Comscore Tracker

5 Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Unik Menikmati Rasa Kafein Terbaik 

Bisa ngopi di tengah kebun kopi langsung

Wisata tematik merupakan salah satu konsep baru mengenalkan produk wisata di suatu daerah. Hal ini menjadi tren baru di Indonesia, khususnya di masa pandemik seperti sekarang.

Wisata tematik menjadi pilihan yang tepat untuk rekreasi di alam terbuka. Nah, salah satunya wisata tematik kopi. Selain bisa menikmati kopi dengan pemandangan alam, kamu bisa menanam kopi, panen kopi, bean roasting, hingga mengenal budaya di daerah.

Mengingat Indonesia memiliki beberapa jenis biji kopi yang nikmat, tentunya bisa menjadi surga bagi pencinta kopi. Berdasarkan keterangan pers dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut beberapa wisata tematik kopi yang bisa kamu kunjungi. 

1. Kebun Kopi Malabar

5 Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Unik Menikmati Rasa Kafein Terbaik Kebun Kopi Malabar, Jawa Barat (instagram.com/susy.suwarna)

Kebun Kopi Malabar berlokasi di wilayah Gunung Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kebun kopi ini berada di ketinggian 1.400-1.800 meter di atas permukaan laut. 

Kamu bisa menikmati kopi arabika malabar java preanger. Karakteristik rasa kopinya didominasi rasa cokelat, berpadu dengan rasa rempah, unik banget. 

Di kebun kopi ini, kamu bisa melihat seluruh proses pembuatan kopi, memetik kopi, hingga berkeliling menikmati suasana alam di sana. 

2. Mesastila Magelang

5 Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Unik Menikmati Rasa Kafein Terbaik Kebun Kopi Mesastila, Magelang (instagram.com/gerdakassing)

Kebun kopi yang berada di Resor Mesastila ini berlokasi di Jalan Mesastila, Losari, Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 687 mdpl, sebagian besar kebun kopi ini adalah jenis kopi robusta.

Selain bisa belajar pengolahan kopi hingga siap disajikan, kamu wajib jalan-jalan berkelilingi menikmati suasana di sana. Kebun kopi ini dikelilingi Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Telomoyo, hingga Andong. 

3. Doesoen Kopi Sirap

5 Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Unik Menikmati Rasa Kafein Terbaik Doeseon Kopi Sirap, Jawa Tengah (instagram.com/doesoen_kopisirap)

Doesoen Kopi Sirap mengusung tema Ngopi di Tengah Kebun Kopi. Tempat ini berlokasi di Dusun Sirap, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ini merupakan kebun kopi jenis robusta dan arabika. Kamu bisa melihat proses pengolahan biji kopi, mulai dari memetik hingga menikmatinya. 

Ditambah pemandangan Gunung Kelir, serta udaranya yang sejuk membuat suasana minum kopi semakin menyenangkan. Kamu juga bisa menikmati makanan khas pedesaan, cocok untuk teman minum kopi. 

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Alam di Denpasar, Gak Kalah Indah dengan Bali Lainnya

4. Desa Wisata Catur

5 Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Unik Menikmati Rasa Kafein Terbaik Desa Wisata Catur, Bali (instagram.com/caturvillagebali)

Desa Wisata Catur berlokasi di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri.

Desa ini menjadi salah satu pusat perkebunan kopi arabika yang menjadi produk unggulan mereka. Bahkan, sudah terkenal sebagai salah satu desa penghasil kopi kintamani terbaik, lho. 

Selain bisa minum kopi di tengah alam, kamu bisa belajar membudidayakan kopi. Selain itu, kamu bisa trekking, sekaligus menikmati suasana alam di sana. 

5. Bali Pulina

5 Wisata Tematik Kopi, Pengalaman Unik Menikmati Rasa Kafein Terbaik Bali Pulina, Bali (instagram.com/nirmamjhaveri)

Bali Pulina berlokasi di Desa Pujung Kelod, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat ini menawarkan wisata kopi luwak. 

Kamu bisa melihat proses mengolah kopi secara tradisional. Jangan lupa untuk mencicipi rasa kopi aromatik yang spesial. Selain itu, kebun kopi yang berada di ketinggian 700 mdpl ini menyuguhkan pemandangan sawah terasering yang memanjakan mata.

Itulah beberapa wisata tematik kopi di Indonesia sebagai inspirasi liburanmu. Cocok buat kamu yang ingin belajar mengolah kopi sekaligus menikmati kopi dengan pengalaman yang berbeda. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 10 Air Terjun Paling Hits di Jepara, Wisata Alam yang Menyenangkan

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya