kota Aspen serta puncak Pegunungan Elk yang menakjubkan.

Saat tiba di puncak, kamu bisa makan siang di kafe, piknik, jalan-jalan, ikut kelas yoga atau bermain golf di lapangan tertinggi di dunia.

3. Hiking  

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Aspen memiliki ratusan jalur hiking. (unsplash.com/Caleb Kastein)

Pendaki pemula akan merasa nyaman hiking di Rio Grande Trail. Ikuti jalan beraspal di sepanjang Sungai Roaring Fork kemudian lanjutkan perjalanan ke Smuggler Mountain Trail, di mana ada view point atau titik pandang dengan panorama Aspen yang menakjubkan di bawahnya.

Jangan lewatkan pemandangan hamparan bunga liar yang menawan di musim semi dan musim panas. Jalur Cathedral Lake dan American Lake merupakan dua lokasi utama yang memiliki warna warni indah nan memikat. 

Bila berkunjung saat musim gugur, Puncak Maroon Bells yang ikonik selalu menjadi pemandangan yang memukau dengan warna dedaunan yang mengesankan.

4. Bersepeda ke kota hantu

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Independence Pass, jalur menuju kota hantu Independence (unsplash.com/Jamie Fenn)

Rio Grande Trail juga merupakan salah satu jalur populer untuk bersepeda. Bila ingin bersepeda di jalan raya pilihlah jalur Maroon Creek Road. Ingin yang lebih menantang? Susuri Independence Pass untuk bersepeda ke kota hantu Independence yang menampilkan sisa-sisa kota pertambangan akhir abad ke-19.

Beberapa bangunan masih berdiri di sana dan dilindungi demi pelestarian sejarah. Kamu juga bisa bersepeda ke kota hantu Ashcroft. Di sini masih ada sisa bangunan saloon, penjara, dan sekolah.

Aspen merupakan salah satu pusat pertambangan perak pada akhir 1800-an. Setelah devaluasi perak, banyak lokasi industri perak di Aspen menjadi ghost town atau kota hantu karena ditinggalkan para penghuninya.

Baca Juga: 7 Kota di Colorado yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Asyik

5. Water sports di sungai roaring fork

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Arung jeram di Sungai Roaring Fork (aspenwhitewater.com)

Sungai Roaring Fork yang mengalir melalui pusat kota Aspen merupakan tempat ideal bagi aktivitas arung jeram dan kayak. Kamu tinggal pilih jeram yang tersedia dari level 1 hingga level 4.

Di sisi lain sungai yang cukup tenang kamu bisa bermain paddleboard. Kamu juga bisa memancing di area khusus sungai yang menjadi hunian ikan trout.

6. Bermain paralayang

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Paralayang di Aspen (www.aspenparagliding.com)

Aspen sendiri sudah berada di ketinggian sekitar 2500 meter. Namun, bila kamu pecandu adrenalin pasti ingin mencapai spot yang lebih tinggi lalu terbang menikmati panorama di bawah sana.

Para pilot paralayang bersertifikat akan membawa kamu melayang tandem hingga ketinggian 5500 meter. Pemandangannya jelas luar biasa.

7. Wheeler opera house

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!Wheeler Opera House, Aspen (wheeleroperahouse.com)

Merupakan bangunan paling menarik di Aspen, Wheeler Opera House memiliki gaya arsitektur Renaissance Revival. Diresmikan pada tahun 1889, landmark kota Aspen ini adalah salah satu atraksi wisata yang digemari turis.

Berbagai acara seni diselenggarakan di sini seperti opera tradisional, pertunjukan musik klasik, dan tentunya sering menjadi arena konser John Denver.

8. John denver sanctuary

8 Wisata Keren Aspen Colorado, Tak Hanya Main Ski!John Denver Sanctuary di Aspen, Colorado. (www.colorado.com)

Berada di dekat Rio Grande Park, John Denver Sanctuary memiliki Song Garden, yaitu sebuah taman dengan aneka memorial stone yang menampilkan lirik lagu-lagu John Denver terukir di batunya.

Salah satunya adalah lagu kondang Rocky Mountain High yang terinspirasi oleh kepindahannya ke Aspen. Sang penyanyi tinggal di Aspen sejak tahun 1972 hingga meninggal pada 1997.

John Denver Sanctuary yang terletak di sepanjang Sungai Roaring Fork dibuat untuk memberi penghormatan kepada musisi ternama itu atas filosofinya mengenai kehidupan serta cintanya terhadap Aspen.

Keindahan Aspen memang membuat orang jatuh cinta. Bila kamu ke Colorado jangan lupa mampir ya

 

Baca Juga: 6 Wisata Spektakuler Arizona, Amerika Serikat yang Wajib Dikunjungi

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya