Comscore Tracker

Wisata Teras Merapi Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

#IDNTimesTravel Bisa berenang atau berkemah di sini

Yogyakarta menjadi destinasi wisata pilihan bagi sebagian orang. Ada berbagai tempat wisata di kota ini. Jika kamu ingin liburan ke tempat yang baru dan berbeda, Teras Merapi bisa menjadi pilihan. 

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Menyuguhkan pemandangan gunung yang luar biasa dan menenangkan hati. Selain bisa memanjakan mata, kamu juga bisa bersantai, berenang, hingga berkemah.

Cocok jadi destinasi wisata keluarga, nih. Sebelum berkunjung ke sana, simak dulu informasi Wisata Teras Merapi di Yogyakarta berikut ini ya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Teras Merapi Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Merapi, Yogyakarta (instagram.com/wisata.terasmerapi)

Lokasi: Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB.

Harga tiket: dewasa Rp10 ribu dan anak-anak RpRp5.000.

2. Rute menuju Wisata Teras Merapi

Wisata Teras Merapi Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Merapi, Yogyakarta (instagram.com/wisata.terasmerapi)

Rute paling mudah adalah dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu akan menempuh jarak sejauh 35,4 kilometer selama kurang lebih satu jam. 

Dari Jalan Malioboro, arahkan kendaraan ke timur di Jalan Perwakilan menuju Jalan Mataram. Setelah itu, arahkan kendaraan ke Jalan Laksda Adisucipto dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta ke Kepatihan. 

Setelah itu, ambil Jalan Pakem-Kalasan ke Jalan Raya Prambanan di Sentono sepanjang 2,8 kilometer. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Raya Prambanan. 

Berikutnya, arahkan kendaraan menuju Jalan Kikis Taskombang, Jalan Joholanang, Jalan Pasar Butuh, Jalan Prambanan-Glagaharjo, dan Jalan Srunen-Glagaharjo.

Kamu akan menempuh perjalanan tersebut sejauh 17,5 kilometer hingga sampai di tujuan kawasan Glagaharjo. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu Teras Merapi. 

3. Daya tarik Teras Merapi

Wisata Teras Merapi Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Merapi, Yogyakarta (instagram.com/wisata.terasmerapi)

Daya tarik utama Teras Merapi adalah pemandangan Gunung Merapi dengan sudut terbaik. Saat malam hari, kamu bisa menikmati pemandangan lampu kota Yogyakarta.

Selain itu, akses jalannya mudah ditempuh dengan area parkir yang luas. Tersedia berbagai spot foto menarik, kolam renang, area berkemah, hiking, hingga tempat nongkrong kekinian.

Teras Merapi juga menjadi salah satu jalur impian bagi para pesepeda. Banyak pula pilihan kuliner lengkap yang bisa dinikmati sambil melihat pemandangan alam yang memesona.

Bahkan, ada koneksi WiFi gratis yang bisa mendukungmu untuk mengunggah konten-konten di media sosial, lho. 

Baca Juga: Info Wisata Lintang Sewu Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Wisata Teras Merapi Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Merapi, Yogyakarta (instagram.com/wisata.terasmerapi)

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru selain menikmati suasana lereng Gunung Merapi. Teras Merapi dilengkapi beberapa spot foto yang Instagramable. Salah satu spot foto favorit wisatawan adalah Van Orange Bridge dengan latar belakang Gunung Merapi yang indah. 

Setelah bersantai dan menikmati pemandangan alam, kamu bisa menjelajah dengan naik ATV. Ada pula kolam renang yang aman dan nyaman digunakan untuk anak-anak.

Teras Merapi juga menyediakan area berkemah yang luas. Kamu bisa menyewa tenda dan campervan. Gak hanya itu, Teras Merapi juga menyediakan saung-saung yang bisa digunakan untuk bersantai atau menikmati makanan. 

Teras Merapi pun memiliki jalur yang memadai dan seru untuk hiking. Cosalah cok buat kamu yang berjiwa petualang, nih. 

Bagi pencinta sunset, gak salah jika kamu memilih Teras Merapi. Gak heran jika banyak pengunjung yang datang saat sore hari. 

5. Tips berkunjung ke Teras Merapi

Wisata Teras Merapi Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsTeras Merapi, Yogyakarta (instagram.com/wisata.terasmerapi)

Supaya liburanmu di Teras Merapi tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Datanglah saat pagi hari jika ingin merasakan udara segar dan pemandangan terbaik. 
  • Datanglah saat sore hari jika ingin menikmati keindahan sunset
  • Hindari datang saat musim hujan. 
  • Jika membawa anak-anak, jangan sampai hilang dari pengawasan. 
  • Bawa pakaian ganti dan peralatan mandi pribadi jika ingin berenang. 
  • Selain tenda, bawa peralatan berkemah pribadi. 
  • Jaga perlengkapan pribadi. 
  • Selalu taati protokol kesehatan selama liburan di Teras Merapi. 

Itulah informasi wisata Teras Merapi di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat kondisi pandemik sudah membaik nanti. Stay safe, peeps!

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Wisata Tumpeng Menoreh Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya