Comscore Tracker

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta Fotografi

#IDNTimesTravel Siapkan kamera dan pose terbaikmu

Jika berbicara soal tempat wisata, Bali menjadi salah satu destinasi utama bagi para traveler. Pulau Dewata ini menyimpan banyak keunikan yang memesona.

Mulai dari tempat wisata, tempat ibadah, hingga tempat bersejarah, Bali punya semuanya. Tak hanya itu, Bali juga memiliki sejumlah tempat bersejarah yang Instagenic, lho.

Selain bisa belajar sejarah, kamu akan mendapatkan foto-foto cantik di sini. Berikut beberapa tempat bersejarah yang Instagenic di Bali yang bisa masuk ke dalam daftar liburanmu.

1. Monumen Bajra Sandhi

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiMojumen Bajra Sandhi, Bali (instagram.com/malanita7)

Monumen Bajra Sandhi menjadi simbol rakyat Bali saat melawan penjajah. Ada 17 gerbang pintu masuk dan delapan pilar dengan tinggi 45 meter. Hal itu menjadi pertanda Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Di sini, kamu bisa mengunjungi perpustakaan, museum, hingga membuat kerajinan tangan. Selain itu, bangunan bersejarah ini dikelilingi pemandangan hijau, cocok jadi spot berfoto. 

Lokasi: Jalan Raya Puputan nomor 142, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00 WITA. 

Harga tiket: Rp25 ribu. 

2. Desa Penglipuran

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiDesa Penglipuran, Bali (instagram.com/afikri93)

Selain terkenal sebagai salah satu desa terbersih di Indonesia, Desa Penglipuran identik dengan arsitektur bangunan tradisional.

Atap bangunan-bangunan kuno di sana terbuat dari bambu yang tertata rapi. Hal tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto.

Ditambah dengan udara yang sangat sejuk. Selain itu, ada pura yang besar dan menarik, menambah nilai sejarah dan keindahan desa ini. 

Lokasi: Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Jam operasional: 24 jam. 

Harga tiket: Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak. 

3. Tirta Gangga

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiTirta Gangga, Bali (instagram.com/jeanette.pareira)

Pada zaman dahulu, Tirta Gangga merupakan taman Kerajaan Karangasem. Ada area kolam berair jernih dengan candi yang indah.

Arsitekturnya sangat kental dengan budaya Bali, cocok jadi spot foto Instagramable. Selain berfoto, kamu bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti main air di kolam atau memberi makan ikan. 

Lokasi: Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. 

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00 WITA.

Harga tiket: Rp25 ribu. 

4. Puri Agung Peliatan

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiPuri Agung Peliatan, Bali (instagram.com/elleneater)

Puri Agung Peliatan merupakan istana tertua di Bali yang telah dibangun sejak 1700-an. Memiliki arsitektur khas Bali yang estetik, cocok untuk latar belakang berfoto.

Waktu foto terbaik adalah menjelang senja. Selain itu, kamu bisa menonton pertunjukan tari kecak dan legong di waktu-waktu tertentu. 

Lokasi: Jalan Cok Gede Rai, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. 

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WITA. 

Harga tiket: gratis. 

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Favorit Bule saat Liburan ke Bali, Semuanya Kece!

5. Taman Kertha Gosa

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiTaman Kerta Ghosa (instagram.com/geats_adventure)

Taman Kertha Gosa merupakan salah satu bangunan kuno dengan nilai sejarah tinggi. Bangunan ini telah berdiri sejak abad ke-17. 

Tempat ini menyimpan beberapa lukisan wayang yang ada di langit-langit bangunan. Dilengkapi dengan taman indah yang bisa jadi spot foto cantik. Selain itu, bangunan ini juga sangat artistik. 

Lokasi:  Jalan Kenanga Nomor 11, Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WITA. 

Harga tiket: RpRp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. 

6. Taman Ujung

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiTaman Ujung, Bali (instagram.com/alexdxb)

Taman Ujung terkenal sebagai lokasi pre wedding favorit di Bali. Tempat bersejarah ini dikelilingi pemandangan alam yang indah, gak heran jika sering digunakan untuk berfoto.

Ada bangunan berarsitektur menarik dengan nilai sejarah. Dijamin bikin liburan lebih berkesan jika berkunjung ke Taman Ujung. 

Lokasi: Jalan Taman Ujung, Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-19.00 WITA. 

Harga tiket: Rp10 ribu. 

7. Candi Tebing Tegallingah

Estetik, 7 Tempat Bersejarah di Bali Ini Cocok buat Pencinta FotografiCandi Tebing Tegallingah, Bali (instagram.com/sumakadek_)

Candi Tebing Tegallingah dikelilingi pemandangan indah dan air terjun. Bangunan di tempat ini unik karena mirip dengan struktur zaman batu.

Selain itu, ada pancuran alami atau tempat penyucian diri bagi umat Hindu. Banyak pula spot foto alami yang cantik di sini. Cocok buat kamu yang senang bermain di alam. 

Lokasi: Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-18.00 WITA.

Harga tiket: Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. 

Nah, itulah beberapa tempat bersejarah yang Instagenic di Bali untuk inspirasi liburanmu. Tapi ingat, tetap jaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak apa pun demi sebuah foto, ya!

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Wisata Bali Berdasarkan Member ITZY Idolamu!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya