Comscore Tracker

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bandung punya banyak tempat yang bisa bikin kamu jatuh cinta

Bandung adalah kota yang memiliki pesona tersendiri untuk dijadikan destinasi wisata. Udaranya yang sejuk menjadikan Bandung cocok dijadikan pilihan untuk berlibur dan menghilangkan penat.

Berbagai pilihan akomodasi dan transportasi di kota ini juga sangat memadai untuk menunjang aktivitas selama berlibur. Mulai dari berbagai pilihan hotel dan penginapan, serta penyewaan kendaraan. Bandung juga memiliki beragam objek wisata pilihan, seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa destinasi wisata alam terbaru di Bandung yang dapat dijadikan referensi saat mengunjungi kota Bandung.

1. Sunrise Point Cukul, Pangalengan

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib DikunjungiDok. Pribadi

Sesuai namanya, tempat ini adalah spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit. Tempat ini terletak di Bandung Selatan, berada pada ketinggian 1.600 mdpl.

Kamu bisa menikmati indahnya saat-saat munculnya matahari di balik Gunung Wayang yang dihiasi dengan kabut. Selain itu, kamu dapat menyaksikan indahnya kebun teh yang terbentang sebelum menuju sunrise point. 

Udara di tempat ini sangat dingin sehingga pastikan untuk menggunakan pakaian yang dapat menghangatkan apabila kamu berencana mengunjungi tempat ini.

2. Tangkuban Perahu

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib Dikunjungipixabay/hildayanaintan

Siapa yang tidak tahu tempat wisata yang satu ini? Tangkuban Perahu melekat dengan kisah legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Gunung ini terletak pada ketinggian 2.084 meter. Ada 13 kawah yang terbentuk, akan tetapi, kawah terbesar dan yang paling populer adalah Kawah Ratu yang memiliki luas sekitar 8.000 hektare. Bau belerang tercium kuat di tempat ini karena kawah yang masih aktif.

Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki suhu yang dingin dan sering kali berkabut tebal, jadi pastikan siapkan pakaian yang cocok untuk mengunjungi tempat ini. Di tempat ini banyak kuliner yang bisa dinikmati sembari menikmati keindahan alam.

3. Caringin Tilu

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib Dikunjungiwww.wisatamantap.com

Dapur Caringin Tilu adalah sebuah kafe yang terletak di daerah dataran tinggi Desa Cimenyan. Pengunjung akan disuguhi pemandangan kota Bandung yang indah dan udara yang sejuk. Pemandangan kota dari tempat ini di malam ini sangatlah indah. Kamu dapat melihat gemerlapnya kota Bandung dari ketinggian, ditemani dengan berbagai menu makanan yang disajikan. 

Tempat ini cocok untuk melepas penat bagi kaum millenial karena selain pemandangan indah, udara sejuk, dan menu makanannya, tempat ini juga dilengkapi dengan spot foto yang instagramable.

Baca Juga: 6 Masjid yang Kerap Jadi Destinasi Wisata di Bandung, Pernah ke Sini?

4. Kawah Putih 

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib Dikunjungiwia.id

Kawah Putih Bandung adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di selatan Bandung. Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Warna airnya putih tampak agak kehijauan sehingga diberi nama Kawah Putih. Dari gerbang Kawah Putih, kamu dapat menaiki kendaraan umum yang disediakan yaitu ontang-anting untuk menuju ke Kawah Putih. 

Warna putih kehijauan dihiasi kabut tipis dan pepohonan di sekitar kawah menjadi daya tarik yang menjadikan tempat ini terlihat begitu indah. 

5. Situ Patenggang

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib Dikunjungianekatempatwisata.com

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di Bandung Selatan yang daerahnya masih asri. Di tempat wisata ini, kamu dapat menikmati pemandangan kebun teh dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Kamu juga dapat berkeliling danau dengan perahu yang tersedia di sana. Selain itu, Situ Patenggang memiliki spot kapal Phinisi yang menjadi daya tarik tersendiri.

Yang tak kalah menarik, ada mitos 'Batu Cinta' di Situ Patenggang. Konon katanya apabila ada pasangan kekasih yang berkunjung ke batu tersebut, maka cintanya akan langgeng. Tertarik mencobanya?

6. Curug Tilu Leuwi Opat

6 Tempat Wisata Alam Eksotis di Bandung yang Wajib Dikunjungiwww.hargatiket.net

Curug Tilu Leuwi Opat adalah sebuah air terjun yang letaknya tidak jauh dari Lembang. Tempat ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Daerah wisata di curug ini cukup luas. Selain air terjun dan sungai, di lokasi ini juga terdapat area outbond dan camping.

Untuk menuju ke air terjun, kamu harus melewati rute trekking. Selama trekking, kamu akan disuguhi dengan pepohonan yang hijau dan sungai yang memanjakan mata.

Di kawasan ini ada 4 air terjun yang dapat dikunjungi yaitu Curug Aseupan, Curug Tilu, Curug Citulang, dan Curug Cilaki.

Bandung memang menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Simpan list di atas untuk acara liburanmu selanjutnya ya!

Baca Juga: 10 Potret Kocak Ekspektasi Vs Realita Wisata di Bandung, Kamu Pernah?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya