Comscore Tracker

5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!

#IDNTimesTravel Bakal bikin kamu lupa waktu, deh

Yogyakarta memiliki sejumlah wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya wisata bantaran sungai. Tempat wisata ini cocok untuk keluarga, lho. Terutama bagi kamu yang senang main air, dijamin bisa bikin lupa waktu.

Beberapa wisata kali ini memiliki harga tiket yang sangat murah. Ditambah dengan suasana alam yang masih asri. Yuk, simak dulu lima wisata bantaran sungai di Yogyakarta berikut ini!

1. Batu Kapal

5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!Batu Kapal, Yogyakarta (instagram.com/vv_luv_eatntravel)

Batu Kapal menawarkan pemandangan sungai yang bersih dan jernih. Ciri khasnya dikelilingi bebatuan sedimen yang membuatnya terlihat estetik.

Menariknya, ada batu berbentuk badan kapal. Ditambah pepohonan bambu yang menambah suasana asri dan sejuk. Selain itu, ada beberapa warung makan yang bisa kamu temukan di sana. 

Lokasi: Menguten, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-17.30 WIB.

Harga tiket: sukarela. 

2. Blue Lagoon

5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!Blue Lagoon, Yogyakarta (instagram.com/travelumdiewelt)

Blue Lagoon merupakan pemandian sungai alami yang dilengkapi pemandangan alam. Udaranya sejuk dan airnya sangat segar.

Tempat wisata ini cocok untuk berendam atau berenang. Dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti warung makan, gazebo, toilet umum, hingga ruang ganti. 

Lokasi: Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB. 

Harga tiket: Rp10 ribu. 

3. Grojogan Watu Purbo

5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!Grojogan Watu Purbo, Yogyakarta (instagram.com/djreetz_)

Grojogan Watu Purbo merupakan sungai dan pemandian alami. Airnya berasal dari Sungai Krasak. Daya tarik utama tempat ini adalah air terjun enam tingkat. Air terjun tersebut menjadi spot foto favorit wisatawan. 

Dilengkapi pemandangan Gunung Merapi yang membuat tempat wisata ini sangat menarik. Tempat ini juga kerap menjadi tempat singgah bagi para pesepeda, lho. 

Lokasi: Bangunrejo, Merdikorejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB. 

Harga tiket: sukarela. 

Baca Juga: 5 Pantai dengan Tempat Makan Seafood di Yogyakarta, Bikin Betah!

4. Ledok Sambi

5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!Ledok Sambi, Yogyakarta (instagram.com/bvbfly)

Ledok Sambi disebut salah satu hidden gem di Yogyakarta. Terdapat sungai kecil yang dikelilingi sawah dan pepohonan. Ada warung berkonsep piknik, di mana kamu dilarang membawa makanan dari luar, jadi bisa membeli di warung yang disediakan. 

Selain itu, tempat ini memiliki beberapa wahana menarik. Mulai dari river tubing, paint ball, hingga outbond. Tempat ini juga menyediakan area berkemah. 

Lokasi: Desa Sambi, Jalan Kaliurang KM.19,2, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari 09.00-17.00 WIB. 

Harga tiket: sukarela. 

5. Sungai Oyo

5 Wisata Bantaran Sungai di Yogyakarta Paling Seru, Murah Meriah!Sungai Oyo, Yogyakarta (instagram.com/jackdamars)

Sungai Oyo merupakan salah satu sungai yang masih alami dan bersih. Sungai yang dangkal membuat wisatawan bisa bermain air dengan nyaman.

Ditambah dengan pemandangan bukit-bukit yang indah. Daya tarik lainnya adalah terdapat gardu pandang berbentuk sangkar burung, spot foto favorit wisatawan. 

Lokasi: Jalan Grogol V, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.30 WIB. 

Harga tiket: paket wisata Rp45 ribu per 10 orang. 

Itulah beberapa wisata bantaran sungai di Yogyakarta yang bisa jadi pilihanmu. Bisa jadi alternatif wisata yang aman, menyenangkan, dan hemat, deh!

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 5 Wisata Baru dan Hits di Yogyakarta 2021, Sudah Sempat ke Sini?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya