Comscore Tracker

Informasi Wisata Nuansa Riung Gunung yang Lagi Hits di Bandung

Tempat yang tepat untuk me time dan piknik sebentar

Nuansa Riung Gunung belakangan sedang hits di media sosial. Bukan tanpa alasan, Riung Gunung ini menawarkan pemandangan yang indah dengan udara sejuk. Lokasinya berada di Pangalengan, Bandung.

Banyak yang bilang Nuansa Riung Gunung cocok untuk tempat healing atau me time sejenak. Kalau ke sini, dijamin pikiranmu jadi lebih segar. Yuk, simak dulu info wisata Nuansa Riung Gunung yang bisa jadi panduan berliburmu berikut ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Wisata Nuansa Riung Gunung yang Lagi Hits di BandungDuduk santai di jembatan Nuansa Riung Gunung, Bandung (instagram.com/restyamandaa)

Lokasi: Kampung Riung Gunung, Desa, Pulosari, Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp10 ribu per orang

Harga kemah: Rp25 ribu per orang

2. Rute menuju Nuansa Riung Gunung

Informasi Wisata Nuansa Riung Gunung yang Lagi Hits di BandungSalah satu spot foto di Nuansa Riung Gunung, Bandung (instagram.com/resya_riswanty)

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Bandung, jaraknya sekitar 50 kilometer. Butuh waktu kurang lebih satu jam 51 menit untuk tiba di Nuansa Riung Gunung. 

Arahkan kendaraan menuju Jalan Pasteur, kemudian masuk tol Padalarang-Cileunyi. Setelah itu, keluar gerbang tol Pasir Koja. Ikuti jalan menuju Jalan Tol Soraja.

Kemudian belok kiri ke Jalan Raya Gading Tutuka, lanjutkan ke Jalan Pahlawan hingga bertemu Jalan Raya Pangalengan.

Setelah bertemu bundaran, ambil jalan keluar menuju Jalan Situ Cileunca. Lanjutkan perjalanan sejauh lima kilometer, hingga bertemu Nuansa Riung Gunung. 

3. Daya tarik Nuansa Riung Gunung

Informasi Wisata Nuansa Riung Gunung yang Lagi Hits di BandungJembatan kayu Nuansa Riung Gunung, Bandung (instagram.com/kris.aditya13)

Nuansa Riung Gunung disebut Swiss-nya Bandung. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan kebun teh yang luas, dikelilingi perbukitan yang menakjubkan. 

Pemandangannya seakan menghipnotis, cocok banget kamu kunjungi sebagai pencinta wisata alam. Terdapat pula jembatan kayu panjang yang estetik.

Selain digunakan untuk melintasi kebun teh, jembatan kayu tersebut menjadi spot favorit untuk swafoto dan pembuatan video. Liburan di sini benar-benar akan mendapatkan momen me time yang menyenangkan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Tetap Seru dan Hemat Biaya

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Informasi Wisata Nuansa Riung Gunung yang Lagi Hits di BandungBerkemah di Nuansa Riung Gunung, Bandung (instagram.com/cipoooohhhh)

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di Nuansa Riung Gunung. Mulai dari hunting foto, membuat konten video, bersantai di pinggir sungai, hingga berkemah.

Kamu bisa menyewa peralatan kemah di sana atau membawa sendiri. Selain itu, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan kebun teh dengan hammock yang tersedia. 

Ditambah bisa melihat pemandangan sunrise dan sunset yang keren banget. Fasilitasnya pun cukup lengkap, mulai dari area parkir, protokol kesehatan, spot foto, hammock, area berkemah, hingga toilet umum.

5. Tips berkunjung ke Nuansa Riung Gunung

Informasi Wisata Nuansa Riung Gunung yang Lagi Hits di BandungBerkemah di Nuansa Riung Gunung, Bandung (instagram.com/evawdutari_)

Supaya liburanmu di Nuansa Riung Gunung tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Datanglah saat cuaca sedang cerah.
  • Sebelum pergi, pastikan kondisi kendaraanmu baik, karena ada beberapa jalan yang kurang bagus.
  • Membawa uang tunai secukupnya. 
  • Gunakan pakaian hangat karena udaranya cukup dingin. 
  • Bawa perlengkapan kemah pribadi jika diperlukan.
  • Buang sampah pada tempatnya. 
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan dan taati protokol kesehatan selama liburan di Nuansa Riung Gunung.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Bandung yang Kekinian dan Paling Favorit

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya