Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Dijon-Perancis, Kota Sejarah yang Bikin Betah!

Wajib masuk dalam wishlist-mu, nih!

Mungkin bagi kebanyakan orang, Paris selalu menjadi kota tujuan dan impian kala berlibur ke Prancis ataupun Eropa. Apalagi kalau bukan karena keindahan kota dan landmark berupa menara Eiffel-nya yang sudah tak asing lagi di telinga semua orang di dunia.

Namun, pernahkah kamu berfikir bahwa Prancis memiliki banyak kota indah selain Paris. Yaps, salah satu kota indah dan bersejarah tersebut adalah Dijon. Kota yang juga terkenal karena arsitektur bangunannya yang menawan ini layak untuk jadi alternatif kamu ketika berlibur ke Prancis.

Apa saja tempat wisata yang bisa kamu temui di Dijon? Berikut informasinya.

1. Palais des Ducs

5 Tempat Wisata di Dijon-Perancis, Kota Sejarah yang Bikin Betah!Palais des Ducs (instagram.com/sam_sajin_photography)

Palais des Ducs merupakan alun-alun dan pusat bersejarah kota Dijon yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Ini adalah tempat tinggal bagi bangsawan Dijon pada abad ke-15 dan ke-16. Renovasi besar-besaran pada abad ke-17 membuat bangunan tersebut menjadi istana neoklasik yang megah.

Setiap harinya, orang-orang selalu memenuhi kawasan ini untuk sekedar berfoto-foto ataupun menikmati keindahannya dengan duduk bersantai di halaman alun-alun yang sangat luas. Palais des Ducs bisa jadi tujuan pertamamu kala menginjakan kaki di kota Dijon.

2. Musée des Beaux-Arts

5 Tempat Wisata di Dijon-Perancis, Kota Sejarah yang Bikin Betah!Musée des Beaux-Arts (instagram.com/ucorsucciu)

Masih terletak di kawasan Palais des Ducs, tepatnya di salah satu bagian ruangannya. Musée des Beaux-Arts menampilkan pameran seni rupa luar biasa yang menjadikannya salah satu museum dengan koleksi seni terbanyak di Prancis.

Kurang lebih ada 13.000 karya yang bisa kamu temui di dalam museum ini. Yang paling menarik di sini adalah lukisan-lukisan dari para seniman terkenal dari berbagai abad yang berbeda. Ada juga barang-barang antik yang berasal dari zaman Mesir kuno.

3. Eglise Notre-Dame

5 Tempat Wisata di Dijon-Perancis, Kota Sejarah yang Bikin Betah!Eglise Notre-Dame (instagram.com/milghauss)

Dibangun pada abad ke-13, Eglise Notre-Dame adalah Gereja bergaya gotik yang memiliki arsitektur menawan. Letaknya masih dekat dengan pusat bersejarah Dijon atau Palais des Ducs. Gereja ini terkenal cantik ketika dilihat dari depan karena memiliki fasad yang mengagumkan.

Selain itu, Eglise Notre-Dame juga memiliki menara jam yang sudah dibangun sejak tahun 1382. Beberapa patung juga menjadi daya tarik utama Gereja, salah satunya adalah patung burung hantu yang dianggap sebagai jimat keberuntungan bagi masyarakat Dijon.

4. Cathédrale Saint-Bénigne

5 Tempat Wisata di Dijon-Perancis, Kota Sejarah yang Bikin Betah!Cathédrale Saint-Bénigne (instagram.com/sekulada)

Cathédrale Saint-Bénigne bisa dikatakan sebagai salah satu contoh bangunan dengan arsitektur Gotik Burgundi terbaik. Dibangun antara tahun 1280 hingga 1314, Katedral ini didedikasikan untuk Saint Bénigne yang merupakan seorang Martir di Dijon pada abad ke-2.

Selain menjadi banget tempat ibadah, kawasan Katedral ini juga menjadi rumah bagi sebuah museum arkeologi. Museum ini menampilkan koleksi artefak peninggalan Romawi yang masih terawat dengan baik, seperti patung hingga barang antik.

5. Musée de la Vie Bourguignonne

5 Tempat Wisata di Dijon-Perancis, Kota Sejarah yang Bikin Betah!Musée de la Vie Bourguignonne (instagram.com/janeannpamela)

Bagi kamu yang ingin belajar tentang budaya Burgundy, Musée de la Vie Bourguignonne adalah tempat paling cocok untuk dikunjungi. Museum yang menempati bekas biara abad ke-17 ini memiliki koleksi yang berfokus pada sejarah, budaya, dan benda-benda tradisional khas Dijon.

Museum ini juga memiliki sebuah toko souvenir yang menjual barang-barang seperti buku, kartu pos, mainan kayu, dan pakain yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika pulang dari kota ini nanti. Sayang bukan jika dilewatkan?

Itulah beberapa wisata yang layak untuk kamu kunjungi ketika berlibur di negara Prancis, khususnya kota Dijon. Bagaiamana? Banyak tempat bersejarah yang cantik, unik, dan menarik kan?

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Warsawa, Kota yang Penuh dengan Sejarah

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya